Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengelola Sumber Daya Hardware dan Software Chapter 6 Laudon and Laudon, Eight Edition.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengelola Sumber Daya Hardware dan Software Chapter 6 Laudon and Laudon, Eight Edition."— Transcript presentasi:

1 Mengelola Sumber Daya Hardware dan Software Chapter 6 Laudon and Laudon, Eight Edition

2 Definisi Infrastruktur TI Perspektif Teknologi: Serangkaian media fisik dan aplikasi software yang perlu dioperasikan di dalam perusahaan. Perspektif Jasa: Serangkaian jasa perusahaan yang diatur oleh manajemen dan terdiri dari kapabilitas manusia maupun teknis.

3 Strategi Bisnis Jasa Pelanggan, Pemasok & Perushaan Jasa dan Infrastrktur TI TI Strategi TI Jasa perusahaan yang mampu menyediakan kepada pelanggan, pemasok dan karyawan merupakan fungsi langsung dari infrastruktur TI. Secara ideal, infrastruktur ini harus mampu mendukung strategi SI dan bisnis perusahaan. TI baru memiliki dampak pada strategi bisnis dan TI sebagaimana jasa dpt menyediakannya utk pelanggan.

4 Jasa Infrastruktur TI Platform komputer biasa menyediakan jasa komputer yang menghubungkan karyawan, pelanggan, dan pemasok ke dalam lingkungan digital yang koheren, termasuk mainframe yang besar, komputer laptop dan desktop, perangkat internet, dll. Jasa telekomunikasi yang menyediakan koneksi data, suara dan video untuk karyawan, pelanggan dan pemasok. Jasa manajemen data yang menyimpan dan mengelola data perusahaan dan menyediakan kapabilitas untuk analisis data. Jasa aplikasi software yang menyediakan kapabilitas di seluruh perusahaan seperti enterprise resource planning, SCM, dan sistem KM yang dapat di-share oleh seluruh unit bisnis.

5 Jasa Infrastruktur TI lanj… Jasa manajemen fasilitas fisik yang mengembangkan dan mengelola instalasi fisik yang diperlukan untuk jasa komputer, telekomunikasi, dan manajemen data. Jasa manajemen TI yang merencanakan dan mengembangkan infrastruktur tersebut, mengkoordinasikan dengan unit bisnis untuk jasa TI, mengelola pertanggungjawaban untuk pengeluaran TI, dan menyediakan jasa manajemen proyek. Jasa standar TI yang menyediakan perusahaan dan unit bisnisnya dengan kebijakan yang menentukan TI yang akan digunakan, kapan dan bagaimana. Jasa pendidikan TI yang menyediakan pelatihan dalam sistem yang digunakan karyawan dan menawarkan pelatihan bagi manajer tentang bagaimana merencanakan dan mengelola investasi TI. Jasa riset dan pengembangan TI yang menyediakan perusahaan dengan riset pada investasi dan proyek TI potensial di masa yad yang dapat membantu perusahaan agar “berbeda”.

6 Level Infrastruktur TI 1.Publik: internet, jaringan telepon, jaringan yang dioperasikan industri dan fasilitas pendukung TI lainnya seperti sistem kabel dan jaringan seluler. 2.Perusahaan (enterprise): jasa , website perusahaan, intranet perusahaan, dan aplikasi software. 3.Bisnis: software dan sistem produksi khusus, sistem pelanggan dan vendor, dan entri pesanan lokal dan sistem transaksi lainnya. Level di bawahnya adalah departemen, karyawan secara individual dll.

7 Komponen Infrastruktur Infrastruktur TI saat ini dibangun dari 7 komponen utama 1.Platform Hardware Komputer 2.Platform Sistem Operasi 3.Aplikasi Software Perusahaan 4.Manajemen dan Penyimpanan Data 5.Platform Telekomunikasi dan Networking. 6.Platform Internet 7.Jasa Konsultasi dan Integrasi Sistem.

8 Ekosistem Infrastruktur TI Computer Hardware Platforms Operating System Platforms Enterprise Software Applications Data Management and Storage Networking/ telecommun ication Platforms Internet Platforms Consulting & System Integration Services

9 Platform Hardware Komputer Komponen ini termasuk client machines (desktop PCs, media komputer mobile seperti laptop dll) dan server. Client Machines menggunakan microprosessor utama seperti Intel atau AMD. Perusahaan utama: IBM, HP, Dell dan Sun Microsystems, yang menghasilkan 90% mesin dan 3 perusahaan produsen chip adalah Intel, AMD dan IBM

10 Platform Sistem Operasi Sistem Operasi berfungsi mengelola sumber daya dan aktivitas komputer. Di Indonesia didominasi oleh Microsoft Windows (Windows XP, Windows 2000 atau Windows CE). Sedangkan di Amerika menggunakan bentuk lain seperti Unix dan Linux (bisa didownload sebagai open source software)

11 Aplikasi Software Enterprise Yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. Misalnya aplikasi pengolah kata, kertas kerja elektronik, grafik editor dll. Provider (penyedia layanan) terbesar adalah SAP (Systemanalyze und Programmentwicklung) yang diikuti oleh Oracle dan PeopleSoft. Desember 2004, Oracle membeli PeopleSoft. Oracle dan PeopleSoft berjanji akan menyediakan software yang dapat bekerja pada hardware dan sistem operasi apapun.

12 Penyimpanan dan Manajemen Data Bertanggung jawab untuk mengorganisasikan dan mengelola data perusahaan sehingga dapat diakses dan digunakan secara efisien. Provider software database yang utama adalah IBM (DB2), Oracle, Microsoft (SQL Server), dan Sybase (Adaptive Server Enterprise). Pemain baru adalah MySQL yang merupakan produk database relasional open source yang tersedia gratis di internet dan didukung oleh HP untuk menghindari monopoli oleh Microsoft dengan SQL Server. Catatan: SQL = Structured Query Language

13 Platform Networking dan Telekomunikasi Komponen ini terutama terdiri dari perusahaan telekomunikasi dan telepon yang meliputi suara dan akses internet. Sistem Operasi LAN (Local Area Network) yang banyak digunakan adalah Windows Server 2003, Windows 2000 Server, dan Windows NT, yang diikuti oleh Novell, Linux dan Unix. Sedangkan untuk networking hardware providers (penyedia layanan hardware networking) adalah Cisco, Lucent, Nortel dan Juniper Networks. Penyedia layanan telekomunikasi: MCI, AT&T dan perusahaan regional lainnya.

14 Platform Internet Pasar server internet berada di tangan Dell, Hewlet Packard/Compaq dan IBM Tools pengembangan aplikasi software web disuplai oleh Microsoft.

15 Jasa Konsultasi dan Integrasi Sistem Integrasi sistem berarti menjamin bahwa infrastruktur baru dapat bekerja dengan sistem lama (disebut legacy system) yang dimiliki perusahaan dan menjamin elemen baru dari infrastruktur bekerja dengan baik satu sama lain. Perusahaan yang eksis di bidang ini adalah IBM, Oracle dan SAP.

16 Trend Platform Hardware Kontemporer Tantangan yang dihadapi adalah meningkatnya biaya konsultasi dan integrasi sistem secara dramatis karena karyawan menggunakan aplikasi sistem yang rumit yang memerlukan hardware yang powerful dan mahal. Tantangan lain adalah mengintegrasikan informasi yang tersimpan dalam aplikasi yang berbeda, dan platform yang berbeda (telepon, legacy system, intranet, situs internet, desktop dan media mobile). Perusahaan harus mempu membangun infrastruktur yang fleksibel dan tangguh yang tahan terhadap beban yang tinggi dan serangan dari virus dan hacker, karena harapan pelanggan dan karyawan terhadap pelayanan semakin meningkat, perusahaan perlu meningkatkan pelayanan mereka untuk memenuhi permintaan pelanggan.

17 Integrasi Platform Computing dan Telekomunikasi Hal paling dominan dalam platform hardware adalah bersatunya platform komputer dan telekomunikasi pada beberapa level. Pada level client, media komunikasi seperti telepon seluler berfungsi sebagai komputer tangan, sementara PDA (Personal Digital Assistants) berfungsi sebagai telepon seluler. Pada level server dan network, keberhasilan pertumbuhan sistem telepon internet menunjukkan bagaimana platform telekomunikasi dan komputer yang secara historis dipisahkan sekarang menyatu menjadi jaringan tunggal yaitu internet. Trend lain pada platform hardware berdasar pada sebagian besar komputer merupakan jaringan yang over high capacity. Jaringan yang menjadi sumber dari kekuatan komputer, memungkinkan perusahaan bisnis untuk memperluas kekuatan komputer dengan biaya yang sangat kecil.

18 Grid Computing Grid Computing menghubungkan secara geografis komputer remote ke dalam jaringan tunggal untuk menciptakan superkomputer virtual dengan mengkombinasikan kekuatan perhitungan di semua komputer pada grid (jaringan) Memerlukan program software untuk mengendalikan dan mengalokasikan sumber daya pada jaringan, seperti software open source yang disediakan oleh Globus Alliance (www.globus.org) atau provider lainnya. Kasus bisnis memerlukan grid computing untuk penghematan biaya, kecepatan perhitungan dan pengembangan lainnya.

19 On Demand Computing (Utility Computing) Berkenaan dengan perusahaan yang hanya memerlukan komputer sesuai permintaan saja. Perusahaan dapat mengurangi investasi pada infrastruktur TI dengan berinvestasi cukup hanya untuk menangani beban proses rata-rata dan hanya membayar untuk penggunaan tambahan sesuai permintaan pasar.

20 Autonomic Computing Usaha industri berskala luas untuk mengembangkan sistem yang dapat mengkonfigurasikan dirinya sendiri, mengoptimalkan dan memperbaiki dirinya sendiri, dan menyembuhkan dirinya sendiri ketika rusak serta melindungi dirinya dari penyusup dan self destruction.

21 Edge Computing Aplikasi berbasis web dengan skema beban yang seimbang yang merupakan bagian penting dalam isi, logika dan proses web site yang dilakukan oleh server yang lebih kecil dan tidak mahal yang berlokasi di dekat user.

22 4 Manfaat Bisnis Utama dari Edge Computing Biaya teknologi lebih rendah Tingkat pelayanan semakin meningkat Fleksibilitas semakin meningkat Tingkat ketahanan (resilience)

23 Trend Platform Software Kontemporer Linux dan software open source Java Jasa web dan arsitektur berorientasi jasa Software outsourcing

24 Munculnya Linux dan Software Open- Source Software open source adalah software yang dihasilkan oleh komunitas dari ratusan ribu programmers di seluruh dunia. Software open source gratis dan dapat dimodifikasi oleh user.

25 Java dimana-mana Java adalah sistem operasi independen, prosessor independen, bahasa pemrograman independen yang dapat menjadi pelopor lingkungan pemrograman interaktif untuk web. Software Java didesain untuk dapat dioperasikan pada komputer/media komputer apapun.

26 Tujuan dari Manajemen Infrastruktur Menyediakan serangkaian jasa berbasis komputer yang menyatu dan seimbang untuk pelanggan, karyawan dan pemasok. Untuk mencapai tujuan itu perusahaan harus menghadapi sejumlah isu: 1.Biaya infrastruktur TI 2.Integrasi informasi, aplikasi dan platform 3.Fleksibilitas untuk merespon lingkungan bisnis 4.Ketangguhan 5.Tingkat pelayanan

27 Peluang dan Tantangan Manajemen Peluang: perusahaan memiliki kapabilitas dan pengetahuan untuk mengelola infrastruktur TI mereka untuk mengambil manfaat dari peluang sehingga akan memperoleh manfaat pokok. Tantangan Manajemen: melakukan investasi infrastruktur TI dengan bijak, mengkoordinasikan komponen infrastruktur, menangani perubahan teknologi, dan manajemen dan governance

28 Responsi Sebutkan komponen-komponen utama dari infrastruktur TI. Kenapa komponen-komponen tersebut identik dengan ekosistem? Contoh platform sistem operasi adalah windows XP atau windows vista/7, sistem operasi apa yang dapat didownload sebagai open source?


Download ppt "Mengelola Sumber Daya Hardware dan Software Chapter 6 Laudon and Laudon, Eight Edition."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google