Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Beberapa alasan digunakan gambar desain dengan bantuan komputer: 1.Menggambarkan detail projek yang dapat digunakan oleh pengembang dalam menentukan/estimasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Beberapa alasan digunakan gambar desain dengan bantuan komputer: 1.Menggambarkan detail projek yang dapat digunakan oleh pengembang dalam menentukan/estimasi."— Transcript presentasi:

1

2

3 Beberapa alasan digunakan gambar desain dengan bantuan komputer: 1.Menggambarkan detail projek yang dapat digunakan oleh pengembang dalam menentukan/estimasi harga bahan, tenaga kerja, dan pelayanan. 2.Memberikan instruksi dan petunjuk dalam pengembangan dan instalasi projek. 3.Meyediakan arsip/dokumentasi dari projek yang telah dikembangkan sebagai bahan perencanaan perawatan atau pengembangan lebih lanjut.

4 Beberapa manfaat yang peroleh dari pemanfataan bantuan komputer dalam desain (lanjutan) : 7.Menghemat ruang dalam penyimpanan desain projek yang telah dibuat. Desain dapat disimpan pada berbagai media: centralized server, computer disks, or CD-ROMs. 8.Memudahkan distribusi desain pada pihak-pihak terkait. Desain dapat didistribusikan melalui jaringan komputer yang tersedia. 9.Menyediakan Backup untuk semua master desain guna mengantisipasi kerusakan desain karena bencana alam atau kecelakaan.

5 CAD/S (Computer Aided Design/ Simulation) adalah program komputer yang digunakan sebagai alat bantu gambar/desain/simulasi suatu projek. manualcomputerize

6 Fungsi CAD/S –Pengembangan desain –Analisis desain –Simulasi desain –Evaluasi desain –Automatisasi pembuatan konsep –Perbaikan dan modifikasi desain

7 CAM (Computer Aided Manufacturing) adalah teknologi perencanaan, pengaturan dan pengontrolan pembuatan produk dengan bantuan komputer. manualcomputerize Mengurangi interaksi manusia (operator) dengan mesin kerja.

8 Cakupan keahlian dalam CAM : –CAPP (Computer Aided Process Planing = persiapan pekerjaan yang dibantu dengan komputer) –Pemrograman NC (Numerical Control) dan pemrograman robot –Pembuatan instruksi pekerjaan (peraturan kerja) –Perencanaan material dan penyediaan perkakas potong dan alat-alat penjepit –FMS (sistem komputer untuk pengontrolan sistem produksi yang fleksibel)

9 Hasil design CAD/S dapat langsung diinteraksikan dengan CAM untuk membuat sebuah produk. Data CAD Proses CAM

10 CAM (Computer Aided Manufacture), like CAD, is used all over the world by many different types of engineering manufacturers. CAM allows products to be manufactured with very little effort compared to more hands on techniques where humans are controlling the machines. CAM involves using CNC (Computer Numerical Control), whereby a machine’s movement is described in exact detail by the computer program. Some examples of products produced using CAM are: –Mobile phones –Trainers –Mountain bikes –Games consoles –Many, many more

11 CAD/SMechanical CAD/S Electrical CAD/S Software Mechanical CAD/S: a.Autocad b.Autodesk, dll Software Electrical CAD/S: a.Electronic Work Bench b.Multisim c.Proteus d.Eagle e.Protel Electrical PCB circuit design Electrical circuit simulation

12 AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk Web resmi 

13 Sejarah AutoCAD AutoCAD telah mengalami banyak perkembangan. Sejak versi 1.0 nya, tercatat sudah terelease sebanyak 22 versi.

14 “ Rajinlah berlatih ”


Download ppt "Beberapa alasan digunakan gambar desain dengan bantuan komputer: 1.Menggambarkan detail projek yang dapat digunakan oleh pengembang dalam menentukan/estimasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google