Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KARYA INOVATIF Karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KARYA INOVATIF Karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat."— Transcript presentasi:

1 KARYA INOVATIF Karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat

2 3.3 Pembuat/me- modifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum 3. Melaksanakan KARYA INOVATIF KARYA INOVATIF KARYA INOVATIF Lampiran Permenpan No: PER/16/M.PAN-RB/11/2009, 10 November Menemukan/ menciptakan karya seni 3.1 Menemukan teknologi tepat guna 3.4 Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnaya pada tingkat nasional

3 PENILAIAN LAPORAN PEMBUATAN 1. KARYA SAINS/TEKNOLOGI TEPAT GUNA 2. KARYA SENI 3. ALAT PELAJARAN/ALAT PERAGA/ALAT PRAKTIKUM 4. PENGEMBANGAN STANDAR

4 Definisi Teknologi tepat guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percoba- an sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem atau metodologi tertentu yang manfaatnya cukup mendukung praktik kehidupan masyarakat dan/atau dunia pendidikan sehari-hari.

5 Kriteria Berupa karya sains/teknologi yang digunakan di sekolah atau di masyarakat. Dengan karya sains/teknologi tersebut pelaksanaan pendidikan di sekolah tersebut menjadi lebih mudah atau dengan karya sains/ teknologi tersebut masyarakat terbantu kehidupannya.

6 Jenis karya sains/teknologi (lanjutan) Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen Hasil pengembangan metodologi pembelajaran/penilaian

7 Kategori Karya Sains/Teknologi Dilihat dari jumlah dan durasi waktu JENISKOMPLEKSSEDERHANA Media/Bahan Ajar Interaktif Minimal 60 mnt Minimal 30 mnt Aplikasi Komputer2 set1 set Alat/Mesin2 unit1 unit Hasil Eksperimen2 produk1 produk Hasil Pengembangan Metodologi/Evaluasi 2 produk1 produk

8 Pemberian Angka Kredit KATEGORI KOMPLEKS = 4 KATEGORI SEDERHANA = 2 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

9 LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN KARYA SAINS/TEKNOLOGI (TEKNOLOGI TEPAT GUNA)

10 Bukti fisik Laporan cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin, dilengkapi dengan gambar/foto karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.

11 Bukti fisik (lanjutan) Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/teknologi, dilengkapi dengan uraian persiapan, pelaksanaan dan hasil eksperimen/ percobaan, dan foto saat melakukan eksperimen. Laporan Hasil Pengembangan Metodologi Pembelajaran/Penilaian, Berupa Makalah/ Buku Uraian Metodologi Pembelajaran/ Penilaian, metodologi yang dikembangkan bersifat inovasi, sudah diujicobakan/digunakan di sekolah, ada bukti uji coba/penggunaan berupa foto

12 Format Laporan Karya sains/Teknologi Halaman judul Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung Prakata pembuat Daftar isi laporan Daftar gambar Pendahuluan ( latar belakang, tujuan, dan manfaat)

13 Format Laporan Karya Sains/Teknolog i (LANJUTAN) Rancangan/desain karya dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan). Prosedur pembuatan karya (dilengkapi dengan foto pembuatan Penggunaan karya (dilengkapi dengan foto penggunaan).

14 Format Laporan Karya sains/Teknologi berupa Hasil Pengembangan Metodologi Halaman judul Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung Prakata pembuat Daftar isi laporan Daftar gambar BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Tujuan C. Manfaat BAB II : KONSEP PENGEMBANGAN BAB III : HASIL PENGEMBANGAN DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

15 LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELAJARAN/PERAGA (media pembelajaran)

16 Definisi Alat pelajaran/peraga adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah pada umumnya. Alat pelajaran/peraga = media pelajaran

17 Jenis Alat Pelajaran Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif, proyektor sederhana dan sejenisnya) Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam dan sejenisnya) Alat bantu praktik (contoh: alat penepat pengeboran (jig), alat penjepit (fixtures), panel listrik, adjustable power suply dan sejenisnya) Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah.

18 Ciri-ciri Alat Pelajaran yang sesuai bermanfaat untuk pelajaran/ bimbingan di sekolah (di dalam maupun di luar ruang kelas) ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

19 Kategori Alat Pelajaran/Peraga Dilihat dari jumlah dan durasi waktu JENISKOMPLEKSSEDERHANA Poster/Gambar4 buah 2 buah Alat Permainan Pendidikan 4 set2 set Model4 set2 set Benda Potongan2 buah1 buah Film Minimal 30 menitMinimal 15 menit AnimasiMinimal 30 menitMinimal 15 menit

20 Pemberian Angka Kredit KATEGORI KOMPLEKS = 2 KATEGORI SEDERHANA = 1 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

21 Bukti fisik Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran yang dilengkapi dengan gambar/foto alat pelajaran tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah/atasan langsung bahwa alat pelajaran tersebut dipergunakan di sekolah.

22 LAPORAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM

23 Definisi Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, teknik, humaniora dan keilmuan lainnya

24 Jenis alat praktikum Alat praktikum sains (fisika, kimia, biologi, dll) Alat praktikum teknik (mesin, listrik, sipil, dll) Alat praktikum Humaniora (bahasa, sosial, seni, dll.).

25 Ciri-ciri Alat Praktikum yang sesuai dapat digunakan untuk praktikum di sekolah ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

26 CONTOH ALAT PRAKTIKUM Mikroskop dan teleskop sederhana Alat uji/pelatih kelincahan dalam olah raga Alat pengukur derajat keasaman (pH) Alat pengukur kekuatan magnit

27 Kategori Alat Praktikum Dilihat dari jumlah produk JENISKOMPLEKSSEDERHANA Sain4 set 2set Teknik4 set2 set Humaniora4 set2 set

28 Pemberian Angka Kredit KATEGORI KOMPLEKS = 4 KATEGORI SEDERHANA = 2 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

29 Bukti fisik Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum yang dilengkapi dengan gambar/foto alat praktikum tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah/atasan langsung bahwa alat praktikum tersebut dipergunakan di sekolah

30 Format Laporan Pembuatan Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum Halaman judul Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung. Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-benar asli hasil karyanya. Prakata pembuat. Daftar isi laporan Daftar gambar Nama Alat Tujuan Manfaat Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan). Prosedur pembuatan alat (dilengkapi dengan foto pembuatan Penggunaan alat di sekolah (dilengkapi dengan foto penggunaan).

31


Download ppt "KARYA INOVATIF Karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google