Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Berusaha mengerti dahulu baru dimengerti Saling memahami.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Berusaha mengerti dahulu baru dimengerti Saling memahami."— Transcript presentasi:

1 Berusaha mengerti dahulu baru dimengerti Saling memahami

2 KEMANDIRIAN [ H1-3 ] BERPIKIR M-M [ H4 ] BERUSAHA MENGERTI DAHULU BARU DIMENGERTI [ H5 ] WUJUDKAN SYNERGY [ H6 ]

3 7H-I-H5-00-A (3) Ketergantungan Kemandirian Kesalingtergantungan Kemenangan Pribadi Kemenangan Publik Berusaha mengerti dahulu, baru dimengerti.

4 7H-I-H5-04-A (4) (LIHAT) PARADIGMA PRINSIP (BUAT) PROSES (DAPAT) HASIL

5 Hambatan Utama Komunikasi Tidak mau mendengarkan Tidak mau mendengarkan Sibuk dengan pikiran nya Sibuk dengan pikiran nya Memaksakan kehendak Memaksakan kehendak Interupsi Interupsi Tempat / Lokasi Tempat / Lokasi

6 Diagnosa sebelum mengobati Kecenderungan kita bukanlah mendengarkan untuk memahami, tetapi untuk menjawab. Padahal, kebutuhan jiwa manusia yang paling mendalam adalah untuk dimengerti, untuk dihargai, untuk didengarkan.

7 Lima tingkat mendengarkan 7H-I-H5-00-C (7) 1. Mengabaikan 2. Berpura-pura 3. Secara Selektif 4. Penuh Perhatian 5. Secara Empatik dengan kerangka acuan kita sendiri dengan kerangka acuan orang yang kita dengar

8 Respon Otobiografik Kita cenderung menyaring apa yang kita dengarkan melalui Saringan Masa Lalu kita (Autobiographical Response). Menasehati (Advising) Menyelidiki (Probing) Menafsirkan (Interpreting) Menilai (Evaluating) 7H-I-H5-01 (8)

9 Bagaimana Kita Berkomunikasi 7H-I-H5-02 (9) 7% Kata-kata 38% Nada Suara

10

11 Bagaimana Kita Berkomunikasi 7H-I-H5-02 (11) 7% Kata-kata 38% Nada Suara 55% Bahasa Tubuh

12 (Perhatian yang tak terputus) TelingaTelinga MataMata HatiHati Mendengarkan ( Thing )

13 Mendengarkan Secara Empatik KETERAMPILAN SIKAP

14 Dengarkan Secara Empatik Apabila kita tidak yakin kita mengerti. Apabila kita tidak yakin bahwa orang lain merasa telah dipahami. Apabila interaksi yang ada memiliki komponen emosional yang kuat. Apabila permasalahannya adalah permasalahan yang penting. 7H-I-H5-03 (14)

15 Merespon Secara Empatik Menirukan Mengungkapkan ulang isinya Merefleksikan perasaan Mengungkapkan ulang isinya dan merefleksikan perasaan Tahu kapan untuk tidak merefleksikan apapun 7H-I-H5-04 (15)

16 Penerjemah Setia A C B Dengar dan Respon

17 Percakapan Managing Director ke Chief Operating Officer "Besok akan ada gerhana matahari total pada jam sembilan pagi. Ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari. Untuk menyambut dan melihat peristiwa langka ini, seluruh karyawan diminta untuk berkumpul di lapangan dengan berpakaian rapi. Saya akan menjelaskan fenomena alam ini kepada mereka. Bila hari hujan, dan kita tidak bisa melihatnya dengan jelas, kita berkumpul di kantin saja."

18 Chief Operating Officer ke Department Heads "Sesuai dengan perintah Managing Director, besok pada jam sembilan pagi akan ada gerhana matahari total. Bila hari hujan, kita tidak bisa berkumpul di lapangan untuk melihatnya dengan berpakaian rapi. Dengan demikian, peristiwa hilangnya matahari ini akan dijelaskan oleh Managing Director di kantin. Ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari."

19 Departmental Heads ke Sectional Heads "Sesuai dengan perintah Managing Director, besok kita akan mengikuti peristiwa hilangnya matahari di kantin pada jam sembilan pagi dengan berpakaian rapi. Managing Director akan menjelaskan apakah besok akan hujan atau tidak. Ini adalah kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari."

20 Section Heads ke Foreman "Jika besok turun hujan di kantin, kejadian yang tak bisa kita lihat setiap hari, Managing Director, dengan berpakaian rapi, akan menghilang jam sembilan pagi."

21 Foreman ke Operator "Besok pagi, pada jam sembilan, Managing Director akan menghilang. Sayang sekali, kita tidak bisa melihatnya setiap hari."


Download ppt "Berusaha mengerti dahulu baru dimengerti Saling memahami."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google