Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tafrikah 01210058 Management.  1985  Pada tanggal 18 April 1985, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Dengan restoran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tafrikah 01210058 Management.  1985  Pada tanggal 18 April 1985, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Dengan restoran."— Transcript presentasi:

1 Tafrikah Management

2  1985  Pada tanggal 18 April 1985, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Dengan restoran pertama berlokasi di Kebun Kacang, Jakarta. Hoka Hoka Bento menyajikan makanan jepang yang sehat, variatif, higienis, cepat saji dengan harga terjangkau serta suasana yang nyaman. Hal ini menjadikan Hoka Hoka Bento sebagai restoran dengan konsep “Japanese Fast Food” terbesar di Indonesia.  1990  Hoka Hoka Bento mengembangkan sayap ke Bandung dan sampai saat ini telah ada 17 store yang tersebar di seluruh kota Bandung.  2005  Hoka Hoka Bento membuka store pertama di Surabaya. Seiring dengan perjalanan waktu hingga saat ini sudah ada 13 store di Surabaya dan mulai tanggal 18 Juli 2008 Hoka Hoka Bento pertama dibuka di kota Malang.  2008  Tepatnya sampai dengan Juli 2008, selama kurun waktu 23 tahun, Hoka Hoka Bento telah tumbuh dan berkembang dengan menghadirkan 97 store yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Cilegon, Surabaya dan Malang April, Hoka Hoka Bento genap berusia 25 tahun, dan pada tahun yang sama HokBen mengembangkan sayap ke Wilayah Jawa Tengah di beberapa kota seperti di Jogja 26 Mei 2010, Semarang 9 Juni 2010 & Solo 13 November 2010 dan juga wilayah Bali 16 November 2010.

3  VISI : Leading Japanese Style Food Provider With Best Quality (pemimpin dalam industri makanan bergaya Jepang dengan kualitas terbaik ) MISI : Creating Sollutions for our customers by providing best quality Japanese Style Foods and Services with Advanced People (menciptakan solusi bagi pelanggan dengan menyediakan makanan bergaya Jepang dan layanan yang terbaik melalui orang-orang yang ahli di bidangnya )

4 ◦ John Elkingston’s menegaskan “Corporate Social Responsibility is a concept that organisation especially (but not only) corporations, have an obligation to consider the interestts of costomers, employees, shareholders, communities, and ecological considerations in all aspectr of theiroperations. This obligation is been to extend beyond their statutory obligation to comply with legislation”.   Penjelasan pasal 15 huruf b UU Penanaman Modal menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan “tanggung jawab sosial perusahaan” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanaman modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat “.  Pasal 1 angka 3 UUPT, tangung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya.

5  Dengan CSR, keberadaan perusahaan akan menjadi sangat bermanfaat, sehingga dapat menjalankan misinya untuk meraih optimalisasi profit, sekaligus dapat menjalankan misi sosialnya untuk kepentingan masyarakat.

6  Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, memerlukan pendidikan yang layak agar dapat mewujudkan cita-citanya dan memiliki kehidupan yang lebih baik. Sayangnya masih banyak anak-anak Indonesia yang belum dapat mengenyam pendidikan dengan fasilitas yang cukup memadai. Kondisi yang memprihatinkan tersebut telah mengetuk pintu hati serta membangkitkan semangat kepedulian Hoka Hoka Bento, untuk turut serta berpartisipasi membantu anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih layak

7  Sejalan dengan program CSR – Corporate Social Responsibility Hoka Hoka Bento yang terfokus pada pendidikan anak-anak Indonesia, maka Hoka Hoka Bento terus berusaha untuk dapat berperan serta dalam meningkatkan kualitas maupun fasilitas pendidikan anak-anak Indonesia yang kurang beruntung. Salah satu cara yang dilakukan Hoka Hoka Bento dalam meningkatan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan mengumpulkan dana melalui penjualan agenda dan kalender. Pengumpulan dana yang melibatkan para pelanggan setia Hoka Hoka Bento dalam program sosial tersebut, rutin dilakukan setiap tahunnya sejak tahun Berikut ini hasil yang telah disumbangkan dari tahun ke tahun : ,022, ,260, ,301, ,890, ,853, ,025,646, ,172,372, ,400,223,  Sebetulnya kegiatan pemberian bantuan bea siswa kepada masyarakat yang kurang mampu sudah dilaksanakan sejak tahun 1999; namun waktu itu baru merupakan kegiatan sosial Hoka Hoka Bento karena Divisi CSR belum terbentuk. Divisi CSR baru terbentuk tahun  Sejak tahun 2001 sampai dengan 2008 seluruh dana sosial Hoka Hoka Bento disalurkan melalui Yayasan yang dikelola oleh Dua Televisi swasta terbesar di Indonesia.  Baru mulai tahun 2009 seluruh hasil yang terkumpul dikelola langsung oleh Hoka Hoka Bento melalui program CSR dan diaudit oleh Akuntan Publik.

8 1.Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal 2011 dan untuk meringankan beban Panti, pada tanggal 10 Desember 2011, Hokben Peduli Sesama berkunjung ke Panti Asuhan Pondok Damai - Pondok Gede Bekasi melaksanakan bakti sosia  2.Berbagi Kasih dengan Panti Asuhan Pondok Damai - Bekasi Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal 2011 dan untuk meringankan beban Panti, pada tanggal 10 Desember 2011, Hokben Peduli Sesama berkunjung ke Panti Asuhan Pondok Damai - Pondok Gede Bekasi melaksanakan bakti sosial

9  3.Donor Darah Karyawan Bandung, Jakarta dan Surabaya 2011 Setetes darah anda menambah kehidupan seseorang. Program ini sudah menjadi program routin CSR Hokben dua kali dalam setahun karyawan Hoka Hoka Bento menyumbangkan darahnya bagi mereka yang sangat membutuhkan.  4.Bukber 2011 Bersama Anak Panti Asuhan Darul Masholeh Cirebon Dalam rangka soft opening HHB di Kota Cirebon, pada tanggal 23 Agustus 2011 Hoka Hoka Bento mengadakan buka puasa bersama dengan 100 orang anak Panti Asuhan Darul Masholeh yang berlokasi di Jln Penggung Kedung Menjangan, Kalijaga Brajamukti Cirebon dengan tema Hokben Berbagi.  5.Santunan Jompo Menyambut Hari Raya Idul Fitri 2011 Selain mengadakan Safari Ramadhan dengan mengunjungi 23 Panti Asuhan anak anak Yatim Piatu, dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 2011, Hokben memberikan santunan sembako kepada 109 orang lanjut usia kurang mampu yang tinggal bersama keluarganya di RW 07 Kel Susukan dan RW 09 Kel Ciracas Jakarta Timur, dengan tujuan agar bisa ikut merasakan kegembiraan pada hari yang difitrikan.  6.Roadshow Bukber 2011 ke 23 Panti Asuhan Se'Jawa-Bali Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadham, mulai tanggal 3 Agustus 2011 Hoka Hoka Bento melaksanakan acara buka puasa bersama anak anak dari 23 Panti Asuhan yang tersebar di beberapa kota,  7.Bakti Sosial di Wilayah Jabodetabek, Bandung dan Sukabumi Setelah memberikan makan siang kepada masyarakat pengungsi korban meletusnya gunung Merapi di Kecamatan Ngluar dan Salam Kabupaten Magelang pada tanggal 30 Mei dan 6 Juni 2011,  8.Pemberian Makan Kepada Pengungsi Korban Merapi di Magelang Tujuh bulan sudah Erupsi Merapi berlalu, dampak yang ditinggalkan sampai saat ini masih dirasa oleh masyarakat dari Kecamatan Ngluwar dan Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.   9.Bantuan Modal Usaha Bagi Keluarga Miskin di Wilayah Depok Bersamaan pemberian Beasiswa kepada Muhamad Irvan pelajar SMK Wira Buana Bojong Gede Bogor, pada tanggal 1 Maret 2011 telah dilakukan juga penyerahan bantuan modal usaha jualan Gado Gado sebesar Rp ,- kepada keluarga bpk Taufik warga Citayam Bogor Jawa Barat.

10  Sebagai wujud kepedulian Hoka Hoka Bento kepada masyarakat Surabaya, pada tanggal 16 dan 17 Februari 2012 Hokben Cinta Pendidikan telah memberikan beasiswa cepat guna kepada 75 orang siswa siswi SMK kelas XII serta siswa siswi penghuni Panti Asuhan  BEASISWA CEPAT GUNA HOKBEN Sebagai wujud kepedulian Hoka Hoka Bento kepada masyarakat Surabaya, pada tanggal 16 dan 17 Februari 2012 Hokben Cinta Pendidikan telah memberikan beasiswa cepat guna kepada 75 orang siswa siswi SMK kelas XII serta siswa siswi penghuni Panti Asuhan  BEASISWA PRESTASI ANAK PANTI ASUHAN Dalam rangka menyambut hari Raya Keagamaan Natal 2011 Hokben Cinta Pendidikan kembali memberikan beasiswa bagi anak anak Penghuni Panti yang berprestasi.  Beasiswa Lingkungan Office Ciracas, Susukan dan Kebon Kacang 2011 Setiap makluk hidup pasti selalu berinteraksi dengan kanan kirinya. Begitu pula Hoka Hoka Bento tidak hanya memperhatikan karyawannya saja tetapi juga sangat memperhatikan para tetangga kanan kirinya.  Beasiswa Orang Tua Asuh Jember Beasiswa orang tua asuh adalah bentuk beasiswa yang dikategorikan kedalam program beasiswa anak putus sekolah. Untuk anak putus sekolah ini, Hokben memisahkan antara anak putus sekolah kurang dari 3 tahun dan putus sekolah diatas 3 tahun.  Beasiswa Orang Tua Asuh Jakarta Sungguh berat memang bagi seorang buruh kasar yang bekerjanya tidak menentu dengan penghasilan yang tidak menentu juga seperti orang tua dari Muhamad Supriyadi Yusuf salah satu pelajar klas 3 SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta  Beasiswa Lingkungan Office Kostrad - Kopassus 2011 Menyadari persaingan yang cukup ketat untuk mendapatkan suatu pekerjaan dan agar mampu bersaing di pasaran kerja seorang siswa harus memiliki kemampuan lebih dibandingkan teman teman yang lain.

11  Demikian program-program yang diadakan oleh Restoran Hoka-Hoka Bento melalui CSR.   Kelebihan:  1.Dalam penggalangan dana melibatkan pelanggan / customer Hokben,sehingga bersama berbagi kasih dengan yang lain.  2.CSR membantu kesejahteraan keluarga karyawan yang tidak mampu dan masyarakat sekitar perusahaan yang tidak mampu.  3.Program CSR yang tidak terfokus pada satu titik.  4.CSR sebagai media promosi perusahaan.  5.Keterlibatan semua karyawan dalam pelaksanaan program.  Kekurangan:  1.Penggalangan dana yang melibatkan customer hokben membuat Hokben terkesan meminta sumbangan melalui program Kalender tiap tahunnya.  2.Untuk desain kalender kurang variatif sehingga customer banyak yang kurang berminat.  3.Dalam pemberian bantuan bagi keluarga karyawan lebih terfokus pada karyawan produksi ( pusat ) saja,untuk karyawan restoran kurang diperhatikan.  4.Kurangnya cabang –cabang Hokben didaerah sehingga masih belum banyak orang yang tahu apa itu Hokben dengan program CSRnya.  5.dikelola sendiri untuk dananya membuat customer ragu dalam memberikan sumbangan lewat program kalender.   Pendapat saya:  Sebagai salah satu karyawan di restoran tersebut program Hokben sudah bagus dengan adanya kepedulian terhadap pendidikan dan masyarakat sekitar yang tidak mampu.Tetapi dalam penggalangan dananya yang melalui program kalender untuk model lebih variatif lagi dan melibatkan stasiun TV yang punya nama agar masyarakat / customer hokben percaya kalau dana tersebut benar-benar disalurkan, bukan untuk perusahaan sendiri. 

12  Dr. Sukarmi, S.H.,M.H. Senin, 04 Januari :07 ( latar belakang CSR dan tanggung jawab perusahaan )  John Elkington, Cannibals with Forks,The Triple Bottom Line of Twentieth Century Business, dikutip dari Teguh Sri Pembudi, CSR, Sebuah Keharusan dalam Investasi Sosial, Pusat Penyuluhan Sosial (PUSENSOS) Departemen Sosial RI, Jakarta, La Tofi Enterprise, 


Download ppt "Tafrikah 01210058 Management.  1985  Pada tanggal 18 April 1985, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan dibawah naungan PT. Eka Bogainti. Dengan restoran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google