Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM INSENTIF 2010 DEWAN RISET NASIONAL KEMENTERIAN NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI Sosialisasi Program Insentif 2010 April 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM INSENTIF 2010 DEWAN RISET NASIONAL KEMENTERIAN NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI Sosialisasi Program Insentif 2010 April 2009."— Transcript presentasi:

1 PROGRAM INSENTIF 2010 DEWAN RISET NASIONAL KEMENTERIAN NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI Sosialisasi Program Insentif 2010 April 2009

2 LATAR BELAKANG  Terbatasnya anggaran riset dan pengembangan di Indonesia (kurang dari 0,1% PDB).  Tingkat pencapaian teknologi Indonesia masih rendah, serta minimnya kandungan teknologi dalam kegiatan ekspor (Bab 22 RPJM).  Dari pemetaan kegiatan riset oleh DRN ( ): Perbandingan riset hilir : riset hulu Keseluruhan 1 : 4 Perguruan Tinggi 1 : 8  Perlu program riset yang lebih terarah.

3 TUJUAN PROGRAM INSENTIF Memperkuat bidang ilmu (terutama yang mendukung enam fokus bidang prioritas), Mempercepat pertumbuhan inovasi teknologi, Menstimulasi riset untuk menghasilkan inovasi yang bernilai komersial tinggi, Mendorong percepatan dan perluasan komersialisasi produk inovatif, dan/ atau Memperkuat daya saing teknologi dan industri dalam negeri.

4 4 ORIENTASI PROGRAM INSENTIF Riset Dasar Riset Terapan Skala Bisnis Pra-Komersia l Pemula Pertumbuhan Mapan Komersial Ketidakpastian & risiko gagal tinggi Persaingan, pasar & inovasi meningkat Persaingan harga & ancaman substitusi Percepatan Difusi dan Pemanfaatan Iptek Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi Tahap Bisnis Pembiayaan oleh Pemerintah Pembiayaan oleh Swasta

5 YANG BARU PADA 2010 DRN (Substansi), dan KNRT (Administrasi)‏ KNRTPengelola Program Insentif s/d 2009 Program Insentif 2010 KebijakanBottom-upSemi Top-down ReferensiARN : Bidang Prioritas Butir-butir Penting ARN , Produk Target & Kegiatan relevan PT

6 SEMI TOP-DOWN  Calon peneliti tidak dapat mengajukan proposal dengan topik yang dipilih bebas 100%, tetapi:  Terlebih dahulu telah disusun sejumlah topik riset, dan calon peneliti memilih salah satu topik untuk dibuatkan proposal risetnya.  Berkaitan dengan topik tersebut terdapat: Produk Target: hasil yang ditargetkan, berupa barang/jasa/ sistem/prosedur Kegiatan: diturunkan dari produk target dan menjadi judul atau topik yang dibuat proposal risetnya.  Untuk tahun 2010 terdapat 50 produk target dan 294 kegiatan.

7 PRODUK TARGET 29450Jumlah 6314Teknologi Pertahanan dan Keamanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi dan Manajemen Transportasi Energi Baru dan Terbarukan Kesehatan dan Obat Ketahanan Pangan1. Kegiatan (jumlah)‏ Produk Target (jumlah)‏ Bidang FokusNo.

8 CONTOH DARI BIDANG ENERGI (1) ‏ Teknologi proses produksi biodiesel kapasitas 40 ribu/tahun dan bioetanol kapasitas 20 ribu ton/tahun, Sistem konversi energi angin (SKEA) skala 100 kW, PLTP skala 1 MW sistem modular dan optimalisasi pemanfaatan panas bumi untuk pertanian dan perkebunan, Produksi sel surya kapasitas 5 MW/tahun dan PV-grid connected skala 1 MWp, Pemanfaatan secara massal konversi energi surya ke termal, Pemanfaatan fuel cell sebagai generator listrik berbasis hidrogen kapasitas 5 kW, Peningkatan partisipasi masyarakat dan industri di bidang nuklir. Daftar Produk Target

9 CONTOH DARI BIDANG ENERGI (2) ‏ Produk Target 3.05 PEMANFAATAN SECARA MASSAL KONVERSI ENERGI SURYA KE TERMAL Rancang Bangun Sistem Aplikasi Surya Termal skala menengah dan besar Rancang Bangun Mesin Adsorption Cooling Skala Komersil Teknologi surya termal diintegrasikan dalam bentuk unit-unit pengolahan skala kecil Penempatan teknologi surya termal di beberapa Desa Mandiri Energi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Produksi massal pengering dengan kapasitas s/d 30 ton Produksi massal sistem pendinginan pasif dan aktif

10 YANG PERLU DIPERHATIKAN  Anggaran setiap proposal maksimum Rp.500 juta, tidak ada batas bawah.  Tahapan pencairan dana: 30% - 50% - 20%.  Yang diprioritaskan ialah riset hilir, yaitu: - Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi (KP) - Percepatan Difusi dan Pemanfaatan Iptek (DF)‏  Pada riset hilir tersebut, mitra merupakan keharusan.

11 JADWAL No.KegiatanRencana Jadwal 1.Pengumuman di dan 10 Maret Pendaftaran Proposal melalui atau 10 Maret s.d. 1 Mei Pengumuman Short-List 12 Juni Penyusunan Dokumen ProposalJuni s.d. Juli Seleksi melalui Presentasi21-23 Juli Pengumuman proposal yang lulus / diusulkan untuk dibiayai APBN 2010 November 2009

12 TAHUN SEBELUMNYA (2009) ‏ , , Jumlah dana (juta rp)‏ Didanai Masuk short list Lulus adminstratif Terdaftar online1. Kapasitas Sistem Produksi Difusi & Pemanfaatan Iptek Riset Terapan Riset Dasar JumlahInsentifJenisKlasifikasiNo.

13 Terima kasih dan Selamat Mengajukan Proposal


Download ppt "PROGRAM INSENTIF 2010 DEWAN RISET NASIONAL KEMENTERIAN NEGARA RISET DAN TEKNOLOGI Sosialisasi Program Insentif 2010 April 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google