Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Desa Digital Upaya Telkom Menjembatani Kesenjangan Digital PT. Telkom Divre 4 Jateng dan DIY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Desa Digital Upaya Telkom Menjembatani Kesenjangan Digital PT. Telkom Divre 4 Jateng dan DIY."— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Desa Digital Upaya Telkom Menjembatani Kesenjangan Digital PT. Telkom Divre 4 Jateng dan DIY

2 Latar belakang Densitas telepon di Jateng-DIY yang masih sangat rendah, 2%.Densitas telepon di Jateng-DIY yang masih sangat rendah, 2%. Penggunaan internet yang masih rendah, 0,1% dari populasi (dihitung dari akses Telkomnet Instan)Penggunaan internet yang masih rendah, 0,1% dari populasi (dihitung dari akses Telkomnet Instan) Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi masih didominasi penduduk perkotaan (85%).Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi masih didominasi penduduk perkotaan (85%). Masih banyak desa yang belum terjamah teknologi informasi dan komunikasi.Masih banyak desa yang belum terjamah teknologi informasi dan komunikasi. Ketersediaan akses informasi dan komunikasi dapat meningkatkan perekonomian dan bermacam peluang.Ketersediaan akses informasi dan komunikasi dapat meningkatkan perekonomian dan bermacam peluang. Perlu upaya semua pihak untuk menjembatani kesenjangan digital baik karena kendala ekonomi maupun geografis.Perlu upaya semua pihak untuk menjembatani kesenjangan digital baik karena kendala ekonomi maupun geografis.

3 World Wide Digital Divide Fact Only 6% (429 Million) of the world populations who has online accessOnly 6% (429 Million) of the world populations who has online access 20% of world’s online populations are in Asia.20% of world’s online populations are in Asia. Reason those who don’t go online :Reason those who don’t go online : –40% lack of need –33% no PC –25% no interest –25% lack of knowledge for use –16% cost involved

4 Jawa Tengah Fact Densitas fixed phone masih sangat rendah, 2% (35juta populasi Jateng, 680K SST).Densitas fixed phone masih sangat rendah, 2% (35juta populasi Jateng, 680K SST). Dari 680K sst, hanya 50K (7,3%) yang sudah online internet via Telkomnet Instan atau 0,1 % dari populasi.Dari 680K sst, hanya 50K (7,3%) yang sudah online internet via Telkomnet Instan atau 0,1 % dari populasi. Dari 0,1% populasi TelkomNet Instan tersebut, 85% adalah pengguna kota besar (data billing).Dari 0,1% populasi TelkomNet Instan tersebut, 85% adalah pengguna kota besar (data billing). Komunitas kota kecil pedesaan sangat sedikit yang menggunakan internet.Komunitas kota kecil pedesaan sangat sedikit yang menggunakan internet. Potensi populasi pengguna pedesaan cukup besar.Potensi populasi pengguna pedesaan cukup besar.

5 Tujuan Program Pengembangan akses teknologi infomasi dan komunikasi di lokasi pedesaan dan remote area.Pengembangan akses teknologi infomasi dan komunikasi di lokasi pedesaan dan remote area. Sebagai sarana edukasi pelanggan dalam memanfaatkan jasa infokom.Sebagai sarana edukasi pelanggan dalam memanfaatkan jasa infokom. Meningkatkan citra Telkom dalam pengentasan kesenjangan digital dengan peningkatan perekonomian melalui teknologi infokom.Meningkatkan citra Telkom dalam pengentasan kesenjangan digital dengan peningkatan perekonomian melalui teknologi infokom. Pembentukan komunitas internet pedesaan.Pembentukan komunitas internet pedesaan.

6 Sasaran Program Pengenalan penggunaan internet yang aplikatif di kalangan pedesaan.Pengenalan penggunaan internet yang aplikatif di kalangan pedesaan. Segmen Penggunaan berusia remaja, menengah dan produktif.Segmen Penggunaan berusia remaja, menengah dan produktif. Penggelaran program via Catels.Penggelaran program via Catels.

7 Visi dan Misi Visi :Visi : –Menjadikan teknologi informasi dan telekomunikasi sebagai nilai tambah ekonomi daerah Misi :Misi : –Memberikan layanan telekomunikasi dan teknologi informasi dengan kualitas yang prima dan harga kompetitif, bersama instansi dan pemda menggali semua potensi daerah yang ada dengan memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi, menjadikan lembaga swadaya masyarakat, instansi dan pemda sebagai Business Partner yang sinergi.

8 Manfaat bagi Masyarakat Akses informasi dan komunikasi membuka berbagai peluang dan peningkatan perekonomian.Akses informasi dan komunikasi membuka berbagai peluang dan peningkatan perekonomian. –Peningkatan pengetahuan melalui training teknologi yang murah (tidak perlu ke kota). –Komunikasi dan pengiriman berita dengan kerabat diluar menjadi lebih cepat. –Layanan penyewaan PC dan pencetakan yang murah. –Peluang pengembangan bisnis training, wartel dan warnet di pedesaan. –Akses informasi harga pertanian untuk mengurangi ketergantungan perantara.

9 Manfaat bagi Telkom Penetrasi pasar.Penetrasi pasar. Peningkatan citra Telkom.Peningkatan citra Telkom.

10 Paket Layanan Desa Digital Paket pengembangan Desa Digital dengan fasilitas :Paket pengembangan Desa Digital dengan fasilitas : –Akses telepon via kabel maupun Flexi. –PC multimedia dengan akses TelkomNet Instan maupun TelkomNet Flexi. –Layanan penyewaan PC untuk akses internet (browsing, pengiriman berita/foto), pengetikan, training dan pencetakan.

11 Perangkat yang dibutuhkan Perangkat wartel (KBU, pesawat, billing)Perangkat wartel (KBU, pesawat, billing) Perangkat PC multimedia (termasuk kamera)Perangkat PC multimedia (termasuk kamera) Perangkat printer untuk pencetakanPerangkat printer untuk pencetakan RuanganRuangan

12 Bisnis Model Investasi perangkat oleh pemilik / pemerintah setempat (bantuan NGO dapat dimanfaatkan).Investasi perangkat oleh pemilik / pemerintah setempat (bantuan NGO dapat dimanfaatkan). Sharing Warung Telkom.Sharing Warung Telkom. Diskon akses TelkomNet Instan 40% untuk PKS setahun pertama.Diskon akses TelkomNet Instan 40% untuk PKS setahun pertama. Training awal dan ToT oleh Telkom.Training awal dan ToT oleh Telkom.

13 Aplikasi yang ditawarkan Layanan telepon dan fax.Layanan telepon dan fax. Pencarian informasi (browsing, misal pencarian info harga pertanian, cuaca, dll).Pencarian informasi (browsing, misal pencarian info harga pertanian, cuaca, dll). Korespondensi ( , forum diskusi, chat, dll)Korespondensi ( , forum diskusi, chat, dll) Pengiriman pesan via internet (misal u/ kirim foto ke keluarga TKW di LN).Pengiriman pesan via internet (misal u/ kirim foto ke keluarga TKW di LN). Layanan penyewaan, training dan pencetakan komputer.Layanan penyewaan, training dan pencetakan komputer.

14 Action Plan Desa Digital Pilot Desa Candirejo, Mungkid.Pilot Desa Candirejo, Mungkid. Target s/d 2005 adalah 28 desa/kelurahan.Target s/d 2005 adalah 28 desa/kelurahan. Edukasi pelanggan dan ToT oleh Telkom (by Catels).Edukasi pelanggan dan ToT oleh Telkom (by Catels). Operasionalisasi oleh Kelurahan/Pengusaha setempat.Operasionalisasi oleh Kelurahan/Pengusaha setempat. Pembentukan komunitas pedesaan.Pembentukan komunitas pedesaan.

15 DESA DIGITAL DI JAWA TENGAH & POTENSI UTAMA s/d SEMESTER – I Desa Jekulo – Kudus ; Potensi dari desa ini adalah : pertanian, yaitu Padi Tebu dan Tembakau. 2.Desa Tumang – Boyolali ; Potensi dari desa ini adalah Industri Tembaga 3.Desa Sangiran – Sragen; Potensi dari desa ini adalah wisata purbakala 4.Desa Candirejo – Magelang ; Potensi dari desa ini adalah pertanian, desa wisata borobudur. 5.Desa Bojong – Slawi ; Potensi dari desa ini adalah perkebunan teh poci, agrobisnis 6.Desa Salem – Brebes ; Potensi dari desa ini adalah home industri telur asin, pertanian bawang 7.Desa Kalibening – Pekalongan ; Potensi dari desa ini adalah pertanian salak, pertenakan sapi untuk susu, dan wisata air terjun. 8.Desa Kampung Laut – Cilacap ; Potensi dari desa ini adalah tambak udang, industri terasi

16 DESA DIGITAL DI JAWA TENGAH & POTENSI UTAMA s/d SEMESTER – I Desa Nyatnyono Ungaran - Semarang ; Potensi dari desa ini wisata regilius, 10.Desa Limpung – Batang ; Potensi dari desa ini eksport Mlinjo, 11. Desa Kaligondang – Purbalingga ; Potensi dari desa ini sentra buah- 2an dan pertanian, 12.Desa Manyaran – Wonogiri ; Potensi dari desa ini kerajinan tangan (Wayang kulit), 13.Desa Bandungan – Bandungan ; Potensi dari desa ini daerah wisata dan pertanian.

17 Hasil Binaan Desa Digital dengan Pengembangan Bisnis Wartel & Warnet Layanan Desa Digital yang menunjukan kinerja baik adalah Desa Digital Tumang di BoyolaliLayanan Desa Digital yang menunjukan kinerja baik adalah Desa Digital Tumang di Boyolali Layanan yang dimanfaatkan untuk mengentaskan kesenjangan & peningkatan perekonomian di desa-desa terpencil, adalah Wartel & WarnetLayanan yang dimanfaatkan untuk mengentaskan kesenjangan & peningkatan perekonomian di desa-desa terpencil, adalah Wartel & Warnet

18 KINERJA PENDAPATAN DESA DIGITAL TUMANG s.d JUNI 2005 DIGITAL VILLAGE KSU BMT TUMANG BULANKANCATELNOTELNAMAABONLOKALSLJJ LOKAL STB SLJJ STB TENI TOTAL PENDAPATAN Pebrua riBOYOLALI Desa Digital Tumang Boyolali48,10016,2501,476, ,04651,6441,595,460 MaretBOYOLALI Desa Digital Tumang Boyolali48,10010,7503,313, ,8551,447,5974,830,910 AprilBOYOLALI Desa Digital Tumang Boyolali48,10014,75074,0692,63227,109303,670470,330 MeiBOYOLALI Desa Digital Tumang Boyolali48,1007, ,26023,01086,409 JuniBOYOLALI Desa Digital Tumang Boyolali48, ,570178,420

19 Kesimpulan Layanan Desa Digital sangat bermanfaat untuk mengentaskan kesenjangan digital di desa-desa terpencil.Layanan Desa Digital sangat bermanfaat untuk mengentaskan kesenjangan digital di desa-desa terpencil. Dengan adanya Desa Digital akan membuka berbagai kemungkinan peluang dan layanan disamping peningkatan perekonomian.Dengan adanya Desa Digital akan membuka berbagai kemungkinan peluang dan layanan disamping peningkatan perekonomian.


Download ppt "Pengembangan Desa Digital Upaya Telkom Menjembatani Kesenjangan Digital PT. Telkom Divre 4 Jateng dan DIY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google