Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSPEK HUBUNGAN INDONESIA –ALJAZAIR DALAM PERSPEKTIF SEJARAH, POLITIK DAN EKONOMI Dr. Siti Muti’ah Setiawati,MA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSPEK HUBUNGAN INDONESIA –ALJAZAIR DALAM PERSPEKTIF SEJARAH, POLITIK DAN EKONOMI Dr. Siti Muti’ah Setiawati,MA."— Transcript presentasi:

1 PROSPEK HUBUNGAN INDONESIA –ALJAZAIR DALAM PERSPEKTIF SEJARAH, POLITIK DAN EKONOMI Dr. Siti Muti’ah Setiawati,MA

2 ALJAZAIR DENGAN NEGARA TETANGGA

3 PERBANDINGAN DUA NEGARA REPUBLIK DEMOKRATIK RAKYAT ALJAZAIR LUAS WILAYAH : KM2. JUMLAH PENDUDUK : / 98,2 % MUSLIM GDP PERCAPITA $ 7500 US PRESIDEN : ABDULAZIZ BOUTEFLIKA ( TERPILIH UNTUK YANG KETIGA KALI TERAKHIR 18 APRIL 2009 ) REPUBLIK INDONESIA LUAS WILAYAH : km2( darat ), km2 ( Laut ) JUMLAH PENDUDUK ; 242,3 JUTA / 85 % MUSLIM GDP PERCAPITA: $ PRESIDEN : SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (TERPILIH 2 KALI : / )

4 FAKTOR FAKTOR HISTORIS Dalam Pandangan Aljazair Dalam Pandangan Indonesia Aljazair adalah negara Afrika Utara yang harus didorong menuju merdeka dari penjajahan, dan telah berjasa mendukung Indonesia dalam menghadapi Belanda yang akan menjajah Indonesia kembali Psca Perang Dunia II setelah Konferensi Meja Bundar dan penyerahan kedaulatan pada 27 Desember 1949 setelah tergabung dalam Liga Arab yang berdiri pada tahun INDONESIA DIANGGAP BERJASA DALAM KEMERDEKAAN ALJAZAIR PADA 5 JULI 1962 KARENA DIUNDANG PADA KONFERENSI ASIA – AFRIKA 1955

5 FAKTOR FAKTOR POLITIK MENGEMBANGKAN KERJASAMA REGIONAL ASEAN – LIGA ARAB. MENYELESAIKAN BERSAMA MASALAH DUNIA ISLAM MELALUI OKI ( Kerjasama dalam Bidang Agama ) misalnya Pertemuan Majelis Fiqih Islam Dunia di Aljazair. MENDORONG DEMOKRATISASI MELALUI KERJASAMA ANTAR PARLEMEN : Peningkatan peran penting Parlemen dan memperkuat demokrasi dan mencegah Terorisme. MENUDUKUNG MASALAH POLITIK NASIONAL DAN INTERNASIONAL MASING MASING NEGARA. Indonesia:(DisintegarasI : Aceh, Papua), Aljazair berkembangnya Gerakan Politik Islam FIS ( Front Islamique du Salut).

6 PRESIDEN ALJAZAIR ABDULAZIS BOUTEFLIKA DAN PRESIDEN MEGAWATI SOEKARNO PUTRI : KUNJUNGAN SEPTEMBER 2001

7 FAKTOR FAKTOR EKONOMI PENINGKATAN PERDAGANGAN : Indonesia membuat kontrak untuk pembelian minyak mentah sebanyak 1 Juta barrel /bulan Mengembangkan kerjasama kemitraan di bidang pembangunan fasilitas infrastruktur di Aljazair. Kerjasama Ekonomi dan Teknik : Wacana untuk mendirikan Dewan Bisnis RI - Aljazair. Ide dikemukakan oleh Dubes RI untuk Aljazair Ahmad Na’im Salim ketika menyerahkan surat kepercayaan pada 10/2/12 Penghindaran Pajak Berganda

8 LANJUTAN: EKONOMI Pertukaran Nota mengembangkan Pembentukan Komisi Bersama Kerjasama bidang Penerangan Bidang Kesehatan Peningkatan dan Perluasan Penanaman Modal: ada rencana penandatanganan sejumlah MoU kerjasama antara lain di bidang perbankan antara Bank Indonesia dengan Bank Aljazair, bidang perdagangan antara BPEN dengan Algex; dan bidang penanaman modal antara BKPM dengan badan penanaman modal Aljazair, ANDI," Pertukaran Nota Peningkatan Penyelenggaraan Komisi Bersama Pada Tingkat Mentri

9 Landasan Politik Luar Negeri RI Prinsip Prinsip Politik Luar Negeri RI : a. Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 : mendukung kemerdekaan semua bangsa, anti penjajahan, ikut melaksanakan ketertiban dunia. b.Politik Luar Negeri Bebas Aktif c. Politik Bertetangga Baik : Good Neighbour Policy. d. Ditujukan untuk kepentingan nasional. c. Menghormati Piagam PBB seperti tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain sebagai ekspresi penghormatan terhadap KEDAULATAN.

10 IMPLEMENTASI POLITIK LUAR NEGERI RI Berdasarkan atas Visi dan Misi PLNRI ASEAN sebagai soko guru ( Pilar ) Kerjasama Bilateral Kerjasama Regional Kerjasama Multilateral Organisasi Internasional Isue- Isue Khusus

11 PRIORITAS POLITIK LUAR NEGERI RI TERHADAP TIMUR TENGAH 1.KONFLIK ARAB PALESTINA – ISRAEL 2.TERORISME 3.KELANCARAN IBADAH HAJI DAN UMROH 4.PENGIRIMAN TENAGA KERJA RI 5.EKPOR DAN IMPOR MINYAK 6.SOLIDARITAS ISLAM – OKI ( ORGANISASI KONFERENSI ISLAM ). 7.ISUE NUKLIR IRAN 8.KONFLIK IRAK PASCA DITINGGALKAN AMERIKA 9.THE ARAB SPRING 10.KONFLIK INTERNAL SURIAH 11.PENGIRIMAN PASUKAN PERDAMAIAN

12 TANTANGAN HUBUNGAN INDONESIA - ALJAZAIR 1.JARAK INDONESIA – ALJAZAIR YANG JAUH. 2.PERSOALAN SENSITIF POLITIK DALAM NEGERI MASING MASING NEGARA. Indonesia mempunyai persoalan disintegrasi yang berakibat lepasnya wilayah Timor Timur, dan ancaman Papua akan menyusul, sedangkan Aljazair mempunyai persoalan demokrasi ketika kemenangan Partai FIS dianulir pada tahun 1991.

13 PELUANG HUBUNGAN INDONESIA ALJAZAIR Pihak Aljazair berupaya untuk mendekat dengan Indonesia dengan memuji peranan Indonesia dalam kemerdekaan Alajazair yang disampaikan oleh Presiden Abdelazis Bouteflika pada acara peringatan 55 th Konferensi Asia Afrika di Aljiers 24 – 29 Mei Mantan Dubes Aljazair untuk Indonesia yang sangat berperan dalam kemerdekaan Alajazair dan sangat berpengaruh Aljazair yaitu Damaghlatrous dan AbdelkaderBoukhari masih peduli dengan peningkatan hubungan Indonesia – Aljazair bahkan salah satunya menjadi pengusaha yang berpengaruh di Biro Eksekutif Forum des Chefs Enterprises Kedekatan persamaan agama yaitu Penduduk Indonesia 85 % Islam, dan Aljazair 98,2 % Islam : Akan dibuat masjid persahabatan oleh Indonesia. Hasil kunjungan Komisi I DPR RI ke Aljazair : kerjasama dalam bidang militer dan pertahanan. Kerjasama Indonesia- Aljazair akan diarahkan dxalam kerangka kerjasama NEW ASIAN –AFRICAN STRATEGIC PARTNERSHIP (ditetapkan pada Tahun 2005 )

14 KEUNTUNGAN MENJALIN HUBUNGAN DENGAN ALJAZAIR Kerjasama yang telah ada dapat meningkat ke kerjasama yang lain misalnya Pariwisata dan Pengelolaan Lingkungan. Wisatawan Indonesia banyak yang pergi ke Mesir dan Maroko tetapi tidak singgah di Aljazair, sedangkan wisatawan Aljazair banyak yang hanya singgah di Malaysia dan Singapore tetapi enggan ke Indonesia Dukungan politik di forum internasional seperti PBB, OKI, dan GNB (Gerakan Non Blok ).

15 TERIMAKASIH


Download ppt "PROSPEK HUBUNGAN INDONESIA –ALJAZAIR DALAM PERSPEKTIF SEJARAH, POLITIK DAN EKONOMI Dr. Siti Muti’ah Setiawati,MA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google