Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ECONOMIC EVALUATION AND DEVELOPMENT YENI WIPARTINI, SE, MTI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ECONOMIC EVALUATION AND DEVELOPMENT YENI WIPARTINI, SE, MTI."— Transcript presentasi:

1 ECONOMIC EVALUATION AND DEVELOPMENT YENI WIPARTINI, SE, MTI

2 RUANG LINGKUP EKONOMI MAKRO KEGIATAN PEREKONOMIAN SECARA KESELURUHAN MELIPUTI, RUMAH TANGGA KELUARGA, PRODUSEN, NEGARRA, DAN KEGIATAN PERDAGANGAN LUAR NEGERI; KEGIATAN-KEGIATAN PEMERINTAH: MONETER FISKAL PERDAGANGAN LUAR NEGERI PERTUMBUHAN EKONOMI (ECONOMIC GROWTH): PEMANFAATAN (RECOVERS) UNSUR-UNSUR EKONOMI KESEMPATAN KERJA

3 EKONOMI MAKRO: MEMPELAJARI KEGIATAN EKONOMI SECARA KESELURUHAN BERLAKUNYA KEGIATAN PEREKONOMIAN SECARA KESELURUHAN; THE STUDY OF THE OPERATION OF ECONOMIC AS A WHOLE (MC. DOUGALL)

4 TUJUAN EKONOMI MAKRO UNTUK MENCAPAI ECONOMIK AND SOCIAL WELFARE, YANG SECARA MAKRO BERADA DALAM KEADAAN KESEIMBANGAN DAN DALAM KEADAAN YANG STABIL YANG DITUNJUKKAN OLEH ADANYA: STABILITAS HARGA PADA UMUMNYA KONDISI DIHARAPKAN FULL EMPLOYMENT (FE)

5 TIMBULNYA EKONOMI MAKRO BERKEMBANG SECARA PESAT SETELAH DEPRESI DUNIA (TH ) DENGAN KELUARNYA TEORI DARI KEYNESS, YAITU: KEADAAN DEPRESI BISA DIATASI DARI BUKUNYA “THE GENERAL THEORY OF EMPLOYMENET, INTERST AND MONEY (1930) KEYNESS: BETAPA PENTINGNYA KEBIJAKSANAAN EKONOMI YANG HARUS DILAKUKA, DAN HANYA DAPAT DILAKUKAN OLEH PENGUSAHA/PEMERINTAH.

6 GAMBAR INTI MAKRO EKONOMI

7 PENDAPATAN NASIONAL 1.GROSS DOMESTIC PRODUCT (GDP). PENDAPATAN NASIONAL YANG DIDAPAT DARI PENJUALAN SELURUH HASIL PRODUKSI YANG ADA DALAM 1 TAHUN; 2.NET NATIONAL PRODUCT (NNP). PENDAPATAN NASIONAL YANG DIDAPAT DARI PENJUMLAHAN SELURUH PENDAPATAN YANG DIPEROLEH OLEH WARGA MASYARAKAT YANG MEMILIKI FAKTOR PRODUKSI YANG DAPAT MENGHASILKAN INCOME; 3.GROSS NATIONAL PRODUCT (GNP). PENDAPATAN NASIONAL YANG DIDAPAT DARI PENJUMLAHAN PENGELUARAN-PENGELUARAN YANG DILAKUKAN OLEH WARGA MASYARAKAT.

8 GROSS NATIONAL PRODUCT (GNP)

9 FUNGSI KONSUMSI ADALAH KEGIATAN KONSUMSI YANG DILAKUKAN OLEH RTK (RUMAH TANGGA KONSUMEN). KONSUMSI AKAN SEBANDING DENGAN TINGKAT PENDAPATAN (HUBUNGAN LINIER) FUNGSI KONSUMSI: C = a + b x y

10 FUNGSI SAVING SAVING ADALAH PENDAPATAN YANG TIDAK HABIS DIKONSUMSI S = Y – C, JIKA Y = C, MAKA S = O

11 FUNGSI INVESTASI INVESTASI ADALAH KEGIATAN PENANAMAN MODAL UNTUK MENGHASILKAN PRODUK BARU, ATAU MENGGANTI PRODUK YANG SUDAH RUSAK, USANG (OBSOLENCES)

12 GOVERNMENT SECTOR KEBIJAKAN PEMERINTAH DIPERLUKAN UNTUK KEGIATAN PEREKONOMIAN. ATURAN REGULASI PEMERINTAH DAPAT BERUPA SUBSIDI, PENGURANGAN PAJAK, DEREGULASI DAN REGULASI PERBANKAN DLL.

13 SISTEM EKONOMI INDONESIA 1.RODA KEGIATAN EKONOMI BANGSA DIGERAKAN OLEH RANGSANGAN-RANGSANGAN EKONOMI, SOSIAL DAN MORAL; 2.SELURUH WARGA MASYARAKAT BERTEKAT UNTUK MEWUJUDKAN KEMERATAAN SOSIAL, YAITU TIDAK MEMBIARKAN BERKEMBANGNYA KETIMPANGAN EKONOMI DAN KESENJANGAN SOSIAL 3.SEMUA PELAKU EKONOMI; PRODUSEN, KENSUMEN DAN PEMERINTAH (SEBAGAI PRODUSEN SEKALIGUS KONSUMEN) SELALU BERSEMANGAT NASIONALISSTIK, YANG DALAM SETIAP PUTARAN EKONOMINYA MEMPERSATUKAN TUJUAN TERWUJUDNYA PEREKONOMIAN NASIONAL YANG KUAT DAN TANGGUH.

14 SISTEM EKONOMI INDONESIA 4.KOPERASI DAN ORGANISASI-ORGANISASI EKONOMI YANG SELALU MENGEDEPANKAN KERJASAMA (COOPERATION) DAN TINDAKAN BERSAMA (COLLECTIVE ACTION) MENJADI SOKO GURU KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT) 5.DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA YANG LUAS DAN BERAGAM TERUS MENERUS DIUPAYAKAN KESEIMBANGAN PERENCANAAN EKONOMI NASIONAL DENGAN DESENTRALISASI DAN OTONOMI DAERAH, ATURAN MAIN KEADILAN EKONOMI BERJALAN SEHINGGA MENGHASILKAN KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT.

15 PARADIGMA BARU PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA SUMBANGAN ILMU DAN TEORI EKONOMI DALAM UPAYA MENGATASI MASALAH-MASALAH PEMBANGUNAN INDONESIA DAN MENCERAHKAN PEMIKIRAN KITA TENTANG MASA DEPAN MEMANG ADA DAN MAKIN JELAS. PENGALAMAN PEMBANGUNAN EKONOMI INDONESIA SELAMA INI DENGAN MODEL PEMBANGUNAN, MENGHASILKAN KEMAJUAN MATERI YANG SANGAT MEYAKINKAN, MISALNYA BERUPA KENAIKAN PENDAPATAN RATA-RATA BANGSA INDONESIA DARI DI BAWAH USD 100 MENJADI LEBIH DARI USD SELAMA 30 TAHUN ( ). NAMUN TEORI YANG MENDASARI MODEL PEMBANGUNAN TERSEBUT TERNYATA MENGANDUNG KELEMAHAN SERIUS YAITU TIDAK MAMPU MEMBERIKAN PERINGATAN DINI SEPERTI YANG TERJADI TH. 1997, TERNYATA SAMPAI DETIK-DETIK TERAKHIR MENJELANG KRISMON, PAKAR- PAKAR EKONOMI ANDAL SEKALIPUN YAKIN TIDAK AKAN TERJADI KRISMON

16 PARADIGMA BARU PEMBANGUNAN INDONESIA ILMU EKONOMI SEBAGAI AGAMA PEMBANGUNAN EKONOMI RAKYAT MELALUI PEMBANGUNAN KEUANGAN MIKRO.

17 PEMBANGUNAN PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT SEJAK KRISMON MULAI MENGACAK EKONOMI INDONESIA, PERIKEHIDUPAN BANGSA INDONESIA MENGALAMI PERUBAHAN DARI SUASANA AMAN TENTRAM MENJADI KEGELISAHAN SOSIAL YANG SENANTIASA MELUAS; ILMU EKONOMI YANG DIPELAJARI DAN DIAJARKAN DI INDONESIA BERSUMBER DARI AJARAN EKONOMI NEOKLASIK YANG TIDAK SELALU COCOK BAGI INDONESIA, KARENA LEMBAGA DAN BUDAYA INDONESIA DIABAIKAN.

18 TERIMA KASIH…


Download ppt "ECONOMIC EVALUATION AND DEVELOPMENT YENI WIPARTINI, SE, MTI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google