Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HANDOUT 9 LD KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ATAU KEPALA SEKOLAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HANDOUT 9 LD KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ATAU KEPALA SEKOLAH."— Transcript presentasi:

1 HANDOUT 9 LD KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ATAU KEPALA SEKOLAH

2 Pengertian Kompetensi  Kompetensi atau keterampilan adalah seperangkat kemampuan untuk melakukan sesuatu jabatan atau seperangkat kemampuan yang memberikan kewenangan memegang suatu jabatan tertentu.  Di lingkungan dunia pendidikan, ada perangkat keterampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus sebagai administrator dan manajer pendidikan dalam melaksanakan sejumlah tugas.  Keterampilan kepala sekolah itu dimaksudkan sebagai bekal bagi mereka untuk dapat melaksanakan manajemen pendidikan secara efektif dan efisien.

3 Jenis kompetensi  Menurut Robert L. Katz (dikutip oleh Sudarwan, dalam: Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok), bahwa keterampilan yang harus dimiliki oleh sdministrator yang efektif adalah keterampilam teknis (technical skill), keterampilan hubungan manusia (human relation skill), dan keterampilan konseptual (conceptual skill).

4 1.Keterampilan Teknis (Technical Skill)  Keterampilan teknis adalah keterampilan menerapkan pengetahuan teoritis ke dalam tindakan-tindakan praktis, keterampilan dalam menggunakan metode, teknik, prosedur atau prakarsa melalui taktik yang baik, atau menyelesaikan tugas-tugas secara sistematis.

5 Keterampilan-keterampilan teknis antara lain adalah: a. Kemampuan menyusun laporan. b. Kemampuan menyusun program pembelajaran c. Kemampuan menyusun data statistik sekolah. d. Keterampilan membuat keputusan dan merealisasikannya. e. Keterampilan mengetik. f. Kerampilan menata ruamg. g. Kerampilan membuat surat, dan lain-lain.

6 2. Keterampilan Hubungan Manusiawi (Human Relation Skill)  Keterampilan hubungan manusiawi adalah kemampuan untuk menempatkan diri di dalam kelompok kerja dan keterampilan menjalin komunikasi yang mampu menciptakan kepuasan kedua belah pihak.Hubungan manusiawi melahirkan suasana kooperatif yang menciptakan kontak manusiawi antar- pihak yang terlibat.

7 Ketermpilan Hubungan manusiawi ini antara lain adalah: a. Keterampilan menempatkan diri dalam kelompok. b. Keterampilan menciptakan kepuasan pada diri bawahan. c. Sikap terbuka terhadap kelompok kerja. d. Kemampuan memotivasi bawahan. e. Penghargaan terhadap nilai-nilai etis. f. Pemerataan tugas dan tanggung jawab. g. Iktikad baik, adil, menghormati, dan menghargai orang lain.

8 3. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill)  Keterampilan konseptual adalah kecakapan untuk memformulasikan pikiran, memahami teori-teori, melakukan aplikasi, melihat kecenderungan berdasarkan kemampuan teoritis dan yang dibutuhkan di dalam dunia kerja. Kepala sekolah atau para pengelola satuan pendidikan dituntut dapat memahami konsep dan teori yang erat hubungannya dengan pekerjaan.

9 Tiga jenis kemampuan/skill menurut Willian R. Tracy adalah : 1. Technical skill :  Semua kecakapan/keahlian dalam keterampilan khusus, terutama yang memerlukan metode, proses, prosedur, dan teknik.  Kecakapan teknis yang memerlukan pengetahuan khusus, kecakapan menganalisis, penggunaan alat-alat, teknik-teknik yang memerlukan disiplin khusus dan barang- barang.  Kecakapan tenis yang berkaitan dengan tugas- tugas khusus.

10 2. Human Skill :  Kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dalam satu kelompok.  Kemampuan menciptakan kerja sama yang baik dalam usaha berama; menekankan kemampuan bekerja dengan orang-orang lain.  Kemampuan menciptakan situasi lingkungan yang aman, dengan iklim saling mempercayai, terbuka dan saling hormat-menghormati.

11 3. Conceptual Skill :  Kemampuan pemimpin untuk melihat organisasi dan setiap permasalahan sebagai suatu keseluruhan.  Kemampuan untuk mengkoordinasikan seluruh rentetan kegiatan, keinginan dan kepentingan perorangan serta kelompok, dalam kerangka pencapaian tujuan organisasi; juga kemampuan menyusun konsep-konsep tertentu.

12 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Th.2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah A. Kualifikasi. B. Kompetensi. B. Dimensi Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah meliputi kompetensi: kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

13 1. Kompetensi Kepribadian 1. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah. 2. Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin. 3. Mmemiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala sekolah/madrasah. 4. Bersikap terbuka dalam melaksnakan tugas pokok dan fungsi. 5. Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah/madrasah. 6. Memiliki bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.

14 2. Kompetensi Manajerial : 1. Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan. 2. Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan. 3. Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumbe daya sekolah/madrasah secara optimal. 4. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif. 5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

15 2 Kompetensi Manajerial lanjutan 6. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. 7. Mengeloal sarana dan prasarana sekolah /madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal. 8. Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakt dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah. 9. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik. 10. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.

16 2 Kompetensi Manajerial lanjutan: 11. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien. 12. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah. 13. Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah/madrasah. 14. Mengelola sistem informasi sekolah/madrsah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan. 15. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah. 16. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

17 3. Kompetensi Kewirausahaan 1. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah. 2. Bekerja keras untuk mencapai keberhailan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif. 3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam meleksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah.

18 4. Kompetensi Supervisi : 1. Merencanakan program supervisi akdemik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. 2. Melaksanajan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat. 3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka penigkatan profesionalisme guru.

19 5. Kompetensi Sosial : 1. Bekerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah. 2. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. 3. Memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.


Download ppt "HANDOUT 9 LD KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ATAU KEPALA SEKOLAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google