Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengujian Perangkat Lunak. Pengujian adalah proses untuk menemu kan error pada perangkat lunak sebelum di-delivery kepada pengguna. Dasar-dasar Pengujian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengujian Perangkat Lunak. Pengujian adalah proses untuk menemu kan error pada perangkat lunak sebelum di-delivery kepada pengguna. Dasar-dasar Pengujian."— Transcript presentasi:

1 Pengujian Perangkat Lunak

2 Pengujian adalah proses untuk menemu kan error pada perangkat lunak sebelum di-delivery kepada pengguna. Dasar-dasar Pengujian Perangkat Lunak

3 Pokok Bahasan  Sasaran Pengujian  Prinsip-prinsip Pengujian  Testabilitas

4 Sasaran Pengujian Pengujian adalah proses eksekusi suatu program dengan maksud menemukan kesalahan Test case yang baik adalah test case yang memiliki probabilitas tinggi untuk menemukan kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya Pengujian yang sukses adalah pengujian yang mengungkap semua kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya

5 Yang berhubungan dengan pengujian ? Customer, tim yang mengontrak pengembang untuk mengembangkan perangkat lunak. Pengguna, kelompok yang akan menggunakan perangkat lunak Pengembang perangkat lunak, tim yang membangun perangkat lunak Tim Pengujian perangkat lunak, tim khusus yang bertugas untuk menguji fungsi-fungsi pada perangkat lunak.

6 Prinsip-prinsip Pengujian 1.semua pengujian harus dapat ditelusuri sampai ke persyaratan pelanggan, maksudnya mengungkap kesalahan dari cacat yang menyebabkan program gagal. 2.Pengujian harus direncanakan lama sebelum pengujian itu mulai, maksudnya semua pengujian dapat direncanakan dan dirancang sebelum semua kode dijalankan.

7 Prinsip-prinsip Pengujian 3.Prinsip Pareto berlaku untuk pengujian perangkat lunak, maksudnya dari 80% kesalahan yang ditemukan selama pengujian dapat ditelusuri sampai 20% dari semua modul program. 4.Pengujian harus mulai “dari yang kecil” dan berkembang ke pengujian “yang besar”, Selagi pengujian berlangsung maju, pengujian mengubah focus dalam usaha menemukan kesalahan pada cluster modul yang terintegrasi dan akhirnya pada sistem.

8 Prinsip-prinsip Pengujian 5.Pengujian yang mendalam tidak mungkin karena tidak mungkin mengeksekusi setiap kombinasi jalur skema pengujian dikarenakan jumlah jalur permutasi untuk program menengah pun sangat besar. 6.Untuk menjadi paling efektif, pengujian harus dilakukan oleh pihak ketiga yang independent

9 Testabilitas Testabilitas adalah seberapa mudah sebuah program computer dapat diuji.

10 Karakteristik PL yg diuji OPERABILITAS, semakin baik dia bekerja semakin efisien dia dapat diuji. OBSERVABILITAS, apa yg anda lihat adalah apa yg anda uji. KONTROLABILITAS, semakin baik kita dapat mengontrol PL semakin banyak pengujian yg adapat diotomatisasi dan dioptimalkan.

11 Karakteristik PL yg diuji DEKOMPOSABILITAS, dengan mengontrol ruang lingkup pengujian kita dapat lebih cepat mengisolasi masalah dan melakukan pengujian kembali. KESEDERHANAAN, semakin sedikit yg diuji semakin cepat pengujian.

12 Karakteristik PL yg diuji STABILITAS, semakin sedikit perubahan semakin sedikit gangguan pengujian. KEMAMPUAN DIPAHAMI, semakin banyak informasi yg dimiliki semakin detail pengujiannya.

13 ATRIBUT PENGUJIAN YG BAIK Memiliki probabilitas yg tinggi menemukan kesalahan. Tidak redundan. Harusnya ‘jenis terbaik’. Tidak boleh terlalu sederhana atau terlalu kompleks.


Download ppt "Pengujian Perangkat Lunak. Pengujian adalah proses untuk menemu kan error pada perangkat lunak sebelum di-delivery kepada pengguna. Dasar-dasar Pengujian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google