Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Seminar Laporan Penelitian KESEMPATAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DARI D2 KE S1 PGSD BAGI GURU SD SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM RANGA PEMINGKATKAN KUALITAS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Seminar Laporan Penelitian KESEMPATAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DARI D2 KE S1 PGSD BAGI GURU SD SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM RANGA PEMINGKATKAN KUALITAS."— Transcript presentasi:

1 Seminar Laporan Penelitian KESEMPATAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DARI D2 KE S1 PGSD BAGI GURU SD SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM RANGA PEMINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

2 Identifikasi Masalah Tantangan kehidupan ke depan memerlukan upaya untuk mengantisipasi dan menghadapinya salah satunya melalui pendidikan. Diperlukan pendidikan yang berkualitas untuk menghadapi globalisasi. Pendidikan yang berkualitas masih menjadi harapan dalam peningkatan sumber daya manusia. Guru sebagai pendidik di Indonesia belum semua memiliki kompetensi dasar sebagai guru terlihat dari kualifikasi akademiknya. Peningkatan kualifikasi akademik guru perlu mendapatkan dukungan kebijakan dari pemegang kebijakan (pejabat berwenang).

3 Pembatasan Masalah Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini dibatasi pada Analisis data kualifikasi akademis guru SD di kabupaten Kulon Progo dalam rangka menentukan arah kebijakan dalam mengatasi kurangnya kualifikasi akademis guru SD.

4 Rumusan Masalah Bagaimanakah keadaan guru SD di Kabupaten Kulon Progo? Bagaimanakah keadaan kualifikasi akademis guru SD di Kabupaten Kulon progo? Bagaimana arah kebijakan yang seharusnya diambil terkait kualifikasi guru SD di Kabupaten Kulon Progo?

5 Tujuan Penelitian Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan nyata guru SD di Kabupaten Kulon Progo yang memenuhi kompetensi. Tujuan khusus penelitian ini diharapkan dapat merekomendasikan dan memberikan kesempatan yang luas kepada guru SD Kulon Progo untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta di Kampus Wates Kulon Progo.

6 Manfaat Penelitian Bagi pemerintah pusat dan daerah dapat menjadi landasan arah penentuan kebijakan terkait peningkatan kualitas pendidikan pada umumnya. Bagi Guru dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya. Bagi mahasiswa hasil penelitian dapat digunakan sebagai pendorong penyelesaian tugas akhir karena mengetahui kebutuhan riil tenaga guru sekolah dasar.

7 KAJIAN PUSTAKA A. Persyaratan untuk menjadi tenaga pendidik B. Kompetensi Dasar Guru Sekolah Dasar

8 METODE PENELITIAN A. Desain penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan (policy research) dengan mengadopsi model yang dikembangkan oleh William N. Dunn (1981), dengan pendekatan normatif. B. Teknik Pengumpulan Data Pada penelitian ini, data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan analisis dokumen

9 C. Subyek Penelitian Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD yang belum memiliki ijazah S1 PGSD yang bertugas di Kabupaten Kulon Progo, baik guru PNS, PNSDP, dan guru honorer, dan terdokumentasikan di Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kulon Progo. D. Analisis Data Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif

10 PEMBAHASAN Gambaran Umum Pendidikan Dasar di Kabupaten Kulon Progo. Keadaan Guru SD di Kabupaten Kulon Progo jumlah guru SD: , jumlah siswa SD:

11 Kualifikasi Akademik Guru SD Jumlah Guru SD lulusan setara SLTA adalah 59 guru. Lulusan Diploma 1 adalah 20 guru. Lulusan Diploma 2 adalah 1827 guru. Lulusan Sarjana adalah 1218 guru dan lulusan Strata 2 adalah 2 guru. Sesuai dengan Permendiknas no 19 Tahun 2005 bahwa kualifikasi minimal guru sekolah dasar adalah minimal S1 maka untuk menghitung kekurangan guru berijasah S1: 3637 – 1220 = 2417 guru.

12 Profil Usia Guru SD di KP

13 KESIMPULAN DAN SARAN 1. Secara kuantitas jumlah guru SD di Kabupaten Kulon Progo mencukupi kebutuhan guru untuk setiap rombongan belajar di setiap kecamatan. 2. Secara kualifikasi akademik, guru SD di Kulon Progo masih terdapat kekurangan yaitu 2417 guru belum berkualifikasi S1 dari seluruh guru SD sejumlah 3637 guru. 3. Mayoritas guru SD di Kabupaten Kulon Progo berda pada usia mendekati masa pensiun.

14 Saran Kepada pengelola pendidikan khususnya Sekolah Dasar di Kabupaten Kulon Progo hendaknya meningkatkan kualifikasi guru SD mengingat angka kekurangan guru dengan kualifikasi S1 yang kurang sampai angka 66%. Upaya pemenuhan guru SD lebih efektif dan efisien dengan merekrut guru baru dengan nkualifikasi S1 PGSD dibandingkan dengan peningkatan kualifikasi guru yang telah ada dengan pertimbangan biaya dan produktifitas SDM.


Download ppt "Seminar Laporan Penelitian KESEMPATAN MELANJUTKAN PENDIDIKAN DARI D2 KE S1 PGSD BAGI GURU SD SE-KABUPATEN KULON PROGO DALAM RANGA PEMINGKATKAN KUALITAS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google