Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS."— Transcript presentasi:

1 BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS

2 Mengidentifikasi Karya Seni RupaTerapan Daerah Banyumas Pengertian Seni Rupa Terapan (Usefull Art/Aplied Art). Karya seni rupa menurut fungsinya dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni (Fine Art) yaitu hasil seni rupa yang menonjolkan segi keindahan dan kepuasan batin saja. Yang kedua adalah karya seni rupa terapan (Applied Art) yaitu karya seni yang disamping mempunyai nilai keindahan juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari- hari.

3 *Contoh karya seni rupa murni : *Seni patung *Seni Lukis

4 Contoh Karya Seni Rupa Terapan

5 Jenis-jenis Karya Seni Rupa Terapan Daerah Banyumas. a. Menurut dimensinya: - Dua dimensi (dwi matra): Karya seni yang mempunyai ukuran panjang dan lebar, tipis, lembaran atau karya seni yang hanya bisa dilihat dari arah depan saja. Contoh: kain batik, kain sarung, taplak meja, kesed dll.

6 - Tiga dimensi (tri matra): karya seni yang mempunyai ukuran panjang lebar dan tinggi/ketebalan atau karya seni yang bisa dilihat dari segala arah.Contoh : rumah, meubelair, peralatan dapur, Perhiasan (assesouries)

7 b.Menurut bentuknya: - Bentuk Silindris: - Bentuk Kubistis: - Bentuk Organis / tak beraturan-Perpaduan bentuk silindris -Dan bentuk kubistis

8 3. Bahan dan teknik pembuatan Bahan-bahan yang digunakan oleh pengrajin kebanyakan masih memanfaatkan benda-benda yang berada disekitar lingkungan mereka seperti kayu, bambu, tanah liat, ijuk dan lainya. Teknik pembuatan karya seni rupa terapan diantaranya yaitu: Anyam, pahat, butsir, batik, rangkai, sulam, renda dan lain-lain.

9 4. Fungsi. a.Hiasan ruangan : vas bunga, guci keramik, asbak b.Dikenakan manusia : pakaian, sepatu, sandal, gelang dsb. c. Peralatan dapur : tampah, pawon, kendi, ceting dsb. d. Kelengkapan upacara adat (seperti pernikahan, begalan) : kendil, coek, kendi dan lain-lain.


Download ppt "BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google