Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Carl Cosaert, PhD, Kontributor Utama

5 "... kitab Galatia (ditambah surat Roma). Adalah penyebab lahirnya Protestanisme. Ketika Martin Luther membaca kitab Galatia maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) juga berhutang pada kitab Galatia. Dengan mempelajari kitab Galatia, E.J. Waggoner dan A.T. Jones telah menolong GMAHK pada tahun 1880-an dan 90-an menemukan kembali kebenaran dari kebenaran oleh iman (righteousness by faith). Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 "... kitab Galatia... padat dan jelas,... kaya akan tema-tema yang sangat berkuasa meskipun dibawakan dari sudut penggembalaan dan bersifat lebih pribadi...“ Pelajaran Sekolah Sabat Triwulan ini... memberikan kepada kita kesempatan untuk merefleksikan pengertian kita tentang Injil." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Injil Dalam Kitab Galatia Daftar Isi 1. Paulus: Rasul bagi Bangsa Non-Yahudi 2. Otoritas Paulus dan Injil 3. Kesatuan Injil 4. Pembenaran oleh Iman Saja 5. Iman Perjanjian Lama 6. Prioritas Janji 7. Jalan Menuju Iman 8. Dari Budak Menjadi Ahli Waris 9. Nasihat Penggembalaan Paulus 10. Dua Perjanjian 11. Kemerdekaan Dalam Kristus 12. Hidup oleh Roh 13. Injil dan Gereja 14. Bermegah dalam Salib

9 Pelajaran 9 Nasihat Penggembalaan Paulus

10 Kata-kata Pembuka Injil yang kita khotbahkan haruslah Injil yang kita hidupkan. Tidak ada yang benar-benar seindah seorang Kristen yang benar-benar jatuh cinta kepada Yesus Kristus dan berkomitmen untuk keselamatan umat manusia yang telah hilang

11 Paulus Sebagai Seorang Gembala... Setelah memberikan argumen rohani yang kuat, membuat imbauan yang mengharukan kepada orang Galatia, agar mereka tetap tinggal dalam Injil kasih kakrunia.

12 Sikap Paulus Sebagai Gembala Rasul Paulus tidak pernah semberono dalam cara dia menghidupkan imannya... Keinginan Paulus yang pertama dan terutama adalah untuk menyenangkan Allah Paulus terus menjangkau orang Galatia karena dia ingin Kristus sepenuhnya terbentuk di dalam mereka dan memerintah di dalam hati mereka

13 Ayat Hafalan “Aku minta kepadamu, saudara-saudara, jadilah sama seperti aku, sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu. Belum pernah kualami sesuatu yang tidak baik dari padamu.” Galatia 4:12

14 Pengantar 1.Disamping masalah teologi yang Paulus hadapi, kitab Galatia secara umum menunjukkan betapa pentingnyandoktrin yang benar itu...apa yang kita percayai sangat menentukan dalam kehidupan kita. 2.Dalam Galatia 4:12-20 Paulus membuat pendekatan yang sedikit berbeda... sekarang dia beralih kepada pendekatan dan nasihat penggembalaan. 3.Paulus menyatakan perhatian yang murni, rasa cemas, pengharapan, dan kasih sayang seorang gembala yang baik terhadap dombanya yang tersesat. Dia tidak hanya memperbaiki doktrin yang ada; dia juga ingin melayani mereka yang sangat dia kasihi.

15 Black Nasihat Penggembalaan Paulus Sekilas Pandang 1. Kepedulian Paulus Sebagai Gembala (GALATIA 4:12a) 2. Harapan Paulus Sebagai Gembala ( GALATIA 4:12b ) 3. Kasih Paulus Sebagai Gembala (Galatia 4:16)

16 Black Nasihat Penggembalaan Paulus 1. Kepedulian Paulus Sebagai Gembala (GALATIA 4:12a)

17 Galatia 4:12a “Aku minta kepadamu, saudara-saudara, jadilah sama seperti aku [bebas dari belenggu ritualisme dan upcara- upacra Yahudi....]"

18 Kerinduan Paulus Petunjuk awal mengenai pokok masalah yang menjadi perhatian Paulus ada pada permohonannya secara pribadi dalam ayat 12, “jadilah sama seperti aku” Perhatian Paulus bukan hanya mengenai masalah teologi dan tinjauan terhadap doktrin saja. Hatinya terpaut pada kehidupan jiwa-jiwa yang telah dibawa kepada Kristus melalui pelayanannya

19 Kepedulian Paulus: Sebagai seorang Gembala yang telah mengawali pekerjaan Injil dan membangun jemaat Galatia, Paulus sangat peduli dan memperhatikan jemaat Galatia: 1, Dia menganggap dirinya lebih dari sekedar hanya seorang sahabat bagi orang kristen Galatia 2.Dia adalah Bapa Rohani orang Galatia dan mereka dianggapnya sebagai anak-anaknya 3. Perasaan Paulus terhadap jemaat Galatia dia gambarkan seperti penderitaan ibu yang sedang melahirkan (Galatia 4:9) 4.Paulus berusaha untuk menuntun jemaat Galatia yang telah menyimpang dari kebenaran.

20 Apakah yang Paulus Harapkan dari orang Kristen Galatia? Galatia 4:19 Ungkapan “sampai rupa Kristus Menjadi nyata di dalam kamu.” dalam ayat 19 ini Menekankan bahwa: “Menjadi seorang pengikut Kristus lebih daripada sekadar pengakuan iman; hal itu melibatkan perubahan radikal menuju keserupaan dengan tabiat Kristus.”

21 ,, kkkk ADAPT it! Teaching Approach Leon Morris, Galatians, hlm. 142 Paulus tidak “hanya mencari alternative dalam jemaat Galatia melainkan sebuah perubahan, sehingga dengan melihat mereka, orang akan dapat melihat Kristus.”

22 Sebagai Seorang Gembala Paulus mendorong umat Kristen untuk meneladani dirinya: 1. Kepada jemaat Tesalonika dia menawarkan dirinya untuk menjadi teladan mereka, tidak menjadi beban bagi orang lain (2 Tes 3:7-9) 2. Kepada jemaat Korintus, dia mengajak mereka untuk mengikuti dia menempatkan kepentingan orang lain lebih dulu.” (1 Korintus 11:1)

23 Bagaimana dengan Jemaat Galatia, Apa yang ditawarkan Paulus bagi Jemaat Galatia? Paulus tidak meminta jemaat Galatia untuk “meniru”dia, tetapi Paulus meminta agar mereka benar-benar “menjadi sama seperti dia” (Galatia 4:12)

24 Mengapa Paulus Meminta Jemaat Galatia bukan hanya sekedar“meniru” dia tetapi harus “seperti” dia “Paulus... meminta jemaat Galatia untuk benar- benar “menjadi seperti” dia—yang dia bicarakan disini... bukan sekadar perilaku secara luar. Mengapa? Kesulitan di jemaat Galatia bukan pada perilaku yang tidak etis atau gaya hidup yang keterlaluan, seperti yang ada di jemaat Korintus. Pokok masalah di jemaat Galatia berakar pada inti Kekristenan itu sendiri. Hal itu lebih kepada “perubahan secara menyeluruh” dan bukan hanya “perilaku” saja.” Pel SSD, Senin 21 November 2011

25 Mengapa Paulus Meminta Jemaat Galatia bukan hanya sekedar“meniru” dia tetapi harus “seperti” dia Paulus ingin menunjuk kepada pengalamannya sebagai orang Kristen, yang bersandar kepada Kristus saja, iman yang percaya kepada apa yang telah Kristus telah kerjakan bagi dia dan bukan kepada penurutannya pada hukum. Dia tidak ingin Jemaat di Galatia lebih berfokus pada perilaku mereka secara luar dan bukan pada identitas mereka di dalam Kristus.

26 Pelajaran SSD, Senin 21 November 2011 “Karena perhatiannya terfokus kepada agama yang berpusat kepada hukum Taurat seperti yang dia dapati di Galatia, Paulus tentu saja dalam pikirannya memiliki kAasih yang ajaib, sukacita, kebebasan, dan kepastian akan keselamatan yang dia temukan dalam Yesus Kristus. Menyadari bahwa keajaiban Kristus itu melebihi segala sesuatu... dia sangat rindu agar jemaat Galatia dapat memiliki pengalaman yang sama.”

27 Black Nasihat Penggembalaan Paulus 2. Harapan Paulus Sebagai Gembala ( GALATIA 4:12b )

28 Galatia 4:12b “Aku minta kepadamu, saudara-saudara, jadilah sama seperti aku [bebas dari belenggu ritualisme dan upcara-upacra Yahudi....]“, sebab aku pun telah menjadi sama seperti kamu [seorang kafir atau bukan Yahudi]

29 Dalam hal apakah sebenarnya Paulus inginkan agar orang Galatia itu seperti dirinya? Paulus menginginkan agar mereka menjadi sama seperti dia dalam dalam iman yang sempurna dan keyakinannya pada kelimpahan yang Kristus sediakan bagi keselamatan kita.

30 ,, kkkk ADAPT it! Teaching Approach Paulus Menjadi sama seperti Orang Galatia Mengapa jemaat Galatia harus menjadi seperti Paulus, jika dia sendiri telah menjadi seperti mereka? Paulus telah menjadi bangsa non-Yahudi yang “tidak memiliki hukum Taurat” (walaupun sebenarnya dia adalah orang Yahudi) agar dia dapat menjangkau bangsa-bangsa lain yang ada di sekitar mereka dengan Injil...meskipun Injil itu tetap sama, metode Paulus berubah-ubah tergantung pada orang yang hendak dia jangkau.

31 Paulus Sebagai Perintis Model Penginjilan Kontekstualisasi Metode penginjilan Paulus sebagai seorang gembala (penginjil) berbeda-beda sesuai dengan orang-orang yang akan dia jangkau. (Baca 1 Korintus 9:19-23) Paulus menyadari ada batasan dalam menjalankan metode komtekstualisasi dalam menginjil.

32 Pelajaran SSD, Selasa 22 November 2011 “...sementara orang dapat menjangkau orang Yahudi dan non-Yahudi dengan cara yang berbeda-beda, kebebasan ini bukanlah menjadi kesempatan untuk menghidupkan satu gaya hidup yang tidak taat kepada hukum, sebab umat Kristen ada di bawah “hukum Kristus.”

33 Timothy George Meskipun kontekstualisasi tidak mudah, “sejauh kita dapat memisahkan inti Injil dari kemasan budaya, kontekstualisasi dalam mewartakan Kristus tanpa mengkompromi isi Injil itu, harus kita lakukan dengan meniru teladan Paulus.” Galatians, hlm.321, 322.

34 Black Nasihat Penggembalaan Paulus 3. Kasih Paulus Sebagai Gembala (Galatia 4:16)

35 Galatia 4:16 “Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?”

36 Apakah yang mendorong orang Galatia menerima Injil yang disampaikan Paulus? Galatia 4:13 Penyakit Paulus, sangat tidak menyenangkan... hal itu menjadi cobaan bagi jemaat Galatia... Namun mereka menerima Paulus dengan sepenuh hati. Mengapa? Apakah alasan yang dapat mereka berikan sekarang untuk perubahan sikap mereka? Sebab hati mereka telah dihangatkan oleh pemberitaan tentang salib dan diyakinkan oleh Roh Kudus.

37 Pelajaran SSD, Rabu 23 November 2011 “Penyakit yang diderita oleh Paulus,... bisa saja menjadi alasan bagi dia untuk mempersalahkan Allah atas masalah-masalah yang dialaminya atau berhenti mengkhotbahkan Injil. Namun, Paulus tidak melakukannya. Gantinya membiarkan situasi tersebut menjadi penghalang baginya, Paulus menggunakan situasi itu menjadi sebuah kesempatan untuk bersandar sepenuhnya pada kasih karunia Allah.”

38 ,, kkkk ADAPT it! Teaching Approach Paulus dan Penyakit yang dideritanya “Berulangkali Allah menggunakan berbagai kesulitan hidup—penyakit, penganiayaan, kemiskinan, bahkan bencana alam dan musibah yang tidak dapat dipahami—sebagai suatu peristiwa untuk memperagakan rahmat dan kasih karunia-Nya dan mejadikannya sebagai suatu sarana untuk meninggikan Injil.”—Timothy George, Galatians, hlm. 323, 324.

39 DISKUSIKAN Bagaimanakah kita dapat belajar untuk menjadikan pencobaan, penderitaan dan berbagai masalah atau kesulitan yang kita alami sebagai suatu sarana agar kita dapat lebih bersandar pada Tuhan?

40 Mengatakan Kebenaran Pernyataan “mengatakan kebenaran” seringkali memiliki konotasi negative,... hal itu dapat dilihat sebagai pukulan keras, tidak pandang bulu, sebagai suatu taktik menghancurkan lawan dengan menceritakan fakta yang sebenarnya, meskipun hal itu sangat tidak menyenangkan dan tidak diinginkan.

41 Apakah Alasan Paulus untuk “Mengatakan Kebenaran” Mengenai Jemaat Galatia? Galatia 4:16 Jawab: Karena Paulus mengasihi mereka “betapa sakitnya saat harus menghukum seseorang atau dengan kata lain membicarakan kebenaran kepada mereka—apapun alasannya—namun mereka tidak menerima? Kita melakukan hal itu karena kita peduli pada mereka, dan bukan untuk menyakiti mereka, meskipun seringkali perkataan kita menimbulkan perasaan sakit hati dan bahwa kemarahan atau kedendaman. Kita tetap melakukannya, karena kita mengetahui bahwa kebenaran itu perlu di dengar oleh orang tersebut, meskipun dia mungkin menolaknya.”

42 Ellen G. White “Dalam siding-sidang di Galatia,... alasan iman yang benar, telah ditolak untuk upacara-upacara tradisional Yahudi... Paulus memohon kepada mereka yang sekali waktu pernah hidup di dalam kuasa Allah, untuk kembali pada kasih mereka yang semula atas Injil kebenaran... Ucapan permohonan rasul yang sungguh-sungguh tidaklah sia-sia. Roh Suci bekerja dengan kuasa ajaib, dan banyak yang kakinya telah melangkah ke jalan yang salah kembali kepada iman mereka terdahulu di dalam Injil. Mulai saat itu mereka berdiri teguh di dalam kemerdekaan karena Kristus telah membebaskan mereka.” Alfa dan Omega, jld.7, hlm. 324, 326.

43 RANGKUMAN Setelah membuat sejumlah argumen teologi yang sangat rumit dan mendetail, Paulus melakukan pendekatan yang lebih pribadi dan emosional kepada jemaat Galatia. Dia memohon agar mereka mau mendengarkan nasihatnya, mengingatkan mereka kembali akan hubungan baik yang pernah mereka jalin dan tentang kasih serta perhatian yang tulus yang yang dia miliki untuk mereka sebagai orangtua rohani mereka.

44 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sebagai seorang gembala Paulus tidak hanya peduli kepada masalah teologi atau doktrin tetapi dia juga peduli terhadap keberadaan anggota jemaatnya. Sebagaimana Paulus peduli kepada anggota jemaat Galatia dalam penggembalaannya, dengan menunjukkan kasih kepada mereka dengan mengatakan kebenaran mengenai keadaan mereka (meskipun menyakitkan), saya juga harus peduli kepada sesama anggota jemaat Saya lemah dan tidak menyadari hakl ini Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya akan berusaha untuk peduli, mengasasihi sesama anggota jemaat.

45 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google