Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARTIFICIAL INTELIGENCE (AI) SUMMARY DISUSUN OLEH: ARI MUTAKIN (03061004082) NIZAR ARUMSIA(03061004124) FIRSTIAN KAUTSAR ADIGUNO (03061004002) JACKY ANUGRA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARTIFICIAL INTELIGENCE (AI) SUMMARY DISUSUN OLEH: ARI MUTAKIN (03061004082) NIZAR ARUMSIA(03061004124) FIRSTIAN KAUTSAR ADIGUNO (03061004002) JACKY ANUGRA."— Transcript presentasi:

1 ARTIFICIAL INTELIGENCE (AI) SUMMARY DISUSUN OLEH: ARI MUTAKIN ( ) NIZAR ARUMSIA( ) FIRSTIAN KAUTSAR ADIGUNO ( ) JACKY ANUGRA WIGUNA( ) ARMAN NURAHMAN ( )

2 APAKAH AI ? Memandang AI menjadi empat kategori: Bertindak seperti manusia Berpikir secara rasional Berpikir seperti manusiaBertindak secara rasional

3 Bertindak Seperti manusia: Pendekatan Test Turing Turing Test, diusulkan oleh Alan Turing ( 1950), dirancang untuk menyediakan suatu definisi operasional inteligen yang memuaskan. Ia mengusulkan suatu test berdasar pada persamaan yang tak dapat disangkal berupa entities-human mahluk cerdas. Agar lulus test sebuah pemprograman komputer perlu memiliki kemampuan berikut: memproses bahasa alami untuk memungkinkannya berkomunikasi dengan berhasil didalam bahasa inggris. penyajian pengetahuan untuk menyimpan apa yang dia ketahui atau dengar pemikiran yang diotomasi untuk menggunakan informasi yang dia simpan untuk menjawab pertanyaan dan untuk menarik kesimpulan baru mesin yang belajar untuk menyesuaikan ke keadaan baru dan untuk mendeteksi dan meramalkan kemungkinan pola

4 visi komputer untuk merasakan object robotics untuk memanipulasi object dan menggerak-gerakkan Berpikir seperti manusia: Pendekatan teori pemodelan Jika kita akan katakan program yang ditentukan itu berpikir seperti manusia, kita harus mempunyai beberapa cara menentukan bagaimana manusia berpikir. Kita harus mendapatkan cara kerja pikiran manusia sebenarnya. Ada dua cara untuk lakukan ini: melalui inspection-mencoba untuk menangkap pikiran kita sendiri melalui eksperimen psikologis. Sekali kita mempunyai suatu teori yang tepat menyangkut pikiran, itu menjadi mungkin untuk menyatakan teori sebagai suatu program komputer. Jika program input/ouput dan pemilihan waktu perilaku banyak yang bersesuaian dengan tingkah laku manusia, itu adalah bukti yang sebagian dari mekanisme program dapat juga beroperasi pada manusia.

5 Berpikir secara rasional: Pendekatan hukum-hukum berpikir Ahli filsafat Yunani Aristotle adalah salah-satu yang pertama mencoba untuk melakukan kodifikasi " berpikir yang benar," itu adalah, proses pemikiran tidak dapat dibantah. Silogisme nya menyajikan pola untuk struktur argumentasi yang selalu menghasilkan kesimpulan yang benar ketika mengoreksi pendapat-sebagai contoh Socrates adalah seorang manusia: semua manusia akan mati;oleh karena itu, Socratesakan mati." Hukum pikiran ini diusulkan untuk memerintah operasi dari pikiran, bidang studi ini mulai disebut logika. Bertindak secara rasional: Pendekatan agent rasional Agen adalah suatu yang bertindak ( agen berasal dari bahasa Latin Agere, melakukan). Tetapi agen-agen komputer diharapkan mempunyai atribut- atribut lain yang membedakan mereka dari semata-mata " program." seperti operasi di bawah kendali otonomi, merasakan lingkungan mereka, tetap melakukan diatas suatu periode waktu yang diperpanjang, beradaptasi untuk berubah, dan mampu untuk mengambil tujuan yang lain. Suatu agen rasional adalah suatu yang bertindak supaya mencapai hasil yang terbaik, ketika ada ketidak-pastian.

6 Didalam " hukum pikiran" pendekatan terhadap AI ditekankan pada kesimpulan yang benar. Pembuatan kesimpulan benar kadang-kadang bagian dari menjadi agen rational, sebab satu arah untuk bertindak secara rasional akan memberi alasan secara logika kepada kesimpulan yang tindakan ditentukan akan mencapai satu tujuan dan kemudian untuk bertindak pada kesimpulan itu.

7 Fondasi Artificial Intelligence (AI) Filosofi (428 B.C-saat ini) Aristotle ( B.C) menjadi yang pertama yang merumuskan suatu setsatuan hukum yang mengatur bagian rasional dari pikiran. Ia mengembangkan suatu sistem syllegisms yang menginformasikan untuk pemikiran sesuai, yang mana pada prinsipnya mengijinkan seseorang untuk menghasilkan kesimpulan secara mekanik, memberi pendapat awal. Hobbes ( ) yang mengusulkan pemikiran seperti perhitungan numerik, yang " kita tambahkan dan kurangi didalam pemikiran diam kita." Leonardo da Vinci ( ) yang merancang tetapi tidak membangun suatu kalkulator mekanik; rekonstruksi terbaru sudah menunjukkan disain untuk fungsional. Kalkulator Yang pertama kali dikenal dibangun sekitar 1623 oleh ilmuwan Jerman Wilhelm Schickard ( ). Rene Descartes ( ) memberi diskusi jelas bersih pertama menyangkut pembedaan antara pikiran dan perihal dari permasalahan yang muncul.

8 Matematika (806-saat ini) George boole( ), yang memecahkan detil propositional, atau logika Boolean ( Boole, 1847). Didalam 1879, Gottlob Frege ( ) boole logika yang diperluas untuk meliputi hubungan dan object, menciptakan logika orde- pertama yang digunakan sekarang ini sebagai hal-hal paling mendasar sistem penyajian pengetahuan. Traski Alfred ( ) memperkenalkan suatu teori acuan yang menunjukkan bagaimana untuk menghubungkan object didalam suatu logika ke object didalam dunia nyata. Algoritma nontrivial yang pertama adalah dipikirkan menjadi algoritma Euclid'S untuk komputasi bilangan pembagi terbesar. Studi algoritms sebagai object didalam diri mereka kembali ke al-Khowarazmi, seorang ahli matematik Persia pada abad 9th, yang juga menulis untuk memperkenalkan aljabar dan numerik arab menjadi Eropa. Boole dan yang lain membahas algoritms untuk pengurangan logis, dan pada akhir abad 19th, berusaha untuk menemukan dan menyusun mathematical umum yang memberi alasan suatu deduksi logis.

9 Gerolamo Italian Cardano ( ) pertama yang membingkai gagasan untuk probabilitas, yang ia uraikan dalam kaitan dengan hasil peristiwa perjudian yang mungkin. Piere Fermat ( ), Blaise Pascal ( ), Yakobus Bernoulli ( ), Pirre Laplace ( ), dan yang lain mengedepan kan teori dan memperkenalkan metoda statictical baru. Thomas Bayes( ) yang mengusulkan aturan untuk pembaharuan probabilitas dipandang dari sudut bukti baru. Aturab Bayes dan bidang yang dihasilkan disebut Bayesian menganalisa bentuk pendekatan yang paling modern menuju ke pikiran ketidakpastian didalam sistem AI. Ekonomi (1776-saat ini) Adam Smith( ) yang menerbitkan " Aninquiry the nature and causes of the wealth of nations". Sedang jaman Yunani kuno dan yang lain telah membuat kontribusi untuk pikiran ekonomi. Smith menjadi yang pertama memperlakukannya sebagai ilmu pengetahuan yang menggunakan ekonomi mereka sendiri Teori keputusan, yang mana menggabungkan teori probabilitas dengan teori utilitas, menyediakan suatu kerangka formal untuk keputusan( ekonomi atau cara lainnya) yang dibuat di bawah ketidak-pastian- yaitu, dalam keadaan dimana uraian probabilistic secara tepat menangkap keputusan- lingkungan pembuat.

10 Untuk ekonomi kecil, situasi adalah lebih mirip seperti game; tindakan seorang pemain dapat dengan mantap mempengaruhi utilitas yang lain. Von Neumann dan Morgenstein pengembangan Teori Game mencakup hasil yang mengejutkan, untuk beberapa game, suatu agen rasional perlu bertindak didalam suatu pertunjukan acak, atau sedikitnya dengan cara yang nampak acak. Neuroscience (1861-saat ini) Neuroscience adalah ilmu yang mempelajari sistem urat syaraf, terutama sekali otak. Paul Broca ( ) mempelajari tentang aphasia( defisit suara) didalam otak pasien yang mengalami kerusakan pada tahun 1861 reinvogorated bidang dan membujuk penetapan medis mengenai keberadaan area yang dilokalisir mengenai tanggung jawab otak untuk fungsi-fungsi teori yang spesifik.

11 KomputerOtak Manusia Unit-Unti komputasi10 8 neuron Unit-unit penyimpanan1 CPU, 10 8 gerbang10 11 neuron snapsis Siklus waktu10 -9 sec10 -3 sec Bandwidth10 10 bit/sec10 14 bit/sec Memory update/sec komputer digital dan Otak melaksanakan tugas yang sungguh berbeda dan mempunyai properti-properti berbeda. Gambar menunjukkan disana ada 1000 kali lebih banyak neurons didalam otak manusia khususnya dibanding gerbang didalam CPU komputer yang paling mutakhir. Hukum Moore meramalkan bahwa gerbang CPU akan sama dengan jumlah neuron didalam otak sekitar tahun 2020.

12 Psychology (1879-saat ini) Asal dari psikologi ilmiah pada umumnya diusut kepada pekerjaan dari ahli ilmu fisika Jerman Hermann von Helmhttz ( ) dan siswanya Wilhelm Wundt ( ). Helmholts menerapkan metode latihan kepada studi visi manusia, dan bukunya yang berjudul Hand book of physiological optics bahkan sekarang diuraikan sebagai " acuan tunggal paling utama pada ilmu fisika dan physiology visi manusia "( Nalwa, 1993, p.15). Pandangan dari otak sebagai suatu pengolahan informasi alat, yang mana adalah suatu karakteristik utama psikologi teori, dapat ditelusur balik sedikitnya kepada hasil kerja William Yakobus" ( ). Helmholts juga meminta dengan tegas bahwa persepsi melibatkan suatu format kesimpulan logis tak sadar. teori Sudut pandang sebagian besar diatasi oleh behaviorism didalam Amerika Serikat, tetapi pada Psikologi yang Diterapkan Cambridge'S Unit, mengarahkan dengan Barlett Frederic ( ), modeling teori bisa tulisan hiasan.

13 Teknik komputer (1940-saat ini) Agar Artificial inteligen berhasil, kita butuh dua hal-hal: inteligen dan suatu artifact. Komputer telah menjadi artifact pilihan. komputer elektronik digital Yang modern yang ditemukan secara bebas dan hampir secara serempak oleh ilmuwan didalam tiga negara-negara yang berperang pada Perang Dunia II. komputer operasional pertama adalah Elctromechanical Heath Robinson, dibangun pada tahun 1940 oleh tim Alan Turing untuk satu tujuan : menerjemahkan pesan Jerman. Pada tahun 1943, kelompok yang sama mengembangkan Colossus, suatu mesin yang sangat powerfull berdasarkan pada tabung hampa.. Komputer operasional pertama yang dapat diprogram adalah Z-3, ditemukan Konrad Zuse di Negara Jerman pada tahun Zuse juga menemukan angka-angka floating-point dan bahasa pemprograman tingkat tinggi pertama, Plankalkul. komputer elektronik Yang pertama, ABC, yang dirakit oleh Yohanes Atanasoff dan siswa nya Clifford biji antara 1940 dan 1942 di Universitas Lowa State.

14 Teori Control dan Cybernetics (1948-saat ini) Ktesibios Alexandria ( 250 B.C) yang membangun mesin yang mengontrol diri sendiri yang pertama : suatu jam air dengan suatu pengatur yang menjaga alir air yang berjalan melaluilangkah tetap, dapat diramalkan.


Download ppt "ARTIFICIAL INTELIGENCE (AI) SUMMARY DISUSUN OLEH: ARI MUTAKIN (03061004082) NIZAR ARUMSIA(03061004124) FIRSTIAN KAUTSAR ADIGUNO (03061004002) JACKY ANUGRA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google