Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Linear Momentum. Kekekalan Momentum Momentum sebelum = momentum sesudah m 1 v 1 + m 2 v 2 = m 1 v’ 1 + m 2 v’ 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Linear Momentum. Kekekalan Momentum Momentum sebelum = momentum sesudah m 1 v 1 + m 2 v 2 = m 1 v’ 1 + m 2 v’ 2."— Transcript presentasi:

1 Linear Momentum

2 Kekekalan Momentum Momentum sebelum = momentum sesudah m 1 v 1 + m 2 v 2 = m 1 v’ 1 + m 2 v’ 2

3 ΣF = ΔP / Δt ΣF Δt = ΔP ΣF Δt = m 1 v’ 1 - m 1 v 1 -ΣF Δt = m 2 v’ 2 – m 2 v 2 m 1 v’ 1 - m 1 v 1 = -(m 2 v’ 2 – m 2 v 2 ) m 1 v 1 + m 2 v 2 = m 1 v’ 1 + m 2 v’ 2 ……. (rumus)

4 Jika gaya total ΣF pada sistem sama dengan nol maka momentum total pun tidak berubah. F + (-F) = 0 ΔP = 0 Hukum kekekalan momentum linear: Momentum total sistem benda-benda terisolasi adalah tetap

5

6 Sebuah gerbong kereta kg berjalan dengan laju 24 m/dt menabrak gerbong yang lain yang sedang berhenti. Jika kedua gerbong tersebut menempel setelah tumbukan, berapakah laju bersama mereka sesudahnya?

7 Hitung kecepatan lompatan mundur sebuah senapan 5kg yang menembakkan sebuah peluru 0.05 kg pada kecepatan 120 m/s.

8 Tumbukan dan Impulse Pada saat tumbukan antara raket dengan bola tenis seperti gambar di samping, senar raket dan bola tenis mengalami deformasi satu sama lain karena terjadi interaksi sesaat akibat gaya yang bekerja

9 Grafik fungsi gaya dan interval waktu. Dari gambar di samping bisa diambil kesimpulan bahwa pada saat terjadi tumbukan, gaya umumnya melompat dari nol pada saat bersentuhan ke suatu nilai sangat besar dalam waktu sangat singkat, dan kemudian kembali ke nol lagi secara tiba-tiba

10 ΣF = ΔP / Δt ΣF Δt = ΔP Impulse memiliki simbol J Impulse juga bisa dinotasikan dengan selisih momentum P

11 Hitung impulse yang dialami bila seorang 70 kg mendarat pada tanah keras dari ketinggian 3 m. Kemudian prakirakan gaya rata-rata yang didesakkan pada kaki bawah orang tersebut oleh tanah jika pendaratan dengan kaki tegak dan dengan kaki ditekuk. Pada kejadian pertama, anggap tubuh berpindah 1 cm selama tumbukan, dan pada kejadian kedua ketika kaki ditekuk sekitar 50 cm.

12


Download ppt "Linear Momentum. Kekekalan Momentum Momentum sebelum = momentum sesudah m 1 v 1 + m 2 v 2 = m 1 v’ 1 + m 2 v’ 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google