Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok III RENNY SULISTYOWATI SELENA MADINI NILUH SUPARWATI TATU SITI ROBIAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok III RENNY SULISTYOWATI SELENA MADINI NILUH SUPARWATI TATU SITI ROBIAH."— Transcript presentasi:

1 Kelompok III RENNY SULISTYOWATI SELENA MADINI NILUH SUPARWATI TATU SITI ROBIAH

2 MENYUNTING menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memerhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Orang yang melakukan pekerjaan menyunting disebut penyunting, yaitu orang yang bertugas menyiapkan naskah (KBBI, 2001:1106).

3 PENYUNTING proses, cara perbuatan sunting- menyunting; segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menyunting, pengeditan (KBBI, 2001:1106).

4 PENYUNTING NASKAH/COPY EDITOR Orang yang melakukan pekerjaan menyunting naskah

5 Syarat-syarat menjadi seorang editor Menguasai ejaan Menguasai tata bahasa Bersahabat dengan kamus Memiliki kepekaan bahasa Memiliki pengetahuan luas Memiliki ketelitian dan kesabaran Memiliki kepekaan terhadap sara dan pornografi Memiliki keluwesan Memiliki kemampuan menulis Menguasai bidang tertentu Menguasai bahasa asing Memahami kode etik pennyuntingan naskah

6 PENYUNTINGAN SEJAWAT penyuntingan yang dilakukan oleh teman seprofesi seperti seorang sastrawan yang meminta rekan sejawatnya untuk menyunting karyanya yang mungkin juga sastrawan begitu pula yang dilakukan terhadap karya nonsastra

7 PENYUNTINGAN SENDIRI penyuntingan yang dilakukan sendiri tanpa melibatkan orang lain. Penyuntingan sendiri juga menggunakan alat seperti kamus, encyclopedia, dan sumber lain.


Download ppt "Kelompok III RENNY SULISTYOWATI SELENA MADINI NILUH SUPARWATI TATU SITI ROBIAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google