Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Strategi Membaca SQRW Oleh: Shinta Widyanti 0605142/17.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Strategi Membaca SQRW Oleh: Shinta Widyanti 0605142/17."— Transcript presentasi:

1 Strategi Membaca SQRW Oleh: Shinta Widyanti /17

2 Pengertian SQRW adalah suatu strategi 4 langkah untuk membaca dan mengambil catatan dari bab dalam suatu buku teks. Penggunaan SQRW akan membantu kamu untuk memahami apa yang kamu baca dan untuk menyiapkan suatu catatan tertulis dari apa yang kamu pelajari. Catatan tertulis akan sangat berharga ketika kamu berada dalam suatu diskusi dan saat kamu belajar untuk menghadapi suatu ujian.

3 Langkah-langkah SQWR: 1. Survei (Survey) Dengan survey akan membawa pikiran kamu untuk mengingat kembali apa yang telah kamu pahami tentang topik suatu bab dan mempersiapkan diri untuk lebih mempelajarinya. Mensurvei suatu bab, yaitu dengan: membaca judulnya, Pendahuluan, dan ringkasan atau kesimpulan. Juga membaca semua petunjuk visual seperti gambar, tabel, peta, dan/atau grafik dan membaca penjelsannya masing-masing. Dengan mensurvei suatu bab, kamu akan dengan cepat belajar apa yang dibahas dalam bab tersebut.

4 2. Pertanyaan (Question). Mempersiapkan pertanyaan yang muncul dari pikiranmu atas apa yang anda baca. Pertanyaan akan memberimu suatu tujuan untuk membaca dan membantumu memusatkan konsentrasi atas sesuatu yang anda baca. Format Pertanyaan dapat dilakukan dengan mengubah judul bab masing-masing ke dalam suatu pertanyaan. Gunakan kata-kata Apa?, kapan?, dimana?, mengapa?, atau bagaimana?. Jika suatu judul dinyatakan sebagai pertanyaan, gunakan pertanyaan itu. Ketika suatu judul berisi gagasan lebih dari satu, format suatu pertanyaan untuk masing-masing gagasan. Catatan: Jangan membentuk pertanyaan untuk Pengenalan, Ringkasan, atau Kesimpulan. 2. Pertanyaan (Question). Mempersiapkan pertanyaan yang muncul dari pikiranmu atas apa yang anda baca. Pertanyaan akan memberimu suatu tujuan untuk membaca dan membantumu memusatkan konsentrasi atas sesuatu yang anda baca. Format Pertanyaan dapat dilakukan dengan mengubah judul bab masing-masing ke dalam suatu pertanyaan. Gunakan kata-kata Apa?, kapan?, dimana?, mengapa?, atau bagaimana?. Jika suatu judul dinyatakan sebagai pertanyaan, gunakan pertanyaan itu. Ketika suatu judul berisi gagasan lebih dari satu, format suatu pertanyaan untuk masing-masing gagasan. Catatan: Jangan membentuk pertanyaan untuk Pengenalan, Ringkasan, atau Kesimpulan.

5 3. Baca (Read). Bacalah setiap Informasi dalam setiap judul untuk masing-masing pertanyaan yang kamu bentuk. Kamu boleh memutuskan untuk merubah suatu pertanyaan yang akan dijawab. Tetaplah fokus dan fleksibel, maka kamu dapat mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari setiap pertanyaan yang telah kamu bentuk sebelumnya

6 4. Tulis. Tulis pertanyaan beserta jawabannya didalam buku catatan mu. Kemudian dibaca kembali Pastikan semua jawaban pertanyaan dapat dibaca dan berisi semua informasi yang penting.

7 Sumber trategi-membaca-buku-teks.html

8 Selamat mencoba, dan mudah-mudahan berguna agar waktu yang kamu gunakan dalam membaca sesuatu lebih efisien dan efektif.

9


Download ppt "Strategi Membaca SQRW Oleh: Shinta Widyanti 0605142/17."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google