Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

P E M B U K U A N Oleh: YAS. Pengertian (pasal 6 (2) KUHD) Setiap orang yang menjalankan perusahaan, ia pun tentang keadaan kekayaanya dan tentang segala.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "P E M B U K U A N Oleh: YAS. Pengertian (pasal 6 (2) KUHD) Setiap orang yang menjalankan perusahaan, ia pun tentang keadaan kekayaanya dan tentang segala."— Transcript presentasi:

1 P E M B U K U A N Oleh: YAS

2 Pengertian (pasal 6 (2) KUHD) Setiap orang yang menjalankan perusahaan, ia pun tentang keadaan kekayaanya dan tentang segala sesuatu berkenaan dengan perusahaan ini diwajibkan, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, membuat catatan-catatan dengan cara demikian, sehingga sewaktu- waktu dari catatan-catatan itu dapat diketaui segala hak dan kewajibannya. Setiap orang yang menjalankan perusahaan, ia pun tentang keadaan kekayaanya dan tentang segala sesuatu berkenaan dengan perusahaan ini diwajibkan, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, membuat catatan-catatan dengan cara demikian, sehingga sewaktu- waktu dari catatan-catatan itu dapat diketaui segala hak dan kewajibannya. Kewajiban membuat pembukuan diatur dalam ps 6(2) KUHD. Kewajiban membuat pembukuan diatur dalam ps 6(2) KUHD. Pembukuan dibuat tiap tahun dan ditangani oleh si pembuat atau si pengusaha. Pembukuan dibuat tiap tahun dan ditangani oleh si pembuat atau si pengusaha. KUHD tidak menyebutkan secara tegas tata cara membuat pembukuan. KUHD tidak menyebutkan secara tegas tata cara membuat pembukuan. Menurut Polak, pembukuan harus memuat Menurut Polak, pembukuan harus memuat seluruh harta kekayaan, bagian bagianya dan harganya, seluruh harta kekayaan, bagian bagianya dan harganya, Segala hutang dan saldonya Segala hutang dan saldonya

3 Menurut Ps 6 (3) KUHD segala catatan dan neraca pembukuan harus disimpan selama 30 tahun setelah itu baru boleh dihapuskan. Hal ini berkaitan dengan gugatan dalam ps 1967 BW segala catatan dan neraca pembukuan harus disimpan selama 30 tahun setelah itu baru boleh dihapuskan. Hal ini berkaitan dengan gugatan dalam ps 1967 BW surat keluar/masuk dan harkat-harkat disimpan selama 10 tahun surat keluar/masuk dan harkat-harkat disimpan selama 10 tahun Catatan pembukuan ini bersifat rahasia, hanya orang yang berkepentingan yang boleh melihatnya, yaitu : Catatan pembukuan ini bersifat rahasia, hanya orang yang berkepentingan yang boleh melihatnya, yaitu : hakim, berwenang memerintahkan untuk mewujudkan dan membuka pembukuan (ps 8 (2) KUHD) hakim, berwenang memerintahkan untuk mewujudkan dan membuka pembukuan (ps 8 (2) KUHD) Ahli waris pesero yang berkepntingan Ahli waris pesero yang berkepntingan Pengurus pembukuan Pengurus pembukuan Seorang yang menangani masalah kepaiklitan perseroan tersebut. Seorang yang menangani masalah kepaiklitan perseroan tersebut. Seorang pengusaha yang tidak mau memperlihatkan pembukuanya akan mendapat sanksi : - Secara perdata, dihukum untuk membayar ganti rugi, bunga - Secara perdata, dihukum untuk membayar ganti rugi, bunga atau uang paksa atau uang paksa - Secara pidana, melanggar pasal 39 (3) KUHP diancam dengan - Secara pidana, melanggar pasal 39 (3) KUHP diancam dengan hukuman 1 tahun 4 bulan. hukuman 1 tahun 4 bulan.

4 Kegunaan Pembukuan sebagai jaminan bagi kreditur (ps 1131 BW dan 1132 BW) sebagai jaminan bagi kreditur (ps 1131 BW dan 1132 BW) Untuk mengetahui laba/rugi perusahaan Untuk mengetahui laba/rugi perusahaan Sebagai alat bukti di pengadilan. Sebagai alat bukti di pengadilan.

5


Download ppt "P E M B U K U A N Oleh: YAS. Pengertian (pasal 6 (2) KUHD) Setiap orang yang menjalankan perusahaan, ia pun tentang keadaan kekayaanya dan tentang segala."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google