Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Perl dan CGI Definisi CGI adalah suatu bentuk komunikasi dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Perl dan CGI Definisi CGI adalah suatu bentuk komunikasi dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Perl dan CGI Definisi CGI adalah suatu bentuk komunikasi dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah masukan tersebut serta mengembalikannya kepada client (browser) Program CGI adalah program yang didisain untuk menerima dan mengembalikan data sesuai dengan spesifikasi CGI. Program tersebut dapat ditulis menggunakan bahasa pemrograman seperti C, Perl, Java atau Visual Basic.

2 Konsep CGI dan Perl Perl Perl merupakan singkatan dari Practical Extraction and Report Language, dibuat oleh Larry Wall pada tahun Perl adalah bahasa interpreter sekaligus kompiler, artinya Perl akan mendeteksi setiap baris untuk mencari syntax error sebelum program dijalankan.

3 Variabel di Perl Perl memiliki tiga tipe data: skalar, array, dan hash. Skalar menyimpan nilai tunggal, array menyimpan kumpulan skalar dengan urutan tertentu, sedangkan hash menyimpan kumpulan skalar berpasangan. Sebuah variabel dinyatakan dengan tanda awalan tertentu yang merujuk pada tipe data yang dikandungnya, serta nama yang berfungsi sebagai pengenal. Tanda pengenal adalah $ untuk untuk array, dan % untuk hash. Nama variabel terdiri atas huruf dan angka, disebut juga alfanumerik (karakter “_” dihitung sebagai huruf). Nama variabel tidak boleh dimulai dengan angka. Tidak ada ketentuan mengikat mengenai berapa panjang nama variabel yang boleh digunakan.

4 Perl Case sensitive Karakter komentar (#) - Menginstruksikan juru bahasa untuk mengabaikan semua yang ada di baris saat ini berikut # - Memungkinkan pemrogram untuk menulis komentar deskriptif dalam program-program - "Shebang" membangun (#!) Menunjukkan path ke interpreter Perl print Menulis teks layar Escape sequence \ n Bergerak output kursor ke baris berikutnya

5 Contoh Program Perl & CGI print "Content-Type: text/html\n\n"; print " \n", " \n", " Tutorial#1 - Environment Variables \n", " \n"; print qq( \n); while ( ($nama, $nilai) = each %ENV ) { print "$nama = $nilai \n"; } print " \n"; 5

6 Output 6 o Untuk editornya menggunakan DzSoft Perl Editor o Interpreter yang digunakan ActivePerl MSWin32- x


Download ppt "Pengenalan Perl dan CGI Definisi CGI adalah suatu bentuk komunikasi dimana client (browser) dapat mengirimkan suatu masukan kepada server, dan server mengolah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google