Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKONOMI PERUSAHAAN PETERNAKAN. SILABUS I. PENDAHULUAN II.LINGKUNGAN PERUSAHAAN III. BENTUK PEMILIKAN PERUSAHAAN IV. MANAJEMEN DAN ORGANISASI V.PERSONALIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKONOMI PERUSAHAAN PETERNAKAN. SILABUS I. PENDAHULUAN II.LINGKUNGAN PERUSAHAAN III. BENTUK PEMILIKAN PERUSAHAAN IV. MANAJEMEN DAN ORGANISASI V.PERSONALIA."— Transcript presentasi:

1 EKONOMI PERUSAHAAN PETERNAKAN

2 SILABUS I. PENDAHULUAN II.LINGKUNGAN PERUSAHAAN III. BENTUK PEMILIKAN PERUSAHAAN IV. MANAJEMEN DAN ORGANISASI V.PERSONALIA PERUSAHAAN VI. HUBUNGAN PERBURUHAN VII. AKUNTANSI BIAYA VIII. PEMBELANJAAN PERUSAHAAN IX. MANAJEMEN PRODUKSI

3 PENDAHULUAN A. Sifat dan Struktur Perusahaan  Definisi Perusahaan  Perusahaan adalah suatu lembaga yang diorganisir dan dijalankan untuk menyediakan barang dan jasa untuk masyarakat dengan motif keuntungan.  Lembaga terorganisir  diterima dalama tata kehidupan masyarakat.  Lembaga sosial  kegiatan-kegiatan perseorangan/golongan untuk mencapai tujuan yang sama.

4 Perbedaan perusahaan dengan lembaga sosial lainnya yaitu dapat dilihat dari:  Organisasinya.  Penggunaan sumber-sumber ekonominya  diarahkan untuk memperoleh laba/keuntungan, dimana profit atau keuntungan adalah dasar untuk hidupnya suatu perusahaan.  Tujuan-tujuan yang akan dicapai  perkembangan, prestise, service dan diterimanya lembaga dalam kehidupan masyarakat.

5 B. Unsur-unsur Pokok Perusahaan Peternakan Unsur-unsur pokok dalam suatu perusahaan peternakan yaitu:  Sumber-sumber ekonomi  Penggunaan sumber-sumber ekonomi  Kelembagaan  Tujuan

6 Penggunaan Sumber-sumber Ekonomi Untuk mewujudkan tujuan berupa :  hubungan antara sarana dan tujuan  sarana digunakan untuk mencapai tujuan  pencapaian tujuan dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan sumber-sumber ekonomi. Suatu perusahaan peternakan pernanannya dalam melayani masyarakat dilakukan dengan cara mengolah sumber-sumber ekonomi yang ada  barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan permintaan konsumen.

7 Sumber-sumber ekonomi yang diperlukan oleh perusahaan yaitu:  (1) Alam;  (2) Manusia;  (3) Kapital/modal;  (4) Ilmu pengetahuan / IPTEK; dan  (5) Sosial budaya.

8 Penggunaan sumber-sumber ekonomi oleh perusahaan yaitu berupa:  (1) Pembuatan barang dan jasa;  (2) Distribusi dan penjualan barang/jasa;  (3) Pengerjaan manusia;  (4) Pembiayaan perusahaan;  (5) Mengorganisir perusahaan;  (6) Akuntansi  analisa kegiatan;  (7) Memimpin perusahaan: menetapkan tujuan dan kebijaksanaan, perencanaan dan pengawasan, serta organisasi dan pengarahan.

9 Kerangka kelembagaan yang mempengaruhi bekerjanya perusahaan yaitu:  Lembaga-lembaga ekonomi  Lembaga-lembaga politik dan hukum  Lembaga-lembaga kebudayaan  Lembaga-lembaga agama dan standar etika  Lembaga-lembaga teknologi  Hubungan internasional  Kekuatan-kekuatan lain di sekitarnya

10 Sedangkan tujuan yang diinginkan perusahaan berupa:  hasil  barang dan jasa  pengasilan  keuntungan  kemajuan pabrik dan alat  kenaikan penghasilan  memperkuat pertahanan negara  penghargaan dan bantuan masyarakat  penghargaan internasional dan lain-lain.

11 Keterkaitan hubungan ilmu ekonomi perusahaan dan ilmu-ilmu lain ILMU EKONOMI PERUSAHAAN HUB.INTERNASIONAL ILMU POLITIK SOSIOLOGI PERILAKU MASYARAKAT MATEMATIKA & STAT -PROBLEM SOSIAL SCR KUANTITATIF EKONOMI MAKRO -PENDAPATAN NAS.,INVESTASI,KONSU MSI,PAJAK, EKSPOR,IMPOR EKONOMI MIKRO -PERILAKU PRODUSEN/KONSUMEN


Download ppt "EKONOMI PERUSAHAAN PETERNAKAN. SILABUS I. PENDAHULUAN II.LINGKUNGAN PERUSAHAAN III. BENTUK PEMILIKAN PERUSAHAAN IV. MANAJEMEN DAN ORGANISASI V.PERSONALIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google