Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGOLAHAN DATA DAN PENYAJIAN DATA Pokok Bahasan ke-2 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGOLAHAN DATA DAN PENYAJIAN DATA Pokok Bahasan ke-2 1."— Transcript presentasi:

1 PENGOLAHAN DATA DAN PENYAJIAN DATA Pokok Bahasan ke-2 1

2 Pengolahan Data (1): 2  Untuk memperoleh data statistika, maka data yang telah dikumpulkan dari elemen-elemen yang diselidiki harus diolah.  Arti mengolah data adalah merubah data mentah untuk memperoleh keterangan- keterangan ringkasan yang berupa angka- angka ringkasan.

3 Pengolahan Data (2): 3  Data mentah yang dikumpulkan apabila diolah apalagi disajikan dan dianalisis akan lebih bermanfaat sebagai dasar pembuatan keputusan.  Pengolahan data dapat dilakukan dengan manual, maupun dengan alat-alat elektronik (kalkulator, komputer)

4 Beberapa contoh angka ringkasan hasil pengolahan data : 4  Keterangan tentang jumlah  Keterangan tentang rata-rata  Keterangan tentang persentase  Keterangan tentang rasio  Keterangan tentang range  Dsb.

5 Penyajian Data (1): 5  Data statistika tidak cukup dikumpulkan, diolah, dan dianalisis.  Akan tetapi perlu disajikan dalam bentuk yang mudah dibaca/dipahami dan digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan.

6 Penyajian Data (2): 6  Bentuk penyajian data lebih bersifat seni dan sangat dipengaruhi oleh tujuan pengumpulan data, yaitu apa yang ingin diketahui dari pengumpulan data.

7 Metode Penyajian Data 7  Berupa angka-angka ringkasan.  Berupa tabel (daftar)  Berupa grafik / diagram

8 Angka-Angka Ringkasan (1): 8 Adalah data kuantitatif hasil pengolahan data. Angka-angka ringkasan walaupun berguna tetapi manfaatnya masih kurang, karena sulit untuk digunakan sebagai bahan analisis.

9 Angka-Angka Ringkasan (2): 9  Contoh :  Jumlah mahasiswa tiap angkatan 500 orang.  Hasil penjualan bulan ini Rp 500 juta.  Biaya perbaikan Rp 290 ribu.  Dsb.

10 Tabel / Daftar : 10 Definisi : Merupakan kumpulan angka yang disusun menurut kategori-kategori atau karakteristik-karakteristik data sehingga memudahkan dalam analisis data. Bisa dipergunakan untuk menyajikan cross section data dan time series data.

11 Ketentuan dalam membuat tabel, a.l. : 11 Penyusunan tabel memerlukan identitas seperti judul / nama tabel, judul baris/kolom, catatan dan sumber. Nama-nama sebaiknya disusun menurut abjad. Waktu disusun secara berurut / kronologis.

12 Macam-Macam Tabel (1): 12 Tabel satu arah (One Way Table) : adalah suatu tabel yang menunjukkan 1 hal saja. Contoh : Jumlah karyawan PT. XYZ menurut pendidikan tahun 2005 PendidikanJumlah (orang) SMU20 Diploma35 Sarjana25 Pasca Sarjana5 Total Jumlah Karyawan85

13 Macam-Macam Tabel (2): 13 Tabel dua arah (Two Way Table) adalah suatu tabel yang menunjukkan 2 hal. Contoh : Jumlah karyawan PT. XYZ menurut pendidikan dan unit kerja, tahun 2005 PendidikanUnit KerjaJumlah Karyawan ABC SMU Diploma Sarjana Pasca Sarjana 0055 Jumlah Karyawan

14 Macam-Macam Tabel (3): 14 Tabel tiga arah (Three Way Table) adalah suatu tabel yang menunjukkan 3 hal. Contoh : Jumlah karyawan PT. XYZ menurut pendidikan, unit kerja, dan jenis kelamin, tahun 2005 Pendd.Unit KerjaJumlah Jns Klm LPLPLP SMU Diploma Sarjana Psc. Sarjana Jumlah

15 Grafik / Diagram 15  Definisi : Adalah gambar-gambar yang menunjukkan secara visual data berupa angka dan dibuat berdasar tabel yang dibuat sebelumnya.  Penyajian data dengan grafik/diagram lebih komunikatif dan dalam waktu yang singkat dapat diketahui suatu keadaan yang memerlukan keputusan.

16 Beberapa jenis grafik, al. : 16  Grafik garis (line chart), adalah grafik berupa garis.  Grafik batang (bar chart), adalah grafik berupa batang.  Grafik lingkaran (pie chart), adalah grafik berupa lingkaran.  Grafik titik (dot chart), adalah grafik berupa titik.

17 Contoh grafik garis : 17

18 Contoh grafik batang: 18 Market Share (%) Golongan0%20%40%60% I II III IV

19 Contoh grafik Lingkaran : 19 Market Share IV 15% I 15% III 10% II 60%

20 Contoh grafik titik : 20 Market Share (%) 0%20%40%60% IV III II I

21 Soal 1 21  Sebutkan paling sedikit 5 jenis data yang diperlukan oleh sebuah perusahaan (jasa/manufaktur)  Menurut pendapat anda, mana yang lebih baik: penyajian dalam bentuk tabel atau grafik. Berikan alasan anda.  Berikan contoh tabel 1 arah, 2 arah, dan 3 arah (masing-masing 3 buah) mencakup berbagai persoalan, misalnya data personalia, produksi, keuangan, peralatan, penduduk, pemasaran, dsb. Kalau perlu dengan data buatan.

22 Soal 2 22 Buatlah grafik garis ganda dan grafik batang ganda dengan menggunakan data besarnya kredit Bank Indonesia (Milyar Rp) berikut ini. Jumlahkan besarnya kredit seluruh tahun untuk kredit likuiditas, kemudian sajikan dalam grafik lingkaran Jumlahkan total besarnya kredit likuiditas dan kredit langsung, kemudian sajikan dalam grafik lingkaran TahunKredit LikuiditasKredit Langsung

23 Soal 3 23  Nilai impor menurut negara asal (jutaan US$) dituliskan dalam tabel di bawah ini.  Buatlah grafik garis berganda  Buatlah grafik batang berganda TahunAseanAustraliaUSAMEEAfrika

24 Soal 4 24  Ekspor menurut negara tujuan (milyar US$) dituliskan dalam tabel di bawah ini. Gambarkan grafik garis berganda dan tarik garis trend masing-masing. Kesimpulan apa yang anda bisa tarik? Singapura Jepang USA


Download ppt "PENGOLAHAN DATA DAN PENYAJIAN DATA Pokok Bahasan ke-2 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google