Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL."— Transcript presentasi:

1 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

2 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Menyamakan persepsi tentang konsep Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 2.Meminta masukan dan saran dari peserta ToT/Bintek tentang : a.Konsep Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa b.Kesulitan yang mungkin diperoleh dalam implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa di SMA c.Alternatif antisipasi dalamn mengatasi kesulitan di tataran implementasi d.Bagaimana 18 nilai budaya dan karakter diimplementasikan 3.Mempersiapkan rencana aksi di tingkat satuan pendidikan dalam implementasi Pendidikan budaya dan karakter bangsa

3 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS

4 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 yang mengamanatkan program penguatan metodologi dan kurikulum dengan cara menyempurnakan kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Implementasi kebijakan ini adalah bagaimana mengintegrasikan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pendidikan Direktorat Pembinaan SMA Subdit Pembelajaran mengembangkan integrasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran dengan mengacu pada konsep Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa yang telah ada. MENU

5 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kondisi riil : Pembangunan jati diri bangsa semakin memudar, yang disebabkan antara lain: kurangnya keteladanan, pemberitaan media cetak & elektronik yang tidak mendidik, pendidikan belum banyak memberi kontribusi optimal dalam pembentukan karakter peserta didik Perilaku siswa bukan hanya ditentukan oleh pendidikan yang diterima dari sekolah, tetapi pendidikan di keluarga dan masyarakat sangat memegang peran yang penting.

6 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Oleh karenanya pendidikan di setiap jenjang harus diselenggarakan secara terprogram dan sistematis mengarah kepada pencapaian tujuan pendidikan nasional, dengan mengintegrasikan muatan nilai- nilai budaya dan karakter bangsa, untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

7 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS BUDAYA Keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat. Sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan itu adalah hasil dari interaksi manusia dengan sesamanya dan lingkungan alamnya KARAKTER Watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak

8 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA Pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif, dan kreatif.

9 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional UU No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2005 – 2025 PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Perpres No. 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun Inpres No.1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pembangunan Nasional Tahun 2010 Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Permendiknas No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Permendiknas No, 2 Tahun 2010 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional

10 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Pengembangan : pengembangan potensi dasar peserta didik agar berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik Perbaikan : memperkuat dan membangun perilaku bangsa yang multikultur untuk menjadi bangsa yang bermartabat Penyaring : untuk menyaring budaya-budaya yang negatif dan menyerap budaya yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa untuk meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.

11 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mengembangkan potensi afektif peserta didik sebagai manusia dan warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa; Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius; Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggungjawab peserta didik sebagai generasi penerus bangsa Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan; Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan.

12 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 1 Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya. 2 Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. 3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.

13 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 4DisiplinTindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. 5Kerja kerasPerilaku yang menunjukkan upaya sungguh- sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. 6KreatifBerpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

14 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 7MandiriSikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. 8DemokratisCara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. 9Rasa ingin tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.

15 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 10Semangat kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. 11Cinta tanah air Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedu-lian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. 12Menghargai prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

16 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 13Bersahabat / komuni- katif Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. 14Cinta damai Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. 15Gemar membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

17 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NONILAIDESKRIPSI 16Peduli lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. 17Peduli sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 18Tanggung jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

18 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NOSKL SMANILAI KARAKTER 1 Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja Religius 2 Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya Menghargai prestasi 3 Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya Tanggung jawab 4 Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial Disiplin 5 Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global Toleransi

19 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NOSKL SMANILAI KARAKTER 6Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif Kreatif 7Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan Kreatif 8Menunjukkan kemampuan mengem- bangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri Gemar membaca 9Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik Menghargai prestasi 10Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks Kreatif

20 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NOSKL SMA NILAI KARAKTER 11 Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial Kreatif, Peduli lingkungan/ sosial 12 Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab Tanggung jawab, Peduli lingkungan 13 Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia Semangat kebangsaan Cinta tanah air 14 Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya Menghargai prestasi 15 Mengapresiasi karya seni dan budaya Menghargai prestasi 16 Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok Kreatif

21 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS NOSKL SMA NILAI KARAKTER 17 Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan Disiplin, Mandiri, Tanggung jawab 18Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun Bersahabat/ komunikatif 19 Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat Tanggung jawab 20Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain Toleransi, Demokratis 21Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis Gemar membaca Komunikatif 22Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris Gemar membaca, Komunikatif 23Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi Kerja keras, Mandiri, Tangung jawab. MENU

22 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS KEGIATAN KESEHARIAN DI RUMAH IIntegrasi ke dalam layanan konseling dan kegiatan ektrakurikuler misalnya Rohis, PMR, Olahraga, KIR, dsb. IIntegrasi ke dalam pembelajaran setiap mapel Pembiasaan dalam kehidupan keseharian di sekolah Penerapan pembiasaan kehidupan keseharian di rumah yang sama dengan di sekolah PENGEMBANGAN DIRI BUDAYA SEKOLAH: PEMBELAJARAN

23 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Berkelanjutan 2. Melalui semua mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah 3.Nilai tidak diajarkan tapi dikembangkan 4.Proses pendidikan dilakukan peserta didik secara aktif dan menyenangkan

24 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Buku Panduan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa 1.Terintegrasi dalam pembelajaran (intrakurikuler) 2. Melalui kegiatan pengembangan diri (layanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler) 3.Melalui budaya sekolah Hasil Rembuk Nasional 1.Terintegrasi dalam pembelajaran 2. Melalui kegiatan siswa 3.Melalui pembiasaan (habituasi)

25 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Visi 2.Misi 3.Tujuan Sekolah CONTOH VISI SEKOLAH Lembaga pendidikan yang menghasilkan pribadi- pribadi yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis, serta kompetitif CONTOH VISI SEKOLAH Lembaga pendidikan yang menghasilkan pribadi- pribadi yang cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis, serta kompetitif

26 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Menerima peserta didik tanpa memandang perbedaan agama, suku, dan jenis kelamin Menumbuhkembangkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta kepedulian kepada sesama dan lingkungannya. Menerapkan layanan pendidikan yang bermutu berpedoman pada nilai-nilai karakter dan Standar Nasional Pendidikan Mengembangkan potensi dan kreativitas peserta didik secara optimal agar mampu berkompetisi secara global dengan tetap berakar pada nilai-nilai agama, budaya dan karakter bangsa Indonesia Menciptakan budaya sekolah yang berpenampilan bersih, asri, dan menarik, pelayanan yang santun dan prima, serta prestasi di bidang akademik dan non akademik.

27 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Meningkatnya nilai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, toleransi, serta kepedulian sosial dan lingkungan. Terlaksananya layanan pendidikan yang bermutu, pengembangan nilai-nilai karakter, serta pencapaian Standar Nasional Pendidikan Berkembangnya potensi dan kreativitas lulusan yang mampu berkompetisi secara global dengan tetap menunjukkan jati dirinya Terciptanya sekolah yang berpenampilan bersih dan menarik, pelayanan prima yang santun, serta prestasi di bidang akademik dan non akademik

28 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Melakukan pemetaan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam SKL mata pelajaran, tujuan mata pelajaran, SK, dan KD. 2.Menentukan prioritas nilai-nilai yang akan dikembangkan 3.Memasukkan nilai-nilai yang diprioritaskan ke dalam silabus dan RPP 4.Menentukan indikator pencapaian nilai-nilai karakter dan mengembangkan instrumen penilaian 5.Melaksanakan pembelajaran mengacu pada Silabus dan RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa 6.Memberi bantuan kepada peserta didik yang belum menunjukkan internalisasi nilai-nilai karakter dengan menunjukkannya dalam perilaku.

29 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata Pelajaran: Biologi NoSKL Nilai Karakter 1 Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsir-kan dan menyajikan data secara sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Jujur, Komunikatif 3Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem Peduli lingkungan

30 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata Pelajaran : Biologi NoTujuan MapelNilai Karakter 1 Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa Religius 3Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Jujur, Komunikatif Gemar membaca 7Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem Peduli lingkungan

31 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata pelajaran: Biologi SKKDNilai Karakter 1.Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu (Kelas X/1) 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) Religius, Gemar membaca, Kreatif, Peduli lingkungan,

32 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata pelajaran : Biologi SKKDNilai Karakter 1.Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan (Kelas XII/1) 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pe-ngaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan Gemar membaca, Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Bersahabat/ komunikatif, Demokratis Tanggungjawab

33 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata Pelajaran : Biologi SKKDNilai Karakter 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem (Kelas X/2) 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan Peduli lingkungan Kreatif Komunikatif

34 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan bahan kajian. Mata pelajaran Biologi – salah satu mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran IPA. Karakteristik IPABahan kajian Biologi Prioritas nilai karakter yang dikembangkan Pengetahuan yang diperoleh melalui kerja ilmiah dengan menerapkan sikap ilmiah. Makhluk hidup dan lingkungannya Religius, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Jujur, Kreatif, Bersahabat/komunikatif, Peduli lingkungan

35 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS SKLTujuanSKKD Nilai Karakter 3. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem 7. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem (Kelas X/2) 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan peles-tarian ling- kungan Peduli lingkungan Kreatif Komunikatif Mata Pelajaran: Biologi

36 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaian AW (mnt) Sumber/ Bahan/ Alat Nilai Karakter 4.2 Menje- laskan keter- kaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan Kegiatan manusia dan masalah lingkungan o Keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan/ ekosistem  Melakukan pengamatan mengenai keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitar.  Mensyukuri kebera- daan dan keserasian hubungan/keterkaitan faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitarnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa  Menghargai setiap pendapat dalam diskusi Pengamatan sikap/perilaku afektif 2X45LoupReligius Nama Sekolah : Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X / 2 SK: Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem

37 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan PembelajaranIndikatorPenilaian AW (mnt) Sumber/ Bahan/ Alat Nilai Karakter o Manusia mempunyai peran yang penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan o Perusakan/pen cemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia o Upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan  Mendiskusikan dalam kelompok menggunakan LKS, foto/gambar untuk menemukan faktor penyebab kerusakan lingkungan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah.  Menyajikan hasil diskusi kelompok yang ditanggapi oleh anggota kelompok lain  Menghargai setiap pendapat dalam diskusi  Tidak memaksakan kehendak  Mengajukan pendapat/ ide dengan santun  Menerima kesepakat-an hasil diskusi Pengamatan sikap/perilaku afektif Catatan Anekdot LKS “Kerusakan lingkungan” Buku teks biologi Internet/ Situs-situs yang berkaitan dengan peran manusia dalam ekosistem Demokratis, Bersahabat Disiplin Kreatif, Bersahabat /komunikatif Demokratis dst

38 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS

39 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Mata Pelajaran: BiologiKelas/Semester : X / 2 KD: 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan Nilai karakterIndikator ReligiusMengaitkan keberadaan alam sekitarnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa DemokratisMenghargai perbedaan pendapat teman dalam berdiskusi, Menerima hasil kesimpula diskusi kelompok Peduli lingkunganMenjaga kebersihan lingkungan, Menghemat penggunaan air, Ikut menjaga kelestarian tumbuhan yang ada di sekolah dan disekitar rumahnya Dst

40 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Pendidikan budaya dan karakter bangsa tidak dinilai melalui ulangan/ujian Penilaian dilakukan secara terus menerus, melalui pengamatan dan catatan anekdot (anecdotal record) yaitu catatan yang dibuat guru ketika mengetahui perilaku peserta didik yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter yang dikembangkan. Selain itu, guru dapat pula memberikan tugas yang berisikan suatu persoalan atau kejadian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan nilai-nilai karakter yang dimilikinya. Berdasarkan hasil pengamatan, catatan anekdot, tugas-tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator nilai karakter.

41 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS Pertimbangan tersebut dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut.  BT: Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).  MT: Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).  MB: Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).  MK: Menjadi Kebiasaan/Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

42 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Naskah tentang Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa yang diekembangkan oleh Subdit Pembelajaran Direktorat PSMA Tahun 2011 (Ms. Word) terdiri dari dua, yaitu: a.Konsep Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa b.Juknis Implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran 2.Konsep yang dikembangkan pada kedua naskah tersebut merujuk pada: a.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. b.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. c.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai- Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas.

43 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS 1.Buatlah implementasi Pendikar dalam pembelajaran sesuai latar belakang mapel masing-masing, melaui; Pemetaan nilai karakter pada SKL mapel Pemetaan nilai karakter pada tujuan mapel Pemetaan nilai karakter pada SK-KD Pengintegrasian nilai karakter pada silabus dan RPP Rancangan penilain nilai karakter (terintegrasi pada RPP)

44 DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS


Download ppt "DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIRJEN DIKMEN KEMENDIKNAS DIREKTORAT PEMBINAAN SMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google