Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab V Manusia, Keberagaman dan Kesetaraan. Bagaimana Memahami Keragaman dan Kesetaraan PRINSIP DASAR Keragaman adalah keniscayaan hidup (fakta sejarah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab V Manusia, Keberagaman dan Kesetaraan. Bagaimana Memahami Keragaman dan Kesetaraan PRINSIP DASAR Keragaman adalah keniscayaan hidup (fakta sejarah."— Transcript presentasi:

1 Bab V Manusia, Keberagaman dan Kesetaraan

2 Bagaimana Memahami Keragaman dan Kesetaraan PRINSIP DASAR Keragaman adalah keniscayaan hidup (fakta sejarah dan fakta sosial) Keragaman tanpa kesetaraan  muncul konflik Perlunya pengakuan atas identitas diri sebagai pengikat untuk menyatukan DI SATU SISIDI SISI LAIN 1.Ada kebudayaan nasional 2.Ada kelompok lama mapan 3.Ada kelompok pendidi republik 4.Ada Amerika- nisme 5.Ada kulit putih 6.Ada great tradition 1.Ada kelompok kultural yg berbeda 2.Ada kelompok pendatang baru 3.Ada kelompok imigran 4.Ada budaya ping- giran 5.Ada kulit hitam 6.Ada little tradition KONSEP OPOSISI BINER MULTIKULTURAL “menegaskan dan menegakkan nilai dan harkat martabat warga negara, tanpa pandang bulu, latar belakang bahasa, asal-muasal kesukuan, kedaerahan, maupun ikatan keagamaan”

3 Hakekat Keragaman dan Kesetaraan KERAGAMAN MERUPAKAN FAKTA SEJARAH DAN FAKTA SOSIAL DITEMPATKAN DALAM OPOSISI BINER Satu perkara atau suatu hal diletakkan pada peringkat lebih tinggi atau lebih kuat daripada lainnya Membuahkan Ketidaksertaan, rasisme, arogansi budaya, hegomoni, dan dominasi budaya MENGURANGI KONFLIK KESETARAAN COGITO ERGO SUM: saya berpikir maka saya ada Proses Komunikasi: a.Responsivity b.responsibility

4 Keragaman Dalam Dinamika Sosial dan Budaya Cara menjalani hidup, cara memandang dan menyelesaikan persoalan, cara beribadah sebagai ekspresi keyakinan kepada Tuhan, cara memandang dunia, masyarakat beserta kehidupan di dalamnya Keragaman sosial adalah keragaman dan perbedaan yang terjadi karena faktor relasi antar manusia dan atau antar kelompok orang (1)Perbedaan gender dan atau seksualitas; (2)Perbedaan karena unsur asal-usul keluarga, etnis, kesukuan, dan (3)Perbedaan karena kepemilikan barang- barang dan pendapatan Keragaman budaya sangat erat keterkaitannya dengan kebiasaan-kebiasaan dalam menjalani hidup KEKAYAAN SOSIAL DAN BUDAYA BANGSA INDONESIA Modal utama pembangunan sebuah negara-bangsa  Kepemimpinan yang mampu mensinergikan segala perbedaan.

5 Menganalisis Problematika Keragaman dan Solusi Dalam Kehidupan Masyarakat dan Negara NASION ALISME AGAMA KOMUNI SME NASAKOM Membangun Identitas sebagai sebuah bangsa PANCASILA DASAR DEMOKRATISASI Konsep Keberagaman Bangsa Indonesia MULTI- KULTURAL ALTERNATIF : 1.Mengedepan- kan Nasionali- tas. 2.Nasionalitas Etnik 3.Multikultikul- tural etnik Civil Society

6 Bagaimana Memahami Membahas keragaman dan kesetaraan dalam hidup manusia Keragaman yang didasarkan pada kesetaraan akan mampu mendorong munculnya kreativitas, persaingan yang sehat dan terbuka, dan pada akhirnya akan memacu kesaling- mengertian Keragaman adalah keniscayaan hidup.  keragaman tanpa kesetaraan maka akan memunculkan diskriminatif. Kedua konsep ini yang kemudiaan memunculkan istilah multikultural  menegaskan dan menegakkan nilai dan harkat martabat warga negara, tanpa pandang bulu, latar belakang bahasa, asal-muasal kesukuan, kedaerahan, maupun ikatan keagamaan mereka. Konsep ini kemudiaan mewadahi untuk memberikan pengakuan tegas atas status hak penduduk pribumi yang ber-ratus-tahun tinggal dan hidup selaku warga negara yang bermula sebagai kelompok minoritas (politik pengakuan atau politics of recognition)  mengiringi tuntutan untuk memperoleh pengakuan atas identitasnya. Demokratisasi  semua warga negara memiliki kesetaraan dalam hak-hak sipil dan hak- hak politik. Multikulturalisme  memberikan jaminan yang memungkinkan untuk mempertahankan identitas, untuk dapat bersifat bangga akan leluhur mereka untuk dapat mempertahankan identitasnya.


Download ppt "Bab V Manusia, Keberagaman dan Kesetaraan. Bagaimana Memahami Keragaman dan Kesetaraan PRINSIP DASAR Keragaman adalah keniscayaan hidup (fakta sejarah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google