Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proyek akhir Proyek akhir RANCANG BANGUN ALAT PENYIRAM TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MATAHARI SEBAGAI SUMBER ALTERNATIF SUB JUDUL (INVERTER) Oleh: TONY SUHARTONO7306030016.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proyek akhir Proyek akhir RANCANG BANGUN ALAT PENYIRAM TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MATAHARI SEBAGAI SUMBER ALTERNATIF SUB JUDUL (INVERTER) Oleh: TONY SUHARTONO7306030016."— Transcript presentasi:

1 Proyek akhir Proyek akhir RANCANG BANGUN ALAT PENYIRAM TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MATAHARI SEBAGAI SUMBER ALTERNATIF SUB JUDUL (INVERTER) Oleh: TONY SUHARTONO Ir. Gigih Prabowo Ir. Era Purwanto M. Eng

2 LATAR BELAKANG Peningkatan kebutuhan energi. Peningkatan kebutuhan energi. Membangun kemandirian energi serta meminimalkan dampak lingkungan. Membangun kemandirian energi serta meminimalkan dampak lingkungan.

3 Batasan Masalah: Batasan Masalah: Inverter yang didesain Voltage Source Inverter (VSI) satu fasa full wave penyulutan PWM dengan menggunakan mosfet IRFP460 memiliki kemampuan 500V, 0.22Ω dan 20A. Inverter yang didesain Voltage Source Inverter (VSI) satu fasa full wave penyulutan PWM dengan menggunakan mosfet IRFP460 memiliki kemampuan 500V, 0.22Ω dan 20A. Gelombang output dari inverter yang direncanakan adalah gelombang tegangan AC 220 volt konstan dengan frekuensi 50 Hz. Gelombang output dari inverter yang direncanakan adalah gelombang tegangan AC 220 volt konstan dengan frekuensi 50 Hz. Beban berupa pompa air 50 Watt untuk menyiram taman dengan radius 110 cm Beban berupa pompa air 50 Watt untuk menyiram taman dengan radius 110 cm

4 TUJUAN PROYEK AKHIR Membuat suatu sistem pemanfaatan sumber energi matahari untuk alat penyiram taman sehingga akan didapatkan keuntungan secara teknis dan ekonomis. Membuat suatu sistem pemanfaatan sumber energi matahari untuk alat penyiram taman sehingga akan didapatkan keuntungan secara teknis dan ekonomis.

5 BLOK DIAGRAM Video

6 Kesimpulan Semakin besar tegangan Vgs pada mosfet maka kemampuan Id akan semakin besar pula. Semakin besar tegangan Vgs pada mosfet maka kemampuan Id akan semakin besar pula. Frekuensi keluaran dari Single Phase Fullbridge Inverter berdasarkan pengukuran osiloskop adalah 50 Hz dengan sinyal tegangan berbentuk kotak. Frekuensi keluaran dari Single Phase Fullbridge Inverter berdasarkan pengukuran osiloskop adalah 50 Hz dengan sinyal tegangan berbentuk kotak.

7 Terjadi drop tegangan pada keluaran inverter ketika dalam kondisi berbeban. Terjadi drop tegangan pada keluaran inverter ketika dalam kondisi berbeban. Semakin besar beban yang digunakan maka nilai cosФ akan semakin baik. Semakin besar beban yang digunakan maka nilai cosФ akan semakin baik.

8 TERIMA KASIH


Download ppt "Proyek akhir Proyek akhir RANCANG BANGUN ALAT PENYIRAM TAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MATAHARI SEBAGAI SUMBER ALTERNATIF SUB JUDUL (INVERTER) Oleh: TONY SUHARTONO7306030016."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google