Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AL-HIJAMAH (BEKAM).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AL-HIJAMAH (BEKAM)."— Transcript presentasi:

1 AL-HIJAMAH (BEKAM)

2 ”Sebaik-baik pengobatan yang kalian gunakan adalah BEKAM”
(HR. Bukhori Muslim)

3 BEKAM Proses membuang darah kotor/toksid-racun (statis) yang berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit. Toksin adalah endapan racun/zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita.

4 PENYEBAB DARAH STATIS Dalam Rahim Trauma/Kecelakaan Emosi
Makanan/minuman Sembelit Pencemaran Disfungsi organ Obesitas

5 ”Nabi SAW berbekam, sedangkan pada saat itu beliau berihrom”
LANDASAN Riwayat Ibnu Abbas ”Nabi SAW berbekam, sedangkan saat itu beliau berpuasa” (HR. Bukhori) ”Nabi SAW berbekam, sedangkan pada saat itu beliau berihrom”

6 ”Hendaklah kalian berobat dengan bekam pada tengah tengkuk, karena sesungguhnya itu obat dari 72 macam penyakit”. ”Kesembuhan itu terdapat dalam tiga hal: minum madu, berbekam, kay, dan aku melarang umatku berobat dengan kay” (HR. Bukhori)

7 Imam Ghazali ra berpendapat, yang dinukilkan dalam kitab Taysirul Fiqih lil Muslimil Mu’ashir oleh DR. Yusuf Qardhawi pada halaman 235 – 236 : Bekam adalah termasuk fardhu kifayah. Jika di sebuah wilayah tidak ada seorang yang mempelajarinya, maka semua penduduknya akan berdosa. Namun jika ada salah seorang yang melaksanakannya serta memadai, maka gugurlah kewajiban dari yang lain. Menurut saya, sebuah wilayah kadang membutuhkan lebih dari seorang. Tapi yang terpenting adalah adanya jumlah yang mencukupi dan memenuhi seukuran kebutuhan yang diperlukan.

8 MANFAAT BEKAM MENGHILANGKAN RASA SAKIT MENGELUARKAN TOKSID & ANGIN
MENGEMBALIKAN FUNGSI ORGAN MENGOBATI PENYAKIT MERAWAT KESEHATAN

9 Fakta ilmiah tentang Bekam
(Diambil dari 300 penelitian yang dilakukan di Turki, Syiria, Jerman yang dilakukan oleh Dokter Muslim) Pada kasus darah tinggi, tekanan kembali menjadi normal Perbaikan irama jantung pada alat rekam jantung Penurunan kadar gula darah pada kasus kencing manis Peningkatan sel darah putih pada kasus infeksi paru Penurunan asam urat Penurunan enzim liver pada kasus penyakit liver

10 Penelitian Dr.’Abdul Jawwad Ash Showi
di Rumah sakit militer Arab saudi terhadap 70 pasien PENYAKIT JUMLAH DENGAN BEKAM BEKAM DAN TERAPI LAIN TINGKAT KEBERHASILAN Rasa nyeri yang ditimbulkan tulang, nyeri haid, dll 29 11 18 15 Membaik secara menyolok, 14 membaik saja Kerusakan fungsi (migrain, gannguan usus, rematik dll) 32 27 5 23 Membaik secara menyolok, 8 membaik saja, 1 gagal Penyakit yang disertai perubahan patologis (penyakit paru, pencernaan, kulit) 9 - 1 orang membaik secara menyolok dan 8 membaik Jumlah 70 38 56% membaik secara mencolok, 43% membaik, 1 % gagal

11 PERBEDAAN DARAH Donor Darah Darah yang Dibekam
Mengeluarkan HDL dan LDL Mengeluarkan LDL saja Mengeluarkan Sel Darah Putih Tidak mengeluarkan Sel Darah Putih Mengeluarkan semua mineral dan zat dalam tubuh Mengeluarkan zat besi yang berlebihan Semua yang keluar sama seperti darah yang keluar waktu luka Mengeluarkan racun/ toksin dari tubuh dengan kepekatan tinggi.

12 TINDAKAN PENYEMBUHAN BEKAM
ACCUPRESSURE RANGSANGAN PADA TITIK AKUPUNTUR PELEPASAN DARAH HOMEOPATI

13 WAKTU TERBAIK Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa berbekam pada tanggal 17, 19 dan 21 (bulan Hijriyah), maka dia akan sembuh dari setiap penyakit.” (H.R. Abu Dawud) Ibnu Sina dalam kitabnya “Al Qanun” menerangkan waktu yang paling baik untuk berbekam adalah pada pukul sore karena pada waktu itu pembuluh darah sedang mengembang sehingga akan efektif dalam mencapai tujuan orang berbekam.

14 TITIK BEKAM TITIK NABI TITIK MEREDIAN TITIK ORGAN TITIK JAUH
TITIK SAKIT

15 ’Ummu Mughits (puncak kepala) Al Akhdain (dua urat leher)
TITIK BEKAM 1 ’Ummu Mughits (puncak kepala) Al Akhdain (dua urat leher) Al Kaahil (punuk) Al Katifain (bahu) ’Ala warik (pinggang) ‘Ala dzohril qadami 2 2 3 4 4 5 5 6 6

16 TITIK TERLARANG LUBANG ALAMIAH LIMPATIK VARICES

17 TIDAK BOLEH DIBEKAM WANITA HAMIL (DI PERUT) ORANG TUA YANG SUDAH LEMAH
TERLALU LAPAR ATAU TERLALU KENYANG

18 SATU SET ALAT BEKAM LANCING DEVICE JARUM LANCET SARUNG TANGAN MASKER
PERALATAN SATU SET ALAT BEKAM LANCING DEVICE JARUM LANCET SARUNG TANGAN MASKER MINYAK TISSU DISINFEKTAN

19 RENDAM PERALATAN DALAM CAMPURAN CLORIN CUCI DENGAN CAIRAN PENCUCI
STRELISASI ALAT RENDAM PERALATAN DALAM CAMPURAN CLORIN CUCI DENGAN CAIRAN PENCUCI BILAS DI AIR MENGALIR (PANCURAN) RENDAM DENGAN AIR PANAS

20 STANDAR OPERASIONAL BEKAM
( SOB )

21 UNTUK PEMBEKAM Lakukan wawancara mengenai riwayat kesehatan pasien. Lakukan pemeriksaan / diagnosa tanda vital dan fisik pasien dan catat dalam lembar pemeriksaan. Jelaskan kepada pasien tentang segala sesuatu tentang bekam dan pastikan pasien sudah mengisi lembar persetujuan tindakan. Siapkan dan periksa semua perlengkapan yang akan di gunakan untuk membekam. Cuci tangan dengan sabun / disinfektan sebelum dan sesudah bekam. Tentukan titik yang akan di bekam, bersihkan dan disinfeksi daerah tersebut. Sebaiknya lakukan pembekaman di titik – titik bekam yang disunnahkan. Titik – titik pembekaman wajib di awasi oleh pembekam sejak awal hingga akhir selama proses pembekaman. Perhatikan dan komunikasikan mengenai kondisi pasien selama pembekaman, seperti kenyamanan dan keadaan fisik. Berikan anjuran untuk terapi herbal dan kapan waktu berbekam lagi.

22 UNTUK PASIEN Tidak makan jam sebelum di bekam 1 jam sebelumnya mandi terlebih dahulu, mengingat setelah di bekam tidak di anjurkan mandi 2 -3 jam sesudahnya. Di anjurkan untuk berwudlu dan sholat sunat bagi yang muslim. Berdoalah kepada Allah dan perbanyak istigfhar selama proses pembekaman. Tidak di anjurkan berbekam bagi pasien yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah dan datang bulan. Jangan melakukan kegiatan lain ketika di bekam, merokok, dan yang lainnya. Minumlah madu, habbasauda, Zaitun atau herbal lainnya setelah di bekam Komunikasikan dengan pembekam jika dirasa ada yang kurang nyaman selama pembekaman. Setelah di bekam jangan melakukan aktifitas yang cukup menguras energi seperti olah raga, berhubungan suami istri, pergi ke tempat yang jauh. Lakukan terapi Bekam secara rutin, minimal 1 bulan sekali, terutama tanggal 17, 19, dan 21 bln hijriyah. Komsumsilah herbal – herbal untuk menjaga kesehatan sehari- hari dan jangan lupa tingkatkan amal ibadah.

23 Keadaan yang MUNGKIN timbul semasa atau selepas dibekam
Tindakan Perawat 1. Pastikan pesakit baring dan rehat seketika dan berikannya air madu 2.Jangan Panik Pastikan Pasien aman , berikan oksigen bebas sebanyak-banyaknya,sapukan air di atas muka, tekan pada titik antara bibir & hidung 3. Sapu minyak but-but 4. Gosok-gosok di tempat ngilu dengan minyak but-but 5. Sediakan Kopi Radix dicampurkan Madu Lebah dan pastikan pesakit minum. 1. Pasien Pening 2. Pingsan 3. Kulit merah atau gatal 4. Kulit benjol 5. Ngilu / pegal 6. Lapar atau dahaga

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33


Download ppt "AL-HIJAMAH (BEKAM)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google