Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BARISAN DAN DERET GEOMETRI. DEFINISI: Barisan geometri adalah suatu barisan dengan pembanding (rasio) antara dua suku yang berurutan selalu tetap. Bentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BARISAN DAN DERET GEOMETRI. DEFINISI: Barisan geometri adalah suatu barisan dengan pembanding (rasio) antara dua suku yang berurutan selalu tetap. Bentuk."— Transcript presentasi:

1 BARISAN DAN DERET GEOMETRI

2 DEFINISI: Barisan geometri adalah suatu barisan dengan pembanding (rasio) antara dua suku yang berurutan selalu tetap. Bentuk umum U 1, U 2, U 3, …, U n atau a, ar, ar 2, …, ar n-1

3 Bentuk umum: U 1, U 2, U 3, …, U n atau a, ar, ar 2, …, ar n-1 JJika diketahui suatu barisan geometri U 1, U 2, …, U n dan dimisalkan U 1 = a dengan rasionya r maka dapat ditulis: U 1 = a U 2 = U 1.r = a.r = ar 2-1 U 3 = U 2.r = (ar) r = ar 2 = ar 3-1 : U n = a.r.r…r = ar n-1

4 Rumus suku ke-n barisan geometri  Misalkan terdapat suatu barisan geometri U 1, U 2, …, U n maka rumus umum suku ke-n dengan suku pertamanya a dan rasionya r adalah : U n = ar n-1 pada barisan geometri, berlaku

5 DERET GEOMETRI DDEFINISI: Deret geometri adalah jumlah suku-suku dari barisan geometri. BBentuk umum: U 1 + U 2 + U 3 + … + U n atau a + ar + ar 2 + … + ar n-1

6 Rumus jumlah n suku pertama dari deret geometri  Misalkan U 1 + U 2 + … + U n merupakan deret geometri, dengan suku pertama a dan rasio r, maka jumlah n suku pertama (S n ) ari deret tersebut adalah:

7 DERET GEOMETRI TAK HINGGA DDeret geometri tak hingga merupakan deret geometri yang banyak sukunya tak hingga. TTelah diketahui bahwa untuk menentukan jumlah n suku pertama dari suatu deret geometri digunakan rumus :

8 Oleh karena yang dipelajari adalah deret geometri tak hingga maka akan ditinjau setiap nilai dari r untuk n→∞ sebagai berikut: a. untuk r > 1 atau r 1 dan n→∞ maka r n →∞ untuk r< -1 dan n→∞ maka r n → - ∞ sehingga diperoleh: b. untuk -1 < r < 1 untuk -1 < r < 1 dan n→∞ maka r n →0 sehingga diperoleh:


Download ppt "BARISAN DAN DERET GEOMETRI. DEFINISI: Barisan geometri adalah suatu barisan dengan pembanding (rasio) antara dua suku yang berurutan selalu tetap. Bentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google