Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

REVOLUSI AMERIKA NAPOLEON BONAPARTE EQUILA GIKA VISKANO (13) ALYA ASKA K (5) CHEZARIA SAFIRA (10) FAIZ RIZQULLAH (15) GHIA SAKANTI (17) SALSABILA KINTAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "REVOLUSI AMERIKA NAPOLEON BONAPARTE EQUILA GIKA VISKANO (13) ALYA ASKA K (5) CHEZARIA SAFIRA (10) FAIZ RIZQULLAH (15) GHIA SAKANTI (17) SALSABILA KINTAN."— Transcript presentasi:

1 REVOLUSI AMERIKA NAPOLEON BONAPARTE EQUILA GIKA VISKANO (13) ALYA ASKA K (5) CHEZARIA SAFIRA (10) FAIZ RIZQULLAH (15) GHIA SAKANTI (17) SALSABILA KINTAN S (31) XI IIS 2

2 Awal mula terjadinya US Revolution Revolusi Amerika Serikat terjadi pada tahun 1775 sampai Peristiwa ini adalah serangkaian perang antara Amerika Serikat dan Inggris. Amerika Serikat berusaha mencari kebebasan karena adanya tekanan yang dilakukan pemerintah Inggris dalam bidang politik dan ekonomi.

3 Latar belakang terjadinya US Revolution Keinginan rakyat Amerika untuk melepaskan diri dikarenakan pajak yang ditanggung rakyat semakin bertambah sehingga membebani rakyat.

4 Kenapa dibebani pajak? Kemenangan Inggris dalam perang meyisakan hutang yang jumlahnya cukup besar, mencapai 130 juta Pound. Lebih dari pada itu, bertambahnya wilayah Inggris telah menambah beban baru yang harus ditanggung oleh pemerintah Inggris. Pemerintah mempunyai pandangan untuk meningkatkan besaran pajak yang harus dibayar penduduk Inggris. Namun penduduk Inggris juga menentang besarnya pajak yang harus mereka bayar demi perjuangan untuk daerah koloni. Akhirnya pemerintah Inggris membebani daerah koloni untuk turut serta meringankan beban keuangan yang dihadapi Inggris. Daerah-daerah koloni tersebut dipungut berbagai macam pajak tanpa melalui perundingan.

5 1. Sugar Act pada tahun 1764, yang mana Undang-Undang ini mengatur tentang kenaikan pajak bagi gula yang masuk ke Amerika 2. Currency Act pada tahun 1764, yang mengatur tentang larangan pengeluaran uang bagi masing-masing daerah koloni 3. Stamp Act pada tahun 1765yang mengatur tentang pajak materai atas surat-surat kabar, pamflet, percetakan, dokumen- dokumen hukum, asuransi, surat perkapalan dan lisensi 4. Undang-Undang Townshed pada tahun 1767 yang mengatur tentang pungutan atas gelas, timah, cat, kertas, dan hasil pungutan itu harus dipergunakan untuk membayar gaji para gubernur kerajaan. 5. (Tea Act) pada tahun 1767, merupakan awal bencana bagi Inggris. Undang-undang ini mengatur tentang regukasi importing Teh di koloni Amerika. 6. Quebec Act pada tahun 1774 yang mengatur tentang jaminan bahasa, agama dan ketatanegaraan.

6 The Boston Tea Party Gerakan ini di awali oleh undang undang Tea Act pada slide sebelumnya. Pada 1775 ketika kapal inggris berlabuh di Pelabuhan Boston. Kapal tersebut memuat the untuk AS. Pihak Inggris memaksa AS untuk membayar pajak untuk muatan teh tersebut, tetapi AS menolak sehingga muatan teh tidak diturunkan dari kapal.

7 Rakyat AS yang dihukum karena menyamar dan melempar muatan teh kelaut dihukum. Tindakan itu di protes oleh rakyat AS yang di pimpin oleh George Washington. Akibatnya terjadilah perang karena AS menuntut pemerintahan yang independen.

8 Dampak Revolusi Amerika Serikat terhadap Pergerakan Nasional Indonesia Melahirkan sikap untuk mempertahankan kebebasan, kemerdekaan, dan penghormatan terhadap sesama manusia. Berpengaruh juga terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. Mendorong kaum pergerakan nasional memperjuangkan hak rakyat indonesia untuk lepas dari kebodohan dan keterbelakangan akibat penjajah.


Download ppt "REVOLUSI AMERIKA NAPOLEON BONAPARTE EQUILA GIKA VISKANO (13) ALYA ASKA K (5) CHEZARIA SAFIRA (10) FAIZ RIZQULLAH (15) GHIA SAKANTI (17) SALSABILA KINTAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google