Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGARUH KEGIATAN INKUIRI TERHADAP EKSPLORASI PANDANGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT MENGENAI SAINS  Abstrak  Pendahuluan  Metode Penelitian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGARUH KEGIATAN INKUIRI TERHADAP EKSPLORASI PANDANGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT MENGENAI SAINS  Abstrak  Pendahuluan  Metode Penelitian."— Transcript presentasi:

1

2 PENGARUH KEGIATAN INKUIRI TERHADAP EKSPLORASI PANDANGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT MENGENAI SAINS  Abstrak  Pendahuluan  Metode Penelitian  Hasil Penelitian dan Pembahasan  Kesimpulan

3 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap eksplorasi pandangan siswa kelas X SMA negeri 1 jonggat mengenai sains. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.1. Metode pengumpulan data observasi menggunakan metode menulis essay, menggambar dan kuisioner. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Ada pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar sains ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat. Ada pengaruh ketrampilan observasi siswa terhadap hasil belajar sains siswa ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Ada interaksi antara strategi pembelajraan inkuiri Terbimbing dengan ketrampilan observasi siswa terhadap hasil belajar sains ranah kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat.

4 Pendahuluan Pendidikan di Indonesia diperlukan untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berguna untuk memperluas pengetahuan sedangkan teknologi sebagai faktor pendukung pengetahuan tersebut. Pendidikan di Indonesia diperlukan untuk mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berguna untuk memperluas pengetahuan sedangkan teknologi sebagai faktor pendukung pengetahuan tersebut. Salah satu ketrampilan proses sains dasar yang harus dikembangkan adalah ketrampilan observasi Strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu (Dick dan Carey dalam Hamzah B Uno.2010:1). Kegiataan pembelajaran yang berbasis inkuiri peserta didik dapat terlibat dalam proses mereorganisasi strutktur pengetahuannya melalui penggabungan konsep-konsep yang sudah dimiliki sebelumnya dengan ide-ide yang baru. Kegiatan ini merupakan aplikasi dari pembelajaran kontruktivisme yang didasarkan pada observasi dan studi ilmiah sehingga strategi inkuiri cocok digunakan untuk pembelajaran IPA.

5 HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN

6 HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN

7

8 HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN 1. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar Terhadap Hasil Belajar sebagai hasil pengujian hipotesis menggunakan uji anava menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelejaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar sains baik ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar kelas X-1 baik.

9 HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN Pengaruh Ketrampilan Observasi Siswa terhadap Hasil Belajar 2. Pengaruh Ketrampilan Observasi Siswa terhadap Hasil Belajar Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dengan hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan psikomotor ketrampilan observasi siswa memiliki pengaruh yang signifikan. Hal tersebut terlihat pada rata-rata hasil kognitif ditinjau dari ketrampilan observasi siswa baik tinggi, sedang maupun rendah, meskipun rata-rata-rata hasil belajar kognitif berbeda namun selisihnya tidak terlalu signifikan.

10 HASIL PENELITIAN dan PEMBAHASAN 3. Interaksi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Ketrampilan Observasi Siswa terhadap Hasil Belajar Strategi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan akan membuat siswa lebih berkonsentrasi dan meningkatkan hasil belajar siswa sedangakan ketrampilan observasi merupakan salah satu aspek dari dalam diri siswa yang tidak banyak mempengaruhi karena siswa sudah bisa memahami bahwa semua demi masa depanya.

11 KESIMPULAN o Ada pengaruh strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar sains ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat. o Ada pengaruh ketrampilan observasi siswa terhadap hasil belajar sains siswa ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Ada interaksi antara strategi pembelajraan inkuiri Terbimbing dengan ketrampilan observasi siswa terhadap hasil belajar sains ranah kognitif, afektif, psikomotor siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat.


Download ppt "PENGARUH KEGIATAN INKUIRI TERHADAP EKSPLORASI PANDANGAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 JONGGAT MENGENAI SAINS  Abstrak  Pendahuluan  Metode Penelitian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google