Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur Organisasi1. 2 2. RENTANG KENDALI : - Jumlah orang yang langsung di bawah pe- ngawasan dan tanggung-jawab seorang pe- jabat/pemimpin. - Jumlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur Organisasi1. 2 2. RENTANG KENDALI : - Jumlah orang yang langsung di bawah pe- ngawasan dan tanggung-jawab seorang pe- jabat/pemimpin. - Jumlah."— Transcript presentasi:

1 Struktur Organisasi1

2 2 2. RENTANG KENDALI : - Jumlah orang yang langsung di bawah pe- ngawasan dan tanggung-jawab seorang pe- jabat/pemimpin. - Jumlah yang optimum adalah antara Kalau terlalu banyak tidak akan bisa dia- wasi dan disupervisi secara optimal. 3. JUMLAH TINGKATAN HIRARKHI : - Kalau terlalu banyak bisa timbul kesulitan komunikasi vertikal. - Sebaiknya tak terlalu banyak. - Perhatikan efektivitas komunikasi. 4. STRUKTUR KEWENANGAN : - Orang-orang yang punya kewenangan mem- buat keputusan bagi organisasi. - Siapa saja yang termasuk dalam struktur ? - Bila hanya satu orang bisa timbil kesulitan. - Pendelegasian wewenang. 5. SRTUKTUR KOMUNIKASI : - Variabel yang terpenting. - Dari puncak hirarkhi sampai ke paling ba- wah. - Juga perlu diperhatikan komunikasi hori- sontal.

3 Struktur Organisasi3 6. STRUKTUR TUGAS : - Sama dengan struktur peranan. - Cara organisasi membagi-bagi tugas/pekerja- an kepada anggota-anggotanya. - Apakah semua pekerjaan terbagi habis ? - Apakah semua anggota mendapat peranan ? - Apakah hanya orang tertentu saja yang ber- peran ? 7. STRUKTUR STATUS DAN PRESTIS : - Apa yang diperoleh dari organisasi dengan pengorbanan yang diberikan ? - Apakah prestis (gengsi) seseorang akan naik dengan menjadi anggota organisasi ? - Apakah prestis terbagi secara merata ? - Apakah organisasi memiliki jenjang status yang terbuka bagi semua anggota ? 8. JARAK PSIKOLOGIS : - Antara orang yang di puncak (pengambil ke- putusan) dan orang-orang di bawah (yang melakukan pekerjaan). - Komunikasi emosi antara orang-orang dalam hirarkhi. - Menunjukkan kemudahan komunikasi ver- tikal effektif/tidak.

4 Struktur Organisasi4 PROSES ORGANISASI  Proses-proses yang ada dalam organisasi menunjuk- kan adanya “kehidupan” dalam organisasi. 1. HUBUNGAN ANTAR PERANAN : - Ada saling pengertian ? - Hubungan timbal balik. - Aktivitas organisasi terjadi atas dasar adanya hubungan antar peranan. 2. KOMUNIKASI : - Bagaimana mereka saling berkomunikasi. - Seberapa akurat dan tepat waktu. - Seharusnya proses ini effektif. - Komunikasi adalah awal interaksi. - Komunikasi yang effektif menghasilkan interaksi yang produktif. 3. PENGENDALIAN (CONTROL) : - Bagaimana perilaku anggota dikendalikan. - Effektivitas hubungan pimpinan -- anggota. - Pengendalian meliputi kegiatan pemantauan dan pengenaan sanksi.

5 Struktur Organisasi5 4. KOORDINASI : - Perhatian yang diberikan pada berbagai ke- giatan diarahkan pada tujuan. - Bertujuan mengurangi salah pengertian dan konflik antara orang-orang yang melakukan berbagai kegiatan. - Pastikan bahwa semua bergerak ke arah tuju- an yang sama. 5. SOSIALISASI : - Bagaimana cara anggota baru diperkenalkan pada sistem ? - Cara-cara yang formal maupun informal. - Apakah proses ini dilakukan dan mencukupi? - Tanpa sosialisasi yang cukup anggota baru akan lama menyesuaikan diri dengan org. 6. SUPERVISI : - Kombinasi pengawasan dan pembinaan. - Orientasinya pada perbaikan, bukan pada pemberian sanksi/penghukuman. - Kepemimpinan seharusnya bersifat membi- na/membimbing/memperbaiki/melatih, tidak memerintah, reaktif, mempermalukan, meng- hukum.

6 Struktur Organisasi6 INDIVIDU DALAM ORGANISASI  Indivdu merupakan variable organisasi yang terpen- ting, sebab merekalah yang menentukan dan melaku- kan segalanya dalam organisasi.  Variable-variable individu yang perlu diperhatikan : 1. MOTIVASI : - intrinsik - ekstrinsik 2. SIKAP MENTAL (Attitute) : - sikap terhadap organisasinya - sikap terhadap anggota lain. - sikap terhadap pekerjaan/tugas yang didapat - sikap terhadap nilai-nilai organisasi. - dll. 3. APTITUTE (Kemampuan, kapasitas) : - Apa yang dapat dilakukan anggota - Kemampuan yang dimiliki anggota yang ber- kaitan dengan tujuan organisasi. 4. TEMPERAMEN : - Stabilitas emosi - Mempengaruhi interaksi dengan orang lain.

7 Struktur Organisasi7 5. PERSEPSI TERHADAP PERANAN (Role perception) - Apakah tahu peranannya dalam organisasi. - Apakah tahu peranan orang lain dalam org. - Apakah tahu peranan organisasi dalam ma- syarakat. JENIS-JENIS INDIVIDU 1.UPWARD MOBILE : - The organization man - Orang yang bekerja keras untuk mencapai tujuan organisasi. - Orang ini cenderung naik dalam jenjang sta- tus organisasi. 2. AMBIVALENT : - Kadang-kadang rajin, kadang-kadang malas. - Tergantung pada situasi menguntung- kan ? 3. INDIFFERENT : - Tidak/kurang peduli pada organisasi. - Hanya sekedar melaksanakan tugas. - Tak ada keterlibatan emosi. Interaksi kelima variabel menghasilkan jenis-jenis individu itu.

8 Struktur Organisasi8 KEPRIBADIAN DAN ORGANISASI  Kualitas individu sangat penting dan berarti bagi organisasi. Struktur organisasi tak banyak artinya bila tak ditunjang oleh kualitas individu anggota- anggotanya. Kualitas proses dalam organisasipun sangat bergantung pada kualitas individu.  Kepribadian adalah keseluruhan sifat-sifat dan ke- mampuan individu.  Ada sedikitnya tiga unsur kepribadian yang sa- ngat penting bagi organisasi : 1. KOGNITIF ( Kemampuan berfikir ) : a) Kemampuan/kapasitas “melihat kedua belah sisi” dari setiap issu. b) Fleksibilitas : kemampuan untuk berubah/ mengubah bila memang perlu kemampuan segala sesuatu se- bagai kontinuum (bukan hitam-putih). c) Kemampuan berfikir abstrak : mis. teori.

9 Struktur Organisasi9 d) Toleran : kemampuan menghargai penda- pat orang lain. e) Kemampuan menerima penundaan peng- hargaan/imbalan ( Kemampuan berkorban dalam jangka pendek untuk mendapatkan hasil/imbalan dalam jangka panjang) 2. STRUKTUR NILAI : a) Optimistik kemampuan melihat sisi yang baik, tidak hanya sisi yang jelek. b) Menghargai pencapaian (achieving) c) Berorientasi ke depan. d) Non-fatalistic, tak menyerah sebelum ha- bis berusaha. e) Berana mengambil risiko. f) Universalistik : berfikiran luas. 3. KEMAMPUAN BERHUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN : a) Kemampuan berinteraksi dengan orang. b) Kapasitas untuk percaya pada orang lain. c) Bersahabat. d) Demokratis, menghargai pendapat orang. e) Modern : terbuka u/ hal-hal baru yg baik. f) Tidak berprasangka. g) Bertoleransi.

10 Struktur Organisasi10 FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN ORGANISASI PERILAKU ANGGOTA Perencanan Pengorganisasian Pemotivasian Komunikasi Pengendalian Berkreasi 1. BERKREASI : melihat apa yang ada dengan pandangan baru (segar), berbeda dengan cara pandang o- rang lain. Jenis-jenis kreatifitas : 1) Inovasi : munculnya sesuatu yang baru. 2) Sintesis : menyerap dan menggunakan berbagai ga- gasan dari macam-macam sumber. 3) Ekstensi : memperluas kegunaan dari suatu inovasi. 4) Duplikasi : meniru apa yang baik di Organisasi lain.


Download ppt "Struktur Organisasi1. 2 2. RENTANG KENDALI : - Jumlah orang yang langsung di bawah pe- ngawasan dan tanggung-jawab seorang pe- jabat/pemimpin. - Jumlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google