Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rusdianto. Pro: Hubungan yang Logis antara dua konsep.(Aksioma/Postulat & Teorem) Aksioma/postulat: proposisi yg kebenarannya tdk dipertanyakan lagi oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rusdianto. Pro: Hubungan yang Logis antara dua konsep.(Aksioma/Postulat & Teorem) Aksioma/postulat: proposisi yg kebenarannya tdk dipertanyakan lagi oleh."— Transcript presentasi:

1 Rusdianto

2 Pro: Hubungan yang Logis antara dua konsep.(Aksioma/Postulat & Teorem) Aksioma/postulat: proposisi yg kebenarannya tdk dipertanyakan lagi oleh peneliti. (misal, orang yang terbukti korupsi terkena sanksi ) Teorem: Proposisi yang dideduksikan dari aksioma. Misal: Perilaku manusia terikat pada norma sosial ; Faktor kemiskinan ikut berpengaruh meningkatkan angka kejahatan; Frustasi menyebabkan tindakan agresif.

3 1. Pernyataan itu harus abstrak 2. Pernyataan itu harus tematis 3. Pernyataan itu harus konsisten secara logika 4. Pernyataan itu harus dijelaskan 5. Pernyataan itu harus umum pada prinsipnya 6. Pernyataan itu harus independen 7. Pernyataan secara substantif harus valid

4 1. Teori Formal. ◦ Mencoba menghasilkan suatu skema konsep dan pernyataan dlm masyarakat atau interaksi keseluruhan manusia. ◦ Berusaha menciptakan agenda keseluruhan untuk praktek teoretis masa depan thd klaim paradigma yg berlawanan ◦ Berusaha mempunyai karakter yang fondasional, yaitu mencoba untuk mengidentifikasi seperangkat prinsip tunggal yg merupakan landasan puncak untuk kehidupan dan bagaimana semuanya dpt diterangkan.

5 2. Teori Substantif. Teori ini mencoba untuk menjelaskan hal yang lebih kepada menjelaskan hal-hal khusus, misalnya: hak pekerja, dominasi politik, perilaku menyimpang.

6 3. Teori Positivistik. Teori ini mencoba untuk menjelaskan hubungan empiris antara variabel dengan menunjukkan bahwa variabel-variabel itu dpt disimpulkan dari pernyataan-pernyataan teoritis yg lebih abstrak.

7  Menjelaskan (Teori hukum dilaksanakan dg cara menafsirkan sesuatu arti/pengertian, sesuatu syarat atau unsur sahnya suatu peristiwa hukum, dan hirarkhi kekuatan peraturan hukum)  Menilai (TH digunakan untuk menilai suatu peristiwa hukum)  Memprediksi (TH digunakan untuk membuat perkiraan tentang sesuatu yang akan terjadi)

8 1. Teori berguna untuk lebih mempertajam atau lebih mengkhususkan fakta yg hendak diselidiki atau diuji kebenarannya. 2. Teori berguna mengembangkan sistem klasifikasi fakta, membina struktur konsep-konsep serta memperkembangkan definisi-definisi. 3. Teori biasanya merupakan suatu ikhtisar hal2 yang telah diketahui serta diuji kebenarannya yg menyangkut obyek yg diteliti.

9 4. Teori memberikan kemungkinan pada prediksi fakta mendatang, oleh karena telah diketahui sebab-sebab terjadinya fakta tersebut dan mungkin faktor2 tersebut akan timbul lagi pada masa-masa mendatang. 5. Teori memberikan petunjuk2 terhadap kekurangan2 pada pengetahuan peneliti.

10  Ilmu atau disiplin hukum yang dlm perspektif interdisipliner dan eksternal  secara kritis menganalisis berbagai aspek gejala hukum  baik tersendiri maupun dalam kaitan keseluruhan  baik dalam konsepsi teoritisnya maupun dalam kaitan keseluruhan  baik dalam konsepsi teoretisnya maupun dalam pengejawantahan praktisnya

11 Untuk memperoleh pemahaman yg lebih baik dan memberikan penjelasan sejernih mungkin tentang bahan hukum yang tersaji dan kegiatan yuridis dalam kenyataan kemasyarakatan. (TIH: Teori Hukum, Hukum dan Logika, Metodologi)

12  Berasal dari istilah legal theory, yurisprudence, rechtstheory. (Abad 19). Diawali minat fakultas hukum yg mengalami kelesuan krn terlalu abstrak & spekulatif. Realitas terlalu kongkret dan terikat ruang dan waktu.  Dilatari dg keberadaan disiplin ilmiah ttg hukum memunculkan the challenge of synthesis (selznick-nonet) ---- sistematikal-metodikal- rasional=interdisipliner

13  Pokok telaah: a.analisis pengertian hukum, pengertian & struktur sistem hukum, sifat dan struktur kaidah hukum atau asas hukum; b.metode penerapan hukum; c.epistomologi hk; d.kritik thd kaidah hukum positif  Tugas teori hukum (Radbruch): membuat jelas nilai-nilai serta postulat-postulat hukum sampai kepada landasan filosofisnya yang tertinggi.

14 Legal theory is concerned with the practical problem of law, but it approaches them from the outside, using the tools of other discipline... (Such as economic, sociology, and psychology)

15 Jurisprudensi Model Sociological Model TRADISI BESAR TRADISI BARU 1. Penguasaan Hk Positif 1. Theory building 2. Menerapkan Hukum 2. Pendidikan Keilmuan 3. Problem solving 3. L Scientist, L.Teorist 4. Pragmatis 4. Deskriptif 5. Pendidikan Profesional 5. Ilmu Dasar 6. Legal Craftmanship 6. Penelitian Socio-legal 7. Preskriptif 8. Ilmu Terapan 9. Penelitian Doktrinal

16 Jurisprudensi Model: 1. Sistem aturan aturan tertulis yg ada, ditetapkan dlm bentuk kodifikasi oleh negara. 2. Sistematisasi aturan tertulis yang ada dibentuk dalam suatu badan hukum yg relevan didasarkan pada beberapa prinsip justifikasi yg koordinatif. 3. Aplikasi doktrin wacana hukum yg disusun oleh morphologi yg relevan (arti kata) dan struktur sintaksis untuk melakukan pertimbangan hukum yg benar. 4. Aplikasi formal, logika untuk proposisi dan doktrin yg abstrak dan umum dg penggunaan wacana hukum thd situasi-situasi faktual oleh bagian khusus. 5. Bagaimana semua konflik dpt dimasukkan dalam beberapa postulat absolut.

17 Sociological Model 1. Evolusi, stabilitas, fungsi dan pembenaran bentuk-bentuk kontrol sosial; 2. Bentuk-bentuk pemikiran dan pemahaman hukum jika dihubungkan dg aturan/tatanan ekonomi politik tertentu. 3. Prinsip-2 legitimasi dan pengaruh-2 yg berevolusi dg pengaruh dan prinsip. 4. Penyebab perkembangan bentuk kontrol sosial. 5. Transmisi metode pemahaman hukum yg benar. 6. Penciptaan subyek yuridis dg hak-hak formal, abstrak dan universal.

18 Perbandingan Jurisprudence dan sociological model J MSM FocusRulesSocial Structure ProcessLogicBehavior ScopeUniversalVariabel PerspectiveParticipantObserver Purpose Goal Practical Decision Scientific Explanation


Download ppt "Rusdianto. Pro: Hubungan yang Logis antara dua konsep.(Aksioma/Postulat & Teorem) Aksioma/postulat: proposisi yg kebenarannya tdk dipertanyakan lagi oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google