Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CARA KERJA E-MAIL Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CARA KERJA E-MAIL Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email."— Transcript presentasi:

1 CARA KERJA E-MAIL Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email

2 Email dengan Post Office Protocol (POP) dan Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) Pengiriman email ini memungkinkan suatu protokol mengirim dan menerima email dari satu server ke servel lainya. Protokol ini Post Office Protocol (POP) merupalan protokol yang mengambil kotak surat dari server ke komputer anda, saat ini POP sudah berada di level 3 dan disebut sebagai POP3. Sedangkan Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim Sura Elektronik dari komputer anda ke server yang di tuju. Sehingga dengan POP dan SMTP berkas email yang di kirim oleh pengirim dapat di unduh ke komputer anda.

3 Web based email atau sering di ksebut Email berbasis Web  Email jenis ini pada dasarnya sama saja dengan email berbasis POP dan SMTP. Hanya saja email jenis ini anda tidak perlu mengunduh dari kotak sura yang ada di server ke komputer anda. Anda tinggal membuka web tertentu seperti Gmail, Yahoo mail dll, untuk membaca dan mengirimkan email anda.

4 Prinsip Kerja Plain text email Plain text email adalah jenis email yang isinya diformat menggunakan sistem American Standart Code for Information Interchange (ASCII). Tulisan yang dibuat dengan format ini tidak dapat dimodifikasi seperti warna, ukuran, jenis font dan lain sebagainya. Semua sesuai dengan aslinya. Tidak ada pengolahan atau penambahan aksesoris. HTML email HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language yang merupakan bahasa standar yang digunakan untuk mengatur penampilan informasi di Internet. Email yang menggunakan format ini umumnya dapat disesuaikan dengan selera pengirimnya. Dengan begitu email tersebut dapat ditambahkan macam-macam aksesoris, seperti penggantian jenis font, warna font dan juga besaran font pada tiap bagian surat.

5 CARA KERJA Ani (ani@a.id) menulis e-mail-nya di komputer menggunakan perangkat lunak untuk menulis e-mail, seperti, Thunderbird atau Evolution. Pada kolom To: di masukan alamat tujuan e-mail dalam hal ini beno@b.id. Tombol “Send” di tekan untuk mengirimkan e-mail ke mesin SMTP Server milik ISP A yang bernama smtp.a.id. Setelah mesin smtp.a.id menerima e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id). Server smtp.a.id men-cek alamat e-mail tujuan (dalam hal ini beno@b.id). Mesin smtp.a.id membutuhkan informasi ke server mana e-mail untuk mesin b.id harus di tujukan. Untuk memperoleh informasi tersebut mesin smtp.a.id bertanya ke Name Server (NS) ns.b.id di Internet yang membawa informasi tentang domain b.id.

6 CARA KERJA Mesin Name Server ns.b.id memberitahukan mesin smtp.a.id, bahwa semua e-mail yang ditujukan kepada b.id harus dikirim kepada mesin smtp.b.id. Setelah memperoleh jawaban dari ns.b.id, bahwa e-mail harus dikirim ke mesin smtp.b.id, maka mesin smtp.a.id berusaha untuk menghubungi mesin smtp.b.id. Setelah mesin smtp.b.id berhasil di hubungi, mesin smtp.a.id akan mengirimkan teks e-mail dari Ani (ani@a.id) yang ditujukan kepada Beno (beno@b.id) ke mesin smtp.b.id.

7 CARA KERJA Beno (beno@b.id) yang sedang menjalan perangkat lunak pembaca e-mail di komputer- nya akan mengambil e-mail dari server smtp.b.id. E-mail dari Ani (ani@a.id) akan terambil dan dapat di baca secara lokal di komputer Beno (beno@b.id).


Download ppt "CARA KERJA E-MAIL Prinsip Kerja dan Proses Pengiriman Email."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google