Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN UMUM SISTEM OPERASI DAN STRUKTUR SISTEM KOMPUTER BAB 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN UMUM SISTEM OPERASI DAN STRUKTUR SISTEM KOMPUTER BAB 2."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN UMUM SISTEM OPERASI DAN STRUKTUR SISTEM KOMPUTER BAB 2

2 DEFENISI SISTEM OPERASI Sistem operasi merupakan salah satu komponen utama dari sebuah "sistem komputer". Komponen komputer lainnya ialah "perangkat keras", "perangkat lunak aplikasi", dan "para pengguna" Perangkat keras merupakan penyedia sumber daya untuk komputasi. Perangkat keras merupakan benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. Perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan perangkat keras apa yang harus dikerjakannya, yang merupakan benda abstrak yang hanya dapat dilihat dari sudut apa yang dilakukannya terhadap perangkat keras. Pengguna komputer yang dimaksud di sini dapat berupa manusia, program aplikasi lain, atau pun komputer lain.

3 Peran sistem Operasi Fungsi Dasar Fungsi Dasar Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber- daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber- daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

4 Tujuan Mempelajari Sistem Operasi Tujuan mempelajari sistem operasi Tujuan mempelajari sistem operasi 1.Diharapkan dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita. kebutuhan kita. 2.Dapat memilih alternatif sistem operasi. 3.Memaksimalkan penggunaan sistem operasi. 4.konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain. aplikasi-aplikasi lain.

5 Sasaran Sistem Operasi Sasaran utama Sistem operasi yaitu Sasaran utama Sistem operasi yaitu 1. kenyamanan -- membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman. komputer menjadi lebih nyaman. 2. efisien -- penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien. sistem komputer secara efisien. 3. Serta mampu berevolusi -- sistem operasi harus dibangun sehingga operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru. pengajuan sistem-sistem yang baru.


Download ppt "PENGENALAN UMUM SISTEM OPERASI DAN STRUKTUR SISTEM KOMPUTER BAB 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google