Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

15 Januari 2009 BRILLIANT COMPETITION 2009. Ketentuan Peserta dan Ketentuan Pertandingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "15 Januari 2009 BRILLIANT COMPETITION 2009. Ketentuan Peserta dan Ketentuan Pertandingan."— Transcript presentasi:

1 15 Januari 2009 BRILLIANT COMPETITION 2009

2 Ketentuan Peserta dan Ketentuan Pertandingan

3 Brilliant Competition 2009

4 Persyaratan Pertandingan 1. Merupakan perwakilan dari tiap sekolah yang telah terdaftar pada panitia pelaksana. Tiap regu terdiri dari 2 orang bertanding 2. Selama pertandingan berlangsung tidak dibenarkan mengadakan penggantian peserta dengan alasan apapun. 3. Peserta wajib hadir 15 menit sebelum pertandingan dimulai. 4. Peserta yang didapati menyelesaikan soal secara tidak jujur, baik dilakukan pihak sendiri maupun dengan bantuan pihak lain dianggap gugur.

5 Perlengkapan Peserta 1. Peserta diperbolehkan membawa alat tulis, tapi tidak membawa kalkulator, kumpulan rumus, tabel matematika. 2. Panitia menyediakan kertas buram untuk membantu peserta dalam mengerjakan soal-soal yang dipertandingkan. 3. Selama pertandingan berlangsung tidak diperkenankan mengaktifkan alat komunikasi.

6 Pengundian Peserta 1. Dalam pengundian, semua peserta memiliki kemampuan sama. Dalam pertandingan matematika babak semifinal, untuk sekolah yang ada 2 regu atau lebih yang masuk babak semifinal maka regu tersebut akan dipisah. 2. Undian dilakukan dihadapan peserta pada waktu dan tempat yang telah ditentukan oleh panitia. 3. Setiap peserta harus menerima hasil undian yang telah dilaksanakan oleh panitia. 4. Peserta yang tidak hadir pada saat dilangsungkan pengundian dianggap menerima hasil pengundian.

7 Kompetisi Matematika

8 Babak Penyisihan 1. Diikuti oleh seluruh peserta. 2. Jenis soal adalah pilihan berganda dengan jumlah soal 50 buah dan dalam waktu 90 menit. 3. Setiap soal mempunyai bobot sama. 4. Jawaban yang benar mendapat nilai +4 (plus empat) dan jawaban yang salah mendapat nilai -1 (minus satu) sedangkan soal yang tidak dijawab mendapat nilai nol.

9 Babak Semifinal

10 1. Peserta akan diundi untuk menentukan regu regu yang berhadapan. Dalam pengundian ini, peserta dibagi dalam 4 kelompok yaitu kelompok A, kelompok B, kelompok C, dan kelompok D. Tiap kelompok terdiri dari 4 regu. 2. Dalam tiap kelompok, 1 regu terbaik berhak melangkah ke babak final. 3. Jawaban yang diterima adalah jawaban yang pertama dan jawaban yang benar adalah jawaban yang lengkap. 4. Soal dalam bentuk PowerPoint akan ditampilkan 5. Setiap pertandingan dilakukan dalam 2 sesi, yaitu: Sesi 1 : Pertanyaan Wajib Sesi 2 : Pertanyaan Rebutan.

11 SESI 1 (PERTANYAAN WAJIB) Setiap regu mendapat kesempatan untuk memilih satu amplop secara bergilir Matematika berisi 7 soal Sains 8 soal Untuk SAINS: nilai adalah 0/50/100, untuk MATEMATIKA nilainya adalah 0/100

12 Peserta hanya diperbolehkan menjawab setelah soal selesai dibacakan Jik a ada peserta dari regu lain yang menekan bel saat pembacaan soal, maka akan dikurangi 25 dan kehilangan kesempatan menjawab. Soal akan tetap diteruskan.

13 Setelah soal dibacakan, regu yang berhak menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab soal tersebut dalam selang waktu yang telah ditentukan. Setelah waktu habis juri akan mempersilahkan menjawab. Jika benar, mendapat nilai 100. Jika salah, tidak akan dikurangi tetapi pertanyaan dilempar. Regu yang ingin menjawab diijinkan menekan bel saat juri sudah menyatakan jawaban salah, bila penekanan bel dilakukan sebelum itu, bel dianggap tidak sah, tetapi tidak kehilangan nilai.

14 regu yang merebut hanya diberi waktu 3 detik untuk menjawab, dihitung sejak juri bel mempersilahkan. Benar 100 salah -25. Pertanyaan hanya akan dilempar satu kali

15 Apabila hingga waktu habis tidak ada yang menjawab pertanyaan tersebut, maka kesempatan menjawab akan diberikan secara bergilir. Hanya juru bicara yang berhak menjawab. Jika bukan juru bicara yang menjawab, maka nilai regu tersebut akan dikurangi 25. Waktu menjawab untuk Matematika 90 detik dan Sains 60 detik. Hanya juru bicara yang berhak menjawab. Jawaban yang dinilai hanya jawaban yang pertama dan jawaban yang benar hanya jawaban yang lengkap.

16 SESI 2 (PERTANYAAN REBUTAN) Diberikan untuk seluruh peserta untuk diperebutkan dan jumlah soal sebanyak 15 Jika saat menjawab pertanyaan rebutan tidak didahului dengan menekan bel maka regu tersebut akan dikurangi 100. Pada saat pembacaan soal, jika terdapat peserta yang menekan bel, maka pembacaan soal dihentikan saat itu juga dan peserta harus menjawab dalam waktu 3 detik (terhitung sejak juri bel mempersilahkan). Dalam hal ini regu yang berhak menjawab ditentukan oleh juri bel. Jika jawabannya benar, akan mendapat nilai 100. Jika jawabannya salah, maka akan dikurangi 100.

17 Jika jawaban salah, soal hanya dapat dilempar satu kali ke regu yang lain. Regu lain diijinkan menekan bel saat juri menyatakan jawaban tersebut salah. Waktu yang diberikan adalah 3 detik terhitung setelah juri bel mempersilahkan. Jika regu tersebut benar 100, jika salah -100

18 Jika tidak ada satupun peserta menjawab sampai selang waktu yang ditentukan (sejak soal dibacakan) telah habis, maka akan dilanjutkan dengan pembacaan soal berikutnya setelah juri selesai memberikan jawaban yang benar. Jika regu yang sudah menekan bel tidak menjawab dalam waktu tiga detik, maka regu tersebut akan dikurangi 100. Dalam menjawab soal, seluruh peserta boleh menjawab, tidak hanya juru bicara saja.

19 Babak Final

20 Diikuti oleh empat regu terbaik yang terpilih pada babak semifinal dan satu regu terbaik pada babak penentuan juara harapan. Jawaban yang diterima adalah jawaban yang pertama dan jawaban yang benar adalah jawaban yang lengkap. Setiap pertandingan dilakukan dalam 3 sesi, yaitu: Sesi 1 :.Isian Singkat Sesi 2 : Pertanyaan Bergilir. Sesi 3 : Pertanyaan Rebutan.

21 SESI 1 ( ISIAN SINGKAT ) Setiap regu menjawab 20 soal dalam waktu 20 menit untuk mengumpulkan point terlebih dahulu. Untuk jawaban benar diberikan nilai 100, sedangkan jawaban yang salah diberikan nilai 0. Selama 5 menit setelah jawaban tiap regu dikumpulkan akan ditayangkan kunci jawaban.

22 SESI 2 (PERTANYAAN WAJIB) Setiap regu mendapat kesempatan untuk memilih satu amplop secara bergilir yang berisi 15 soal. Untuk SAINS: nilai adalah 0/50/100, untuk MATEMATIKA nilainya adalah 0/100

23 Peserta hanya diperbolehkan menjawab setelah soal selesai dibacakan Jik a ada peserta dari regu lain yang menekan bel saat pembacaan soal, maka akan dikurangi 25 dan kehilangan kesempatan menjawab. Soal akan tetap diteruskan.

24 Setelah soal dibacakan, regu yang berhak menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab soal tersebut dalam selang waktu yang telah ditentukan. Setelah waktu habis juri akan mempersilahkan menjawab. Jika benar, mendapat nilai 100. Jika salah, tidak akan dikurangi tetapi pertanyaan dilempar. Regu yang ingin menjawab diijinkan menekan bel saat juri sudah menyatakan jawaban salah, bila penekanan bel dilakukan sebelum itu, bel dianggap tidak sah, tetapi tidak kehilangan nilai.

25 regu yang merebut hanya diberi waktu 3 detik untuk menjawab, dihitung sejak juri bel mempersilahkan. Benar 100 salah -25. Pertanyaan hanya akan dilempar satu kali

26 Apabila hingga waktu habis tidak ada yang menjawab pertanyaan tersebut, maka kesempatan menjawab akan diberikan secara bergilir. Hanya juru bicara yang berhak menjawab. Jika bukan juru bicara yang menjawab, maka nilai regu tersebut akan dikurangi 25. Waktu menjawab untuk Matematika 90 detik dan Sains 60 detik. Hanya juru bicara yang berhak menjawab. Jawaban yang dinilai hanya jawaban yang pertama dan jawaban yang benar hanya jawaban yang lengkap.

27 SESI 3 (PERTANYAAN REBUTAN) Sesi 3 ini dilakukan selama 30 menit atau sampai soal habis (30 soal untuk Matematika dan 45 soal untuk Sains). Jika saat menjawab pertanyaan rebutan tidak didahului dengan menekan bel maka regu tersebut akan dikurangi 100. Pada saat pembacaan soal, jika terdapat peserta yang menekan bel, maka pembacaan soal dihentikan saat itu juga dan peserta harus menjawab dalam waktu 3 detik (terhitung sejak juri bel mempersilahkan). Dalam hal ini regu yang berhak menjawab ditentukan oleh juri bel. Jika jawabannya benar, akan mendapat nilai 100. Jika jawabannya salah, maka akan dikurangi 100.

28 Jika jawaban salah, soal hanya dapat dilempar satu kali ke regu yang lain. Regu lain diijinkan menekan bel saat juri menyatakan jawaban tersebut salah. Waktu yang diberikan adalah 3 detik terhitung setelah juri bel mempersilahkan. Jika regu tersebut benar 100, jika salah -100

29 Jika tidak ada satupun peserta menjawab sampai selang waktu yang ditentukan (sejak soal dibacakan) telah habis, maka akan dilanjutkan dengan pembacaan soal berikutnya setelah juri selesai memberikan jawaban yang benar. Jika regu yang sudah menekan bel tidak menjawab dalam waktu tiga detik, maka regu tersebut akan dikurangi 100. Dalam menjawab soal, seluruh peserta boleh menjawab, tidak hanya juru bicara saja.


Download ppt "15 Januari 2009 BRILLIANT COMPETITION 2009. Ketentuan Peserta dan Ketentuan Pertandingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google