Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKARYA SMA K E R A J I N A NK E R A J I N A N BUDIDAYABUDIDAYA REKAYASA TEKNOLOGI √REKAYASA TEKNOLOGI √ PENGOLAHANPENGOLAHAN 4 Stran 4 Stran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKARYA SMA K E R A J I N A NK E R A J I N A N BUDIDAYABUDIDAYA REKAYASA TEKNOLOGI √REKAYASA TEKNOLOGI √ PENGOLAHANPENGOLAHAN 4 Stran 4 Stran."— Transcript presentasi:

1 PRAKARYA SMA K E R A J I N A NK E R A J I N A N BUDIDAYABUDIDAYA REKAYASA TEKNOLOGI √REKAYASA TEKNOLOGI √ PENGOLAHANPENGOLAHAN 4 Stran 4 Stran

2 PRKARYA DI SMA 34 JKT REKAYASA TEKNOLOGI (ELEKTRONIKA) Ibnu A. Makmun, M.Pd.

3  Televisi  Radio  Komputer  Printer  Faximile  Lampu lalu-lintas  Lampu penerangan jalan  dan masih banyak contoh yang lainnya. Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak menemui suatu alat yang mengadopsi listrik & elektronika sebagai basis teknologinya, contoh ; Dari semua uraian diatas kita dapat membuktikan bahwa pada zaman sekarang ini kita tidak akan lepas dari perangkat yang menggunakan listrik & elektronika sebagai dasar teknologinya. PENDAHULUAN

4 Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut: Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. Ada 2 jenis muatan listrik: Positif dan Negatif. Melalui eksperimen, muatan-sejenis saling menolak dan muatan- lawan jenis saling menarik satu sama lain.

5 adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya. Arus listrik dibagi menjadi 2 jenis : 1.Listrik arus searah atau DC (Direct Current) adalah aliran arus listrik yang konstan dari potensial tinggi ke potensial rendah. Pada umumnya ini terjadi dalam sebuah konduktor seperti kabel, Dengan listrik arus searah jika kita memegang hanya kabel positif (tapi tidak memegang kabel negatif), listrik tidak akan mengalir ke tubuh kita (kita tidak terkena strum). Demikian pula jika kita hanya memegang saluran negatif.

6 ARUS LISTRIK 2.Listrik Arus bolak-balik (listrik AC -- alternating current) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik. Jika kita memegang sumber listrik dan kaki kita menginjak bumi atau tangan kita menyentuh dinding, perbedaan tegangan antara kabel listrik di tangan dengan tegangan di kaki (ground), membuat listrik mengalir dari tangan ke kaki sehingga kita akan mengalami kejutan listrik ("terkena strum").

7 Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi. Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya.

8

9 1. RESISTOR Potensiometer Trimpot

10 NTC PTSLDR

11

12

13

14 1.RESISTOR ( KELOMPOK 1,2 ) 2.KAPASITOR ( KELOMPOK 3,4 ) 3.DIODA ( KELOMPOK 5,6 ) 4.TRANSITOR ( KELOMPOK 7,8 ) Membuat makalah prakarya dan file presentasi ( power point), untuk materi :

15 1.Diketik menggubnakan kertas ukuran A4, font bebas ukuran 12 point, spasi 1,5 2.Sistematika : cover, Pendahuluan, Daftar isi, Bab. I,II,III dst (menyangkut : definisi,fungsi,deskripsi macam2, hal2 khusus), Kesimpulan, Daftar Pustaka. 3.Makalah dan file presentasi dikirim lewat dengan subyek : KELAS-KELOMPOK-JUDUL,  misal XI MIA 1- KEL.1- RESISTOR 4. paling lambat tgl 27 juli Jika ada yang salah harus diperbaiki segera dikirim ulang. 6.Makalah diprint dan dijilid diserahkan setelah libur idul fitri saat jam pelajaran berlangsung. 7.Selanjutnya tiap kelompok mempresentasikan makalahnya, urutan berdasarkan undian.


Download ppt "PRAKARYA SMA K E R A J I N A NK E R A J I N A N BUDIDAYABUDIDAYA REKAYASA TEKNOLOGI √REKAYASA TEKNOLOGI √ PENGOLAHANPENGOLAHAN 4 Stran 4 Stran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google