Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN PENDAHULUAN MAKSUD DAN TUJUAN MENGAPA HARUS TIPOLOGI BANGUNAN ? MEMAHAMI ? TERLIBAT ? - Keanekaragaman tentang corak dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN PENDAHULUAN MAKSUD DAN TUJUAN MENGAPA HARUS TIPOLOGI BANGUNAN ? MEMAHAMI ? TERLIBAT ? - Keanekaragaman tentang corak dan."— Transcript presentasi:

1 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN PENDAHULUAN MAKSUD DAN TUJUAN MENGAPA HARUS TIPOLOGI BANGUNAN ? MEMAHAMI ? TERLIBAT ? - Keanekaragaman tentang corak dan arah yang terus berkembang sesuai perjalan waktu. - Peran serta sebagai arsitek sangat penting, untuk memberi keanekaragaman dalam lingkungan. MEMAHAMI MENGANALISA - Mengetahui fungsi suatu obyek - Mencari bentuk sederhana suatu bangunan melalui pencarian bangunan dasar serta sifat dasarnya - Menggali dari sejarah untuk mengetahui ide awal dari suatu komposisi. !?  Rancangan selalu memiliki satu ciri-ciri dasar, kemiripan atau keserupaan tetapi bukan jiplakan / yang pernah ada, memunculkan sesuatu kekhususan dan daya tarik dalam rancangan kita  Kemampuan olah pikir melihat lingkungan dengan pengolongan keserupaan terhadap keanekaragaman yang ada di lingkungan kita

2 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN PEMAHAMAN TIPOLOGI Pemahaman ARSITEKTUR ? A. Pengertian ARSITEKTUR Dikelompokan menjadi tiga kelompok besar 1. Demetri Porphyrios dan pemikir aliran Purna modern mengatakan dua kelompok sesuatu bangunan menunjukan bentukan yang disebut “BAGUNAN” 2. Kelompok ketiga penentu utama suatu bangunan yang disebut “ARSITEKTUR“ ( sumber : Prijotomo, 1989  diringkas ) B. Perbedaan antara Bangunan dan Arsitektur BANGUNAN ARSITEKTUR 1. Kelompok Daya Guna 2. Kelompok Jaminan Kesalamatan Kelompok Daya Guna Batiniah  Estetika, simbolisme, kekhasan batiniah lokal., citra dan cita arsitektur, keterkaitan dengan dengan lokalitas. “ Kelompok ini belum disebut Arsitektur “ “ Komposisi atas segenap unsur2 ragawi akan timbul kontak-kontak batin dalam diri, maka dapat disebut Arsitektur “ ( sumber : Prijotomo, 1989  diringkas )

3 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN TERMINOLOGI TIPOLOGI Definisi Umum Tipologi I. Arti Harfiah ? Ilmu yag mengurusi segala sesuatu tentang “ Tipe ” II. Definisi Tipologi Dalam Arsitektur Perbedaan pengertian Tipologi terjadi pada interpretasi tentang arti kata “ TIPE “ A. Definisi Tipologi I, ada Tiga Kutup Utama ( kegunaan, maksud, tujuan ) 1.Definisi I - Tipologi merupakan sebuah Totalitas kekhususan produksi arsitektur suatu masyarakat / suatu kelas sosial. - Tipologi adalah kalsifikasi tipe-tipe yang di ilhami secara sosial terkait pada morfologi kota. 2. Definisi II - Didasarkan karakteristik spatial dan formal dari sebuah tipe - Tipe spatial ( kuil dengan denah berbangun lingkaran dapat ditemukan pada periode- periode sejarah yang berbeda dan pada masyarakat yang beragam ) 3. Definisi III - Didasarkan pengklasifikasian bangunan menurut penggunaan dan karakteristik kelembagaannya - Kualitas selalu konsisten dalam masyarakat yang berbeda dan terus menerus sepanjang sejarah  gereja, sekolah, pemandian, rumah sakit, dll. ( Sumber : Pendekatan Kontekstual Kepada Tipologi pada Ecole des Beaux-Arts  diringkas )

4 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN - Tipologi dapat diklasifikasikan sebagai sebuah konsep yang mendeskripsikan sebuah kelompok obyek arsitektural atas dasar kesamaan karakter bentuk-bentuk dasarnya. Misal mengklasifikasian dalam hubungannya dengan bentuk kota dari periode sejarah yang khusus - Tipologi berlandaskan kepada kemungkinan mengelompokkan beberapa obyek arsitektural kerena mempunyai kesamaan sifat ( Sumber : Vidler, Anthony, 1976 )  diringkas ) - Bentuk2 arsitektural disederhanakan menjadi bangun2 asal elementernya yang geometrik - Given types berasal dari sejarah, dapat juga merupakan hasil penemuan - Jenis2 selalu given types yaitu elemen2 yang merupakan bagian dari suatu sistem ( proyek komposisi ), tetapi sekaligus berdiri sendiri dari sistem ( Sumber : Pendekatan Kontekstual Kepada Tipologi pada Ecole des Beaux-Arts  diringkas ) C. Tipologi Bangunan adalah sebuah studi tentang penggabungan elemen2 yang memungkinkan untuk mencapai suatu klasifikasi organisme arsitektural melalui tipe-tipe. B. Definisi Tipologi arsitektur dibangun dalam bentuk arsip dari given types,

5 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN ( Sumber : Jurnal or Architectural Education, Vol. XXXV  diringkas ) III. Definisi Tipologi menurut Ecole Des Beaux-Arts -Tipe di artikan sebagai “ gaya “ arsitektur pada massa tertentu dan terdapat dalam kelompok masyarakat tertentu -Tipe dianggap sebagai suatu fungsi / karakteristik institusional yang di miliki oleh suatu obyek  Tipologi adalah klasifikasi dari obyek-obyek dan tipe dalai suatu obyek abstrak yang dibuat seseorang yang melakukan klasifikasi tersebut. Tipe itu sendiri diberikan ciri dengan sejumlah obyek dengan sifat permanen dan sama tergantung penoloknya. IV. Definisi Tipologi menurut Budi A. Sukada Tipologi adalah penelusuran asal-usul terbentuknya obyek2 arsitektural yang terdiri dari tiga tahap : a. Menentukan bentuk dasar ( formal Structurs ) yang ada di dalam tiap obyek arsitektural  bentuk dasar unsur-unsur geometri utama. b. Menentukan sifat dasar ( properties ), tiap obyek. Lingkaran  memusat c. mempelajari proses perkembangan bentuk dasar sampai perwujudannya saat ini V. Definisi Tipologi menurut Rafael Moneo Tipologi dapat didefinisikan sebagai sebuah konsep yang memberikan ( describe ) sebuah kelompok obyek atas dasar kesamaan sifat2 dasar. Tipologi dapat berarti tindakan berfikir dalam rangka pengelmompokan.

6 ( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN VI. Definisi Tipologi menurut Carlo Aymonino -Tipologi adalah ilmu yang mempelajari kemungkinan penggabungan elemen-elemen dengan tipe-tipe yang tujuannya untuk mendapatkan klasifikasi organisme-organisme arsitektural. -Tipologi sebagai suatu studi tentang elemen organisasional dan struktural yang artifisial (bangunan, jalan, taman, komponen2 kota, dll ) dalam tujuannya dan hubungannya ke bentukkota pada kurun sejarah yang spesifik. Dasar Tipologi menurut tujuan klasifikasi dibedakan menjadi dua ( lepas dari tuuan nilai2 estetis ) : a. Tipologi bebas : bertujuan klasifikasi dengan tipe2 formal, menyediakan suatu metode untuk analisis dan perbandingan untuk fenomena2 seni. b. Tipologi terapan yang bertujuan klasifikasi dengan tipe2 fungsional yang memberikan metode analisis dari fenomena2 yang membentuk suatu keseluruhan. VII. Rangkuman Umum Definisi TIPOLOGI Arsitektural, Tipologi adalah suatu suatu kegiatan untuk mempelajari tipe dari obyek2 arsitektural, dan mengelompokkannya dalam suatu klasifikasi tipe berdasarkan kesamaan / keserupaan dalam hal-hal tertentu yang dimiliki oleh obyek arsitektural tersebut, kesamaan tersebut dapat berupa : a. Kesamaan bentuk dasar/ sifat2 dasar seturut dengan bentuk dasar tersebut ( TIPOLOGI GEOMETRI ). b. Kesamaan fungsi obyek-obyek ( TIPOLOGI FUNGSI BANGUNAN ) c. Kesamaan asal-usul/perkembangan dan latar belakang sosial masyarakat obyek berada ( TIPOLOGI LANGGAM ) “ Tipe suatu obyek arsitektural dapat di sefinisikan sebagai kriteria tertentu dalam bentuk, Sifat Dasar, Fungsi dan Asal-Usul yang di miliki oleh obyek tersebut “.


Download ppt "( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN PENDAHULUAN MAKSUD DAN TUJUAN MENGAPA HARUS TIPOLOGI BANGUNAN ? MEMAHAMI ? TERLIBAT ? - Keanekaragaman tentang corak dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google