Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 10-1 MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN PowerPoint by Milton M. Pressley University of New.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 10-1 MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN PowerPoint by Milton M. Pressley University of New."— Transcript presentasi:

1 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN PowerPoint by Milton M. Pressley University of New Orleans

2 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Kotler on Marketing ”Jangan membeli pangsa pasar, gambarkan bagaimana memasukinya.”

3 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tujuan Pengajaran 1.Bagaimana suatu perusahan dapat mengidentifikasi segmen yang menata suatu pasar. 2.Apa kriteria yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memilih pasar sasaran yang paling menarik.

4 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc SEGMENTASI PASAR 1.Menentukan segmentasi pasar 2.Memutuskan pasar sasaran yang akan dimasuki 3.Memposisikan pasar, mengkomunikasikan produk dan benefit yang distinktif atas barang dan jasa yang dihasilkan.

5 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tingkatan Segmen  Pemasaran dengan segmen: Segmen pasar terdiri dari suatu kelompok besar dalam suatu pasar yang dapat diidentifikasi dengan kesamaan keinginan, daya beli, lokasi geografis, sikap pembelian, atau kebiasaan pembelian. Segmentasi adalah suatu pendekatan jalan tengah antara pemasaran masal dan pemasaran individual. Pemasaran segmen menawarkan beberapa keuntungan dibanding pemasaran masal, di mana perusahaan dapat menciptakan produk atau jasa yang lebih tepat dan harga yang sesuai dengan pasar sasaran.

6 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tingkatan Segmen 2) Suatu ceruk adalah kelompok pasar yang didefinisikan lebih secara sempit, khususnya pasarnya kecil yang memiliki kebutuhan yang tidak dilayani 1.Pelanggan dalam ceruk mempunyai sekumpulan kebutuhan yang berbeda; 2.Mereka akan membayar suatu harga premium kepada perusahaan yang memberikan kepuasan terbaik terhadap kebutuhan mereka; 3.Pemasar akan memperoleh keuntungan ekonomis melalui spesialisasi; dan 4.Pemasar memiliki ukuran, laba dan pertumbuhan potensial.

7 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tingkatan Segmen 3) Pemasaran Lokal: Pemasaran sasaran menuju ke program pemasaran yang dijadikan acuan untuk kebutuhan dan keinginan kelompok pelanggan lokal (bidang perdagangan, tetangga, bahkan toko-toko individu). Citibank menyediakan perbedaan dari bauran pelayanan perbankan di cabang-cabangnya yang tergantung atas lingkungan demografis. 4) Pemasaran Individual: Customized. Mass customization adalah kemampuan untuk menyiapkan sesuatu (barang dan jasa) terhadap masal secara individu, merancang produk dan komunikasi untuk memenuhi keinginan setiap individu yang ada pada satu segmen.

8 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Pola Segmen Preferensi homogen; menunjukkan suatu pasar di mana semua konsumen secara kasar memiliki preferensi yang sama. Preferensi Diffused; preferensi konsumen mungkin bisa menyebar ke seluruh tempat, menunjukkan bahwa preferensi konsumen sangat besar. Preferensi Cluster; Pasar mungkin telah menunjukkan perbedaan gugus preferensi, yang disebut segmen pasar alami. Perusahaan pertama dalam pasar ini memiliki tiga pilihan. Barangkali posisinya di pusat, mengharapkan untuk menarik semua kelompok konsumen. Atau mungkin juga posisinya di segmen pasar yang terbesar (pemasaran terkonsentrasi). Mungkin perusahaan membangun beberapa merek, tiap posisi dalam suatu segmen yang berbeda. Jika perusahaan pertama membangun hanya satu merek, pesaing akan masuk dan memperkenalkan merek dalam segmen lain.

9 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Tahapan Segmen 1) Tahap Survey: Peneliti melakukan wawancara secara eksploratif dan fokus pada group untuk memperoleh pengetahuan tentang motivasi konsumen, sikap, dan perilaku. Kemudian peneliti menyiapkan suatu kuesioner dan pengumpulan data terhadap atribut dan rating kepentingan mereka; kesadaran merek dan rating merek; pola pemakaian produk; sikap terhadap kategori produk; dan demografi, geografi, psikografi serta mediagrafis responden. 2) Tahap Analisis: Peneliti menerapkan analisis faktor data untuk memindahkan variabel yang berkolerasi erat, kemudian melaksanakan analisis gugus untuk menciptakan sejumlah segmen khusus yang berbeda secara maksimal. 3) Tahap Profiling: Tiap gugus ditampilkan dalam hal yang membedakannya, sikap, perilaku, demografi, psikografi, dan pola media. Setiap segmen diberi nama berdasarkan karakteristik yang mendominasinya. Segmentasi pasar harus bisa dilakukan kembali secara periodik karena segmen pasar berubah.

10 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Dasar Segmentasi 1)Geografis 2)Demografis 3)Psikografis 4)Perilaku

11 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Dasar Segmentasi 1.Dapat diukur; ukuran, daya beli, dan karakteristik segmen yang dapat diukur. 2.Substansial; segmen yang besar dan cukup menguntungkan untuk melayani. 3.Dapat diakses; segmen dapat dengan efektif dicapai dan dilayani. 4.Dapat berbeda; segmen yang dapat dibedakan secara konseptual dan direspon secara berbeda untuk elemen bauran pemasaran dan program yang berbeda. 5.Dapat bertindak; program efektif dapat diformulasikan guna menarik dan melayani segmen.

12 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Memilih Segmen Pasar 1.Konsentrasi Segmen Tunggal 2.Spesialisasi Selektif 3.Spesialisasi Produk 4.Spesialisasi Pasar 5.Cakupan Pasar Penuh

13 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Perusahaan Besar: Segmen Pasar 1)Undifferentiated Marketing; perusahaan mengabaikan perbedaan segmen dan menuju pada semua pasar dengan satu penawaran pasar. Pada strategi ini perusahaan fokus epada kebutuhan dasar pembeli daripada perbedaan di antara pembeli. 2) Differentiated Marketing; perusahaan beroperasi dalam beberapa segmen pasar dan merancang program berbeda tiap segmen. General Motor melakukan ini ketika mereka mengatakan bahwa mereka menghasilkan mobil untuk setiap tujuan, kepribadian dan sokongan. IBM menawarkan banyak paket hardware dan software untuk segmen yang berbeda dalam pasar komputer.

14 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc Segmentasi: Pertimbangan Tambahan 1)Pilihan Etika Pasar Sasaran 2)Publik banyak melakukan kritik 3)Hubungan Segment dengan super-segmen 4)Segment by segment invasion plans 5)Mega Marketing

15 Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc )Jelaskan Segemen yang anda lihat dilakukan 2)Adakah strategi yang dapat diidentifikasi sedang dilaksanakan


Download ppt "Copyright © 2003 Prentice-Hall, Inc. 10-1 MENGIDENTIFIKASI SEGMENTASI PASAR DAN MEMILIH PASAR SASARAN PowerPoint by Milton M. Pressley University of New."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google