Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KETIGA PENULISAN SEJARAH ZAMAN YUNANI ROMAWI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KETIGA PENULISAN SEJARAH ZAMAN YUNANI ROMAWI."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KETIGA PENULISAN SEJARAH ZAMAN YUNANI ROMAWI

2

3 KEBUDAYAAN YUNANI NEGARA KOTA DENGAN MASYARAKAT PENGUSAHA DAN PEDAGANG YANG MAKMUR HIDUPNYA. TERDAPAT KEBEBASAN DALAM SEGALA HAL. KEBEBASAN MENDORONG KREATIFITAS SENI DAN KEBEBASAN BERFIKIR UNTUK MENGEMBANGKAN ALAM PIKIRAN MANUSIA DALAM BERFILSAFAT. SEGALA ASPEK KEBUDAYAAN, FILSAFAT, SASTRA, MENTAL DAN SEJARAH BERKEMBANG BEBAS. KEBUDAYAAN ROKHANIAH LEBIH TINGGI SEBAGAI UKURAN PERADABAN SUATU BANGSA.

4 KEBUDAYAAN ROMAWI MENGUTAMAKAN PHISIK UNTUK MENOPANG KEKUASAAN IMPERIUM YANG BESAR. PERLU TATA NEGARA YANG BAIK DAN TERATUR, MILITER YANG KUAT DAN KAIDAH SERTA LEMBAGA HUKUM YANG BERWIBAWA, MEMELIHARA HUBUNGAN BAIK ANTAR MANUSIA. BANYAK MENGGUNAKAN ORANG YUNANI UNTUK MENDIDIK GENERASI MUDANYA. HISTORIOGRAFINYA MENUNJUKKAN SIFAT PATRIOTIK, DAN MENGANDUNG IMAJINASI.

5 PENULIS MASA ROMAWI ; 1. JULIUS CAESAR ( SM), COMMENTARIES ON GALLIC WARS, DAN CIVIL WAR. 2. GAIUS SALLUSTIUS CRISPUS (86-34 SM), CONSPIRACY OF CATILINE, JUGURTHINE WAR. 3. TITUS LIVIUS/LIVY (64 SM-12 M), HISTORY OF ROME, SEJARAH ROMAWI. 4. TACITUS ( M), ANNALS, HISTORIES DAN GERMANIA. 5. PLUTARCH (45 SM-?), PENULIS BIOGRAFI TOKOH, ORANG BESAR, KAISAR DAN BANGSAWAN.

6 JULIUS CAESAR ( SM)

7 BIODATA JENDRAL ROMAWI YANG MENAKLUKAN GAUL. MENDAPAT PENDIDIKAN SEJARAH, FILSAFAT, RETORIKA, DAN MILITER. MULAI MENGGUNAKAN BAHASA ROMAWI DALAM PENULISAN SEJARAH. KOMENTARNYA AKURAT, TIDAK BERAT SEBELAH, DAN LEBIH DARI SEBUAH NARASI KEMENANGAN PRIBADINYA. KARYANYA COMMENTARIES ON GALLIC WAR : MELUKISKAN SUKU GHALIA, MENJADI SUMBER AMAT PENTING TENTANG ADAT ISTIADAT BANGSA ITU. KARYANYA SEPERTI LAPORAN ANTROPOLOGIS. CIVIL WAR : PEMBELAANNYA MENGAPA PERANG ITU TERJADI.

8 GAIUS SALLUSTIUS CRISPUS (86-34 SM)

9 BIODATA HIDUP PADA SM. ANALISISNYA MENGENAI PERSON DAN POLITIK TIDAK MEMIHAK, TETAPI IA TIDAK DAPAT MENYEMBUNYIKAN PESIMISMENYA. MENGANDALKAN SEKRETARISNYA, SEHINGGA TIDAK HATI-HATI DALAM KRONOLOGI DAN GEOGRAFI. KARYANYA HISTORY OF ROME. CONSPIRACY OF CATILINE : PERANG PADA 63 SM. JUGURTHINE WAR : PERANG ROMA SM.

10 TITUS LIVIUS (64 SM-12 M)

11 BIODATA LAHIR TAHUN 59 SM, DI PADUA, ROMAWI. MULANYA SEORANG MILITER KEMUDIAN MENJADI PENGARANG/SEJARAWAN. SAHABAT KAISAR AUGUSTUS. SEJARAWAN PERTAMA MENGGUNAKAN IMAJINASI DALAM EKSPLANASI SEJARAH. KARYANYA HISTORY OF ROME, MENGGAMBARKAN KEBESARAN ROMAWI. ROMAWI SEBAGAI NEGARA DENGAN SEMANGAT PATRIOTISME. KISAHNYA CAMPURAN ANTARA FANTASI DAN FAKTA. ADA 142 BUKU (1-10, MASIH ADA) SISANYA DIKENAL MELALUI RINGKASAN PENDEK/PERIOCHAE.

12 KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KELEBIHAN MERUPAKAN PROYEK YANG LUAR BIASA, TIGA JILID PERTAHUN. TIDAK AKTIF DI POLITIK, LEBIH PADA TUJUAN MORAL. MENGUNAKAN METODE PENDIDIKAN ROMA, IDE DAN CONTOH DISUSUN DALAM SEBUAH STRUKTUR ARSITEKTUR MENTAL. KELEMAHAN DIANGGAP SEORANG PENULIS BESAR DENGAN SEDIKIT KEAHLIHAN SEJARAH. TULISANNYA TAK BANYAK MENGANDUNG IDE.

13 PUBLIUS CORNELIUS TACITUS (56 SM – 117M

14 BIODATA LAHIR DI CISALPINE GAUL (ITALIA), PINDAH KE ROMA UNTUK MENAMATKAN PENDIDIKANNYA. TULISANNYA DI ANTARA RETORIKA DAN SEJARAH. MENGEMUKAKAN SEBAB MORAL KERUNTUHAN ROMAWI. MEMUSATKAN PERHATIAN PADA HAL YANG TIDAK MENARIK (UGLY). KARYANYA ANNALS : MASA SEPENINGGAL AUGUSTUS SAMPAI NERO. HISTORIES : MEREKAM GAMBARAN MASA PENUH BENCANA, GAWAT, KACAU BAHKAN NGERI DIKALA DAMAI. GERMANIA, SEMACAM SOSIOLOGI DESKRIPTIF, SATU- SATUNYA INFORMASI MENGENAI GERMAN SAAT ITU. AGRICOLA : TENTANG KEHIDUPAN MERTUANYA. DIALOGUS DE ORATORIBUS : DEBAT FIKTIF TENTANG KEMEROSOTAN SENI BERBICARA.

15 KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KELEBIHAN MENGHINDARI PEMIHAKAN DAN RASA TIDAK SUKA SAAT MENULIS INDIVIDU YANG TIDAK IA KENAL SECARA PERSONAL. DIANGGAP SEJARAWAN PALING AKURAT DARI DUNIA KUNO. KELEMAHAN KARYANYA LEBIH SEBAGAI SASTRA YANG BERKUALITAS CUKUP TINGGI.

16 PLUTARCH (45 SM -?)

17 BIODATA LAHIR TAHUN 45 SM, DI CHAERANIA, ROMAWI. DIKENAL SEBAGAI PENULIS BIOGRAFI. DENGAN KERANGKA : KELAHIRAN, KELUARGA, PENDIDIKAN, KARAKTER DAN KARIER SESEORANG. KARYANYA BIOGRAFI CARIOLANUS. BIOGRAFI FABIUS MAXIUS. BIOGRAFI MARCELLUS. BIOGRAFI TIBERIUS GRACHUS. BIOGRAFI MARX ANTHONY

18 TERIMA KASIH


Download ppt "PERTEMUAN KETIGA PENULISAN SEJARAH ZAMAN YUNANI ROMAWI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google