Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Risiko operasional yang ada pada PT ANTAM Tbk. Berdasarkan data laporan kecelakaan PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor tahun 2007 telah terjadi kecelakaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Risiko operasional yang ada pada PT ANTAM Tbk. Berdasarkan data laporan kecelakaan PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor tahun 2007 telah terjadi kecelakaan."— Transcript presentasi:

1 Risiko operasional yang ada pada PT ANTAM Tbk

2 Berdasarkan data laporan kecelakaan PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor tahun 2007 telah terjadi kecelakaan sebanyak 63 orang diantaranya bersumber dari perkakas bengkel dan tambang yaitu sebanyak 18 orang, alat angkut orang sebanyak 14 orang, kondisi kerja 13 orang, alat angkut bahan galian 5 orang, dan sumber-sumber lainnya. Sementara itu, berdasarkan data kecelakan kerja PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor tahun 2006 telah terjadi kasus kecelakaan yang mengakibatkan kematian pada pekerja pengelasan yang merupakan salah satu pekerjaan di Bengkel Pabrik yang disebabkan terkena sengatan arus listik.

3 Apakah yang salah? tingkat risiko yang mempunyai nilai tertinggi pada pengelasan di Bengkel Pabrik PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor yaitu tersengat listrik di area basah dan terjatuh dari ketinggian lebih dari 2 meter dan keracunan gas

4 Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? unsafe codition seperti benda kerja tidak tertata rapi di luar workshop yang merupakan jalur lintasan berjalan

5 Apa akibatnya? 1. Bahaya mekanik (mechanical hazard) yaitu terbentur, tergores, terpeleset, terjatuh, terjepit, terkena percikan benda kerja, terpukul, tertusuk, terpotong dan tertimpa. Bahaya- bahaya ini diakibatkan oleh benda-benda atau proses yang bergerak. 2. Bahaya elektrik (electric hazard) yaitu terkena percikan api las listrik, dan tersengat listrik. Bahaya ini berasal dari arus listrik yang digunakan sebagai energi panas pada pekerjaan pengelasan dengan mesin las listrik. 3. Bahaya kimia (chemical hazard) yaitu tersengat api las gas, terbakar karena tabung gas meledak atau percikan api las mengenai bahan kimia yang mudah terbakar dan keracunan gas. Bahaya ini disebabkan karena bahan kimia yang menimbulkan terjadinya risiko keselamatan.

6 Berapa besar kemungkinan itu? Besar kemungkinan terjadinya risiko sebab

7 Untuk meminimalisir risiko-risiko ini, Perusahaan dan Entitas Anak secara konsisten memberikan pelatihan dan pendidikan kepada karyawannya, menunjuk profesional kontraktor, menerapkan zero- accident policy, membina hubungan yang baik dengan karyawan dan warga sekitar, serta menerapkan tata kelola lingkungan yang memenuhi standar internasional.

8 referensi skripsi skripsi 291/1/AHMAD%20DHARIEF%20DAHLAWY-FKIK.pdf, skripsi 291/1/AHMAD%20DHARIEF%20DAHLAWY-FKIK.pdf ATI.pdf, skripsi ATI.pdf (Official situs pt antam tbk) am-gurandil-terjebak-11-hari-satu-tewas. surat kabar online am-gurandil-terjebak-11-hari-satu-tewas


Download ppt "Risiko operasional yang ada pada PT ANTAM Tbk. Berdasarkan data laporan kecelakaan PT. ANTAM Tbk UBP Emas Pongkor tahun 2007 telah terjadi kecelakaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google