Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penggunaan Teknik Pendingin Untuk pengawetan bahan makanan: - Produk harian: susu, es krim, mentega - Kemasan Daging - Produk ikan - Produk minuman - Lemari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penggunaan Teknik Pendingin Untuk pengawetan bahan makanan: - Produk harian: susu, es krim, mentega - Kemasan Daging - Produk ikan - Produk minuman - Lemari."— Transcript presentasi:

1 Penggunaan Teknik Pendingin Untuk pengawetan bahan makanan: - Produk harian: susu, es krim, mentega - Kemasan Daging - Produk ikan - Produk minuman - Lemari es dan freezer Pabrik Kimia Pemakaian khusus - Perlakuan dingin terhadap logam - Kedokteran - Arena es skating - Konstruksi - Penawaran air laut - Pabrik es

2 Penggunaan AC Laboratorium Percetakan Pembuatan alat-alat Presisi Tekstil Pembuatan baja Farmasi Produksi Photografi Pemeliharaan ternak Kenyamanan: rumah, rumah sakit, hotel, kantor, tempat-tempat penjual jasa, pusat perbelanjaan, kendaraan, dan tempat kerja.

3 Definisi Panas: salah satu bentuk energi yang tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan. Panas hanya dapat dipindahkan jika terdapat perbedaan temperatur dan tekanan. Panas itu tetap ada walau pada temperaturyang rendah sekalipun Dingin: istilah yang relatif, temperatur udara luar 50oF untuk orang orang yang tinggal di daerah tropis akan terasa dingin, tidak dingin untuk orang-orang yang tinggal di daerah kutub. Ada definisi lain, dingin adalah tidak ada panas (absence of heat). Padahal dikehidupan sehari-hari tidak ada dingin yang betul-betul tidak adanya panas (absolute zero). Secara teoritis, titik 0 absolut itu adalah 459,69 der, F dibawah 0 (-459,60 der F) atau nol derajat Rankine, dan der. C absolut= -273,16 der. C atau nol derajat Kelvin

4 Definisi Pendinginan (refrigerasi) adalah pemindahan panas dari suatu temperatur ke tempat lain melalui perubahan keadaan (phase) suatu cairan. Panas dapat juga dipindahkan dengan berbagai cara sepanjang masih ada perbedaan temperatur. Jadi cairan dinginpun dapat menyerap panas dari bensda dingin tergantung dari hasil yang diinginkan. Refrijeran: fluida yang digunakan untuk menyerap panas melalui perubahan phase, dari cair ke gas (evaporasi) dan membuang panas melalui perubahan phase gas ke cair (kondensasi)

5 Cara Kerja Pendinginan berfungsi untuk mengeluarkan/ membuang panas yang tidak diinginkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk melaksanakannya refrijeran dialirkan melalui suatu sistem rangkaian tertutup, sehingga terjadi siklus pendinginan. Ada 2 sisi tekanan yang berbeda, yaitu sisi tekanan rendah (di evaporator) dan sisi tekanan tinggi (di kondensor). Kedua sisi bertekanan ini dipisahkan oleh 2 alat, yaitu alat kontrol yang berfungsi untuk membatasi jumlah aliran serta menurunkan tekanan dan temperatur refrijeran. Kompresor berfungsi untuk mengkompresikan gas refrijeran serta menaikan temperatur kondensasi.

6 Cara kerja Misal siklus dimulai dari alat kontrol. Alat kontrol bisa berupa katup ekspansi, pipa kapiler atau alat kontrol refrijeran lainnya. Alat kontrol membatasi cairan refrijeran yang bertekanan tinggi serta temperatur rendah mengalir ke evaporator (cooling coil). Cairan refrijeran itu mengalir sepanjang evaporator sambil mengambil panas dari ruangan di mana evaporator itu diletakkan sambil berangsur-angsur berubah fasenya menjadi uap (gas). Sebelum berubah fase tentu refrijeran itu akan mendidih dulu, serupa kejadiannya bila kita memasak air dalam panci, bedanya refrijeran itu dapat mendidih pada temperatur dan tekanan yang rendah. Gas (uap) refrijeran bertemperatur dan bertekanan rendah itu dihisap masuk ke dalam kompresor, di dalam kompresor gas tadi di kompresikan menjadi gas bertekanan tinggi kemudian di tekan masuk ke dalam kondensor. Kondensor berfungsi untuk membuang panas yang dikandung gas tadi dan udara sekitarnya akan mengambil panas itu. Gas refrijeran dalam kondensor mempunyai temperatur yang lebih tinggi dibanding temperatur udara sekitarnya, oleh karena itu dapat terjadi perpindahan panas. Fluida yang mengambil panas dari kondensor dapat berupa udara (jenis kondensor udara), air (kondensor air), campuran air-udara (kondensor evaporative), sehingga akan berubah fase jadi cairan bertekanan dan bertemperatur tinggi. Selanjutnya refrijeran akan mengalir ke alat kontrol sebelum masuk ke evaporator. Di dalam alat kontrol dipaksa mengalir melalui lubang kecil, sehingga temperatur dan tekanannya jadi turun kembali sesuai dengan kondisi yang dapat diterima oleh evaporator. Dengan memalui lubang kecil kemudian mengalir ke lubang besar di evaporator, refrijeran itu akan mudah untuk menguap kembali.


Download ppt "Penggunaan Teknik Pendingin Untuk pengawetan bahan makanan: - Produk harian: susu, es krim, mentega - Kemasan Daging - Produk ikan - Produk minuman - Lemari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google