Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ely Sapto Utomo Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma BAB I : P E N D A H U L U A N MANAJEMEN KEUANGAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ely Sapto Utomo Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma BAB I : P E N D A H U L U A N MANAJEMEN KEUANGAN."— Transcript presentasi:

1 Ely Sapto Utomo Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma BAB I : P E N D A H U L U A N MANAJEMEN KEUANGAN

2 Peranan Manajemen Keuangan  Apa yang dimaksud dengan Manajemen Keuangan?  Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Keputusan Manajemen Aset  Tujuan Perusahaan  Penciptaan Nilai, Problem Agensi, Tanggungjawab Sosial Perusahaan  Tata Kelola Perusahaan  Peran Dewan Direksi

3 TUJUAN PERUSAHAAN  Mencapai atau memperoleh laba maksimum untuk kemakmuran pemilik perusahaan.  Menjaga kelangsungan hidup perusahaan (going concern)  Mencapai kesejahteraan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan

4 PENGERTIAN  Bambang Riyanto (2001:4) Manajemen Kenangan (financial Manajemen) Adalah Keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan dana atau mengalokasikan dana (Pembelanjaaan dari arti luas)  Suad Husnan (2002:4) Manajemen Keuangan adalah pengaturan kegiatan keuangan. Jadi Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Jadi Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

5 Fungsi Manajemen Keuangan  Perencanaan Keuangan Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan- kegiatan lainnya untuk periode tertentu.  Penganggaran Keuangan Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.  Pengelolaan Keuangan Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.  Pencarian Keuangan Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.  Perencanaan Keuangan Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan- kegiatan lainnya untuk periode tertentu.  Penganggaran Keuangan Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.  Pengelolaan Keuangan Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.  Pencarian Keuangan Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.

6 Fungsi Manajemen Keuangan  Penyimpanan Keuangan Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.  Pengendalian Keuangan Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.  Pemeriksaan Keuangan Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.  Penyimpanan Keuangan Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.  Pengendalian Keuangan Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.  Pemeriksaan Keuangan Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

7 Bambang Riyanto (2001:6)  Fungsi memperoleh dana (obtaining of fund) atau fungsi pendanaan  Fungsi menggunakan atau mengalokasikan dan (allocation of fund) NERACA ! **Menggunakan Dana ! Memperoleh dana

8 FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN (1)  Keputusan investasi (investment decision) investasi diartikan sebagai penanaman modal perusahaan pada aktiva riil maupun aktiva finansial. keputusan finansial merupakan keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan investasi akan berpengaruh langsung terhadap besarnya rentabilitas investasi (return on investment) dan aliran kas perusahaan pada masa yang akan datang.

9  Fungsi Pendanaan (financing Decision) keputusan pendanaan mempelajari sumber-sumber dana yang berada di sisi pasiva. Untuk itu perlu diperhatikan sumber dana yang biayanya paling minimal dan syarat-syarat yang menguntungkan. Pemenuhan dana dapat dilakukan melalui sumber intern dan sumber ekstern perusahaan. FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN (2)

10 Keputusan Deviden (Dividend Decision) keputusan ini dilakukan untuk menentukan  besarnya persentase laba yang dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk cash dividen,  stabilitas dividen yang akan dibagikan,  dividen saham (stock dividend),  pemecahan saham (stock split), dan  penarikan kembali saham yang beredar. FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN (3)

11 Tugas Pokok Manejemen Keuagan 1. Mendapatkan Dana Perusahaan / Kebijakan Pendanaan 2. Menggunakan Dana Perusahaan / Kebijakan Investasi 3. Membagi Keuntungan (laba) Perusahaan / Kebijakan Deviden

12 TUJUAN PERUSAHAN  MAKSIMISASI KEUNTUNGAN Kelemahan : pandangannya jangka pendek mengabaikan unsur waktu meninggalkan aspek sosial. Kelemahan : pandangannya jangka pendek mengabaikan unsur waktu meninggalkan aspek sosial.  … dapat memperoleh hasil sebanyak mungkin dan menekan ongkos yang serendah mungkin.  … maksimisasi laba lebih sempit sifatnya dari pada maksimisasi nilai.

13 MAKSIMISASI KEMAKMURAN Maksimisasi Kemakmuran  … memaksimumkan nilai dari perusahaan  … maksimisasi dari kesejahteraan dan kesejahteraan adalah merupakan nilai sekarang dari perusahaan terhadap prospek masa depan.  Nilai perusahaan merupkan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual.  Bagi perusahaan yang menerbitkan saham di pasar modal harga saham yang diperjual belikan di bursa merupakan indikator nilai perusahaan.

14 FUNGSI MANAJEMEN Fungsi pengendalian likuiditas, yang meliputi :  perencanaan aliran kas;  pencarian dana  menjaga hubungan baik dengan lembaga keuangan. Fungsi pengendalian laba  pengendalian biaya;  penentuan harga;  perencanaan laba  pengukuran biaya. Fungsi manajemen, dalam hal ini harus melakukan manajemen terhadap aktiva dan manajemen terhadap dana. Fungsi pengendalian likuiditas, yang meliputi :  perencanaan aliran kas;  pencarian dana  menjaga hubungan baik dengan lembaga keuangan. Fungsi pengendalian laba  pengendalian biaya;  penentuan harga;  perencanaan laba  pengukuran biaya. Fungsi manajemen, dalam hal ini harus melakukan manajemen terhadap aktiva dan manajemen terhadap dana.

15 Peranan Keuangan dalam Organisasi Bisnis


Download ppt "Ely Sapto Utomo Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma BAB I : P E N D A H U L U A N MANAJEMEN KEUANGAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google