Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILOSOFI DAN PRINSIP PENYULUHAN PERTANIAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILOSOFI DAN PRINSIP PENYULUHAN PERTANIAN"— Transcript presentasi:

1 FILOSOFI DAN PRINSIP PENYULUHAN PERTANIAN
Kelompok 1 Marietta Ramadhani Nesa Natasya Nina Virginia Nur Fadilah Reny S Grasslands (Basic) Note: This template is optimized for PowerPoint 2010 and uses a video background. If used in PowerPoint 2007, video elements will play, but all content will be covered by video background when in slideshow. If used in PowerPoint 2003, video will not play, but the poster frame of the videos will remain in place as a static image. The video: Plays automatically after each slide transition. Is 30 seconds long. Seamlessly loops for infinite playback. To add slides or change layout, do the following: To add a new slide, on the Home tab, in the Slides group, click the arrow under New Slide, then click under Motion Background Theme select the desired layout. To change the layout of an existing slide, on the Home tab, in the Slides group, click Layout, then select the desired layout. This template uses the “Pushpin” Theme Font. To access or change the Theme Font, do the following: On the View tab in the Master Views group, select Slide Master. In the Slide Master view, select slide 1 (the Master Slide for Master Layouts that use the video background). On the Slide Master tab, in the Edit Theme group, click Fonts, and then select new theme fonts. Using animated elements: Any animated element will begin after the slide transition and the background video has started.

2 Filosofi Penyuluhan Pertanian
Telah lama dipahami bahwa penyuluhan pertanian merupakan sarana pendidikan, tetapi di Indonesia, terutama pada masa orde baru, penyuluhan lebih banyak dilakukan dengan pendekatan kekuasaan atau berupa pemaksaan, Sehingga muncul gurauan “dipaksa, terpaksa, akhirnya terbiasa”. Tetapi tidak dipungkiri bahwa penyuluhan melalui proses pendidikan akan berlangsung lebih lama daripada penyuluhan yang berdasarkan keterpaksaan tersebut. Namun, penyuluhan yang dilakukan dengan proses pendidikan akan lebih lama diterapkan daripada yang dilakukan dengan pemaksaan.

3 Di Amerika Serikat sendiri telah lama dikembangakan falsafah 3-T : teach, truth, trust atau pendidikan, kebenaran, keyakinan. Artinya, penyuluhan merupakan kegiatan pendidikan untuk menyampaikan kebenaran-kebenaran yang telah diyakini. Rumusan lain yang dikutip Kelsey dan Hearne (1955) yang menyatakan bahwa falsafah penyuluhan harus berpijak pada pentingnya pengembangan individu di dalam perjalanan pertumbuhan masyarakat dan bangsanya.

4 Pemahaman konsep tersebut harus dipahami secara demokratis yang menempatkan kedua belah pihak dalam kedudukan yang setara. Dari pemahaman seperti itu, terkandung pengertian bahwa : Penyuluh harus bekerja sama dengan masyarakat dan bukan bekerja untuk masyarakat (Adicondro, 1990). Kehadiran penyuluh harus mampu menumbuhkan, menggerakkan, serta memelihara partipasi masyarakat dengan suasana dialogis. Penyuluh tidak boleh menciptakan ketergantungan, tetapi mendorong masyarakat untuk semakin kreatif dan mandiri. Kegiatan penyuluhan harus selalu mengacu kepada terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat dan peningkatan harkat manusia. H

5 Berkaitan dengan falsafah “helping people to help themselves” Ellerman (2001) mencatat adanya 8 peneliti yang menelusuri teori pemberian bantuan, yaitu : Hubungan Penasehat dan Aparat Birokrasi Pemerintah (Albert Hirschman), melalui proses pembelajaran tentang : ide-ide baru, analisis keadaan dan masalahnya yang diikuti dengan tawaran solusi dan minimalisasi konfrontasi/ketegangan yang terjadi. Hubungan Guru dan Murid (John Dewey), dengan memberikan : Kesempatan untuk mengenali pengalamannya Stimulus untuk berpikir dan menemukan masalahnya sendiri Memberikan kesempatan untuk melakukan “penelitian” Tawaran solusi untuk dipelajari Kesempatan untuk menguji idenya dengan aplikasi langsung Hubungan Manajer dan Karyawan (Douglas McGregor), melalui pemberian tanggung jawab sebagai alat kontrol diri sendiri (self controle). Hubungan Dokter dan Pasien (Carl Rogers), melalui pemberian saran yang konstruktif dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dan atau diusahakan sendiri.

6 Hubungan Guru Spiritual dan Murid (Soren Kierkegaard), melalui pemahaman bahwa masalah atau kesalahan hanya dapat diketahui oleh yang mengalaminya. Guru tidak boleh menonjolkan kelebihannya. Hubungan Organisator dan Masyarakat (Saul Alinsky), melalui upaya demokratisasi, menumbuhkembangakan partisipasi, dan mengembangkan keyakinan (rasa percaya diri) untuk memecahkan masalah sendiri. Hubungan Pendidik dan Masyarakat (Paulo Freire), melalui proses penyadaran dan memberikan kebebasan untuk melakukan segala sesuatu yang terbaik menurut dirinya sendiri. Hubungan Agen Pembangunan dan Lembaga Lokal (E.F Schumacher), melalui program bantuan untuk mencermati apa yang dilakukan seseorang (masyarakat) dan membantu agar mereka dapat melakukan perbaikan-perbaikan.

7 Mengacu kepada pemahaman tentang penyuluhan sebagai proses pendidikan, di Indonesia dikenal adanya falsafah pendidikan yang dikemukakan oleh Ki Hajar Dewantoro yang berbunyi “Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Mudjiyo (1989) mengingatkan untuk mengaitkan falsafah penyuluhan dengan pendidikan yang memiliki falsafah ; idealisme, realisme, dan pragmatisme, yang berarti bahwa penyuluhan pertanian harus mampu menumbuhkan cita-cita yang melandasi para pelakunya untuk berpikir mandiri dan kreatif. Penyuluhan pertanian harus selalu mengacu kepada kenyataan-kenyataan yang ada dan dapat ditemui di lapang. H

8 Penyuluhan pada dasarnya harus merupakan bagian integral dan sekaligus sarana pelancar atau bahkan penentu kegiatan pembangunan, Slamet (1989) menekankan perlunya : Perubahan administrasi peyuluhan dari yang bersifat “regulatif sentralisis” menjadi “fasilitatif partisipatif” Pentingnya kemauan penyuluh untuk memahami budaya lokal yang seringkali juga mewarnai “local agricultural practices”

9 Pemahaman seperti itu mengandung pengertian bahwa :
Administrasi penyuluhan tidak selalu dibatasi oleh peratutan-peraturan dari “pusat“ yang kaku, karena hal ini seringkali menjadikan petani tidak memperoleh kekuasaan untuk mengambangkan potensi. Demikian juga halnya dengan administrasi yang terlalu “sentralisis” seringkali tidak mampu secara cepat mengantisipasi permasalahan yang timbul didaerah, karena masih menunggu “petunjuk” atau restu dari pusat. Di pihak lain, dalam setiap permasalahan yang dihadapi, pengambilan keputusan yang dilakukan oleh petani seringkali berdasarkan pertimbangan bagaimana untuk dapat “menyelamatkan keluarganya”. Karena itu, administrasi yang terlalu “regulatif” seringkali sangat membatasi kemerdekaan petani untuk mengambil keputusan bagi usahataninya. Penyuluh, selain memberikan ilmunya kepada petani, ia harus mau belajar tentang “ngelmu”nya petani seringkali diangap tidak rasional. Padahal, praktek-praktek usahatani yang berkembang dari budaya lokal seringkali juga sangat rasional, karena telah mengalami proses “trial and error” dan teruji oleh waktu.

10 H Prinsip-Prinsip Penyuluhan Pertanian
Mathews menyatakan bahwa prinsip adalah suatu pernyataan tentang kebijaksanaan yang dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan dan melaksanakan kegiatan secara konsisten. Karena itu, prinsip akan berlaku umum, dapat diterima secara umum, dan telah diyakini kebenarannya dari berbagai pengamatan dalam kondisi yang beragam. H

11 Bertolak dari pemahaman penyuluhan sebagai salah satu sistem pendidikan, maka penyuluhan memiliki prinsip-prinsip: Mengerjakan, artinya kegiatan penyuluhan harus sebanyak mungkin melibatkan masyarakat untuk mengerjakan/menerapkan sesuatu. Akibat, artinya kegiatan penyuluhan harus memberikan akibat atau pengaruh yang baik atau bermanfaat. Asosiasi, artinya setiap kegiatan penyuluhan harus dikaitkan dengan kegiatan lainnya. Misalnya, dengan melihat cangkul, orang diingatkan kepada penyuluhan tentang persiapan lahan yang baik; melihat tanaman yang kerdil/subur akan mengingatkannya kepada usaha-usaha pemupukan, dll.

12 Lebih lanjut, Dahama dan Bhatnagar (1980) mengungkapkan prinsip-prinsip penyuluhan yang lain yang mencakup: Minat dan kebutuhan Organisasi masyarakat bawah Keragaman budaya Perubahan budaya Kerjasama dan partisipasi Demokrasi dalam penerapan ilmu Belajar sambil bekerja Penggunaan metoda yang sesuai Kepemimpinan Spesialis yang terlatih Segenap keluarga Kepuasan H

13 Terkait dengan pergerseran kebijakan pembangunan pertanian dari peningkatan produktivitas usaha tani ke arah pengembangan agribisnis, dan di pihak lain seiring dengan terjadinya perubahan sistem, telah muncul pemikiran tentang prinsip-prinsip (Soedijanto, 2001) : Kesukarelaan, artinya keterlibatan seseorang dalam kegiatan penyuluhan tidak boleh berlangsung karena adanya pemaksaan. Otonom, yaitu kemampuan untuk mandiri atau melepaskan diri dari ketergantungan yang dimiliki oleh setiap individu, kelompok, maupun kelembagaan yang lain. Keswadayaan, kemampuan untuk merumuskan melaksanakan kegiatan dengan oenuh tanggung jawab, tanpa mengharapkan dukungan luar. Partisipatif, keterlibatan semua stakeholders sejak pengambilan keputusan hingga pemanfaatan hasil-hasil kegiatannya.

14 Egaliter, yang menempatkan semua stakeholder dalam kedudukan yang setara.
Demokrasi, yang memberikan hak kepada semua pihak untuk mengemukakan pendapatnya, dan saling menghargai pendapat maupun perbedaan diantara sesama stakeholder Keterbukaan, yang dilandasi kejujuran, saling percaya, dan saling memperdulikan Kebersamaan, untuk salong berbagi rasa, saling membantu, dan mengembangkan sinergisme Akuntabilitas, yang dapat dipertanggungjawabkan dan terbuka untuk diawasi oleh siapapun Desentralisasi, memberi kewenangan kepada setiap daerah otonom (kabupaten/kota) untuk mengoptimalkan sumber data pertanian.

15 Terima kasih


Download ppt "FILOSOFI DAN PRINSIP PENYULUHAN PERTANIAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google