Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membaca inspeksional Jenis membaca Inspeksional. Jenis membaca inspeksional Membaca inspeksional I: “skiming” atau pramembaca Skiming merupakan teknik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membaca inspeksional Jenis membaca Inspeksional. Jenis membaca inspeksional Membaca inspeksional I: “skiming” atau pramembaca Skiming merupakan teknik."— Transcript presentasi:

1 Membaca inspeksional Jenis membaca Inspeksional

2 Jenis membaca inspeksional Membaca inspeksional I: “skiming” atau pramembaca Skiming merupakan teknik membaca sepintas dan cepat untuk mendapatkan kesan keseluruhan dan umum.

3 Langkah membaca skimming Langkah melakukan skiming: 1. Periksa judul dan kata pengantar jika ada 2. Periksa daftar isi buku yang akan dibaca untuk mendapatkan gambaran umum tentang strukturnya 3. Periksa indeksnya, buku ekspositori biasanya memiliki indeks 4. Baca sinopsis pada sampul belakang buku 5. Periksa bab-bab yang tampak berisi argumen- argumen esensialnya 6. Baliklah lembar demi lembar buku itu, baca bagian ini dan itu, baca satu atau dua alinea, kadangkala beberapa halaman berturut-turut.

4 Jenis membaca skimming Membaca Inspeksional II: Membaca Superfisial Merupakan membaca skimming yang berfokus pada informasi utama yang diinginkan

5 Langkah-langkah membaca skimming Superfisial Bacalah secara sepat seperti pada membaca skimming biasa Perhatikan informasi yang dipahami saja tinggalkan poin-poin yang menyulitkan Konsentrasi pada bagian yang bisa dipahami.

6 Upaya mempermudah kegiatan membaca analisis APA PERIHAL BUKU ITU SECARA KSELURUHAN? Berusaha menentukan tema utama buku itu dan menemukan bagaimana penulis mengembangkan tema secara bertahap dan membaginya ke dalam subtema atau topik subordinat.

7 Upaya mempermudah kegiatan membaca analisis APA YANG SEDANG DIKATAKAN SECARA DETAIL, DAN BAGAIMANA? Berusaha menemukan ide-ide, pernyataan, dan argumen utama yang menjadi pesan penulis. APAKAH BUKU ITU BENAR SECARA KESELURUHAN ATAU SEBAGIAN? Anda tidak akan dapat menjawab pertanyaan ini sebelum dapat menjawab dua pernyataan pertama. Anda harus tahu apa yang sedang disampaikan sebelum bisa memutuskan apakah buku itu benar atau tidak. Anda harus membaca secara serius dan wajib menilainya.

8 Upaya mempermudah kegiatan membaca skimming APA PENTINGNYA? Jika buku itu telah memberi informasi, anda harus bertanya tentang pentingnya. Mengapa penulis menganggap itu penting dan apa pentingnya untuk anda. Bila buku memberi pencerahan, anda perlu mencari pencerahan lanjutan. Apa langkah selanjutnya dan implikasinya.

9 Menandai buku saat membaca MEMBUAT GARIS BAWAH. Pada poin-poin utama, pada pernyataan penting atau kuat. MEMBUAT GARIS VERTIKAL PADA MARGIN. Menegaskan pernyataan yang sudah digarisbawahi atau menunjukkan bagian bacaan yang terlalu panjang untuk digarisbawahi MEMBUAT BINTANG, ASTERIK, ATAU TANDA LAIN PADA MARGIN Digunakan untuk menandai bagian yang penting pada sebuah halaman. MEMBUAT ANGKA PADA MARGIN Nerujuk urutan poin-poin penulis dalam membangun argumen.

10 Menandai buku saat membaca MEMBUAT ANGKA HALAMAN LAIN PADA MARGIN. Merujuk pada halaman mana lagi dalam buku itu penulis membuat poin yang sama atau poin yang relevan bahkan kontras dengan poin yang ditandai. MELINGKARI KATA ATAU FRASA KUNCI. Sama fungsinya dengan menggarisbawahi. MENCATAT PADA MARGIN ATAU PADA BAGIAN ATAS ATAU BAWAH HALAMAN. Mencatat pertanyaan atau jawaban yang ditimbulkan dalam pikiran anda oleh suatu bagian bacaan. Bisa juga digunakan sebagai indeks pribadi.

11 Pertanyaan yang harus diajukan pada saat membaca inspeksional Pertama, Apa jenis jenis buku yang dibaca Kedua, apa perihal buku secara keseluruhan? Ketiga, bagaimana struktur buku atau bagaimana penulis mengembangkan konsep pengembangan umum temanya.

12 Pertanyaan yang harus diajukan pada saat membaca inspeksional daftar isi, atau mungkin juga pada halaman judul dalam yang tak terpakai. Catatan yang anda buat pada level membaca analitis adalah konseptual, bukan struktural. Catatan itu berurusan dengan konsep penulis dan konsep anda, karena konssep penulis telah diwarnai oleh pemahaman anda.


Download ppt "Membaca inspeksional Jenis membaca Inspeksional. Jenis membaca inspeksional Membaca inspeksional I: “skiming” atau pramembaca Skiming merupakan teknik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google