Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KEEMPAT PENULISAN SEJARAH ZAMAN ABAD PERTENGAHAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KEEMPAT PENULISAN SEJARAH ZAMAN ABAD PERTENGAHAN."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KEEMPAT PENULISAN SEJARAH ZAMAN ABAD PERTENGAHAN

2

3

4 CIRI-CIRI EROPA ABAD TENGAH BERCIRIKAN AGAMA KRISTEN. INJIL MENJADI PEDOMAN DAN PANDANGAN HIDUP MANUSIA. KEHIDUPAN DIARAHKAN PADA ALAM BAKA SEBAGAI TUJUAN AKHIR. CITA-CITA KEBUDAYAAN UNTUK MENCARI KESELAMATAN. ILMU PENGETAHUAN DIARAHKAN PADA PENGETAHUAN AGAMA/TEOLOGI PEMIKIRAN FILSAFAT YANG BERKEMBANG ADALAH FILSAFAT SCHOLASTIK, YAITU PEMIKIRAN FILSAFAT AGAMA. BERKEMBANG PEMIKIRAN UNTUK MENUJU TUJUAN AKHIR YANG BAHAGIA DI ALAM BAKA.

5 CIRI HISTORIOGRAFI EROPA ABAD TENGAH PERIODISASI SELALU MENGGUNAKAN PERIODISASI YANG SESUAI DENGAN KITAB INJIL. JALANNYA SEJARAH SECARA LINIER MENUJU KE HARI KEMUDIAN. SEJARAH TIDAK DITENTUKAN OLEH MANUSIA, TETAPI MERUPAKAN PENYELENGGARAAN TUHAN (GODS PROVIDENTIE)

6 PENULISAN SEJARAH PUNYA DUA PUSAT YAITU GEREJA DAN NEGARA, DENGAN PENDETA DAN RAJA SEBAGAI PELAKU UTAMANYA. HASILNYA BERUPA ANNALS, CHRONICLES, SEJARAH UMUM DAN BIOGRAFI. ANNALS : CATATAN PERISTIWA-PERISTIWA PENTING, BIASANYA DALAM KALIMAT-KALIMAT PENDEK. CHRONICLES : MELUKISKAN PERISTIWA YANG LEBIH LUAS. SEJARAH UMUM : BERSIFAT SISTEMATIS, DAN DISUSUN BERDASARKAN TOPIK, MISALNYA POLITIK ATAU PERANG, ATAU DAERAH. BIOGRAFI : DITULIS BERDASARKAN PENGALAMAN, BIASANYA OLEH ORANG YANG DITUGASKAN UNTUK ITU.

7 PENULIS ZAMAN KRISTEN AWAL SEXTUS JULIUS AFRICANUS ( ). EUSEBIUS PAMPHILUS ( ). PAULUS OROSIUS ( ).

8 SEXTUS JULIUS AFRICANUS ( ). KARYANYA : CHRONOGRAPHIA, MELUKISKAN SEJAK PENCIPTAAN SAMPAI 211 M. MENURUT AFRICANUS DUNIA INI DICIPTAKAN PADA 5499 SM. TULISANNYA BANYAK MENGAMBIL DARI YAHUDI, YUNANI DAN ROMAWI.

9

10 EUSEBIUS PAMPHILUS ( ). MENULIS CHRONICLE DAN CHURCH HISTORY. MENULIS DALAM BAHASA YUNANI, SEHINGGA KARYANYA HARUS DITERJEMAHKAN DALAM BAHASA LATIN. BANYAK MENGGUNAKAN SUMBER. MEMBAGI KRONOLOGINYA MENJADI DUA BAGIAN, SACRED YAITU YAHUDI DAN KRISTEN, DAN PROFANE YAITU PAGAN (KAFIR)

11

12 PAULUS OROSIUS ( ). LAHIR DI SPANYOL, KEMUDIAN KE AFRIKA. BELAJAR SELAMA LIMA TAHUN PADA AUGUSTINE. KARYANYA : SEVEN BOOKS AGAINST THE PAGANS, PEMBELAANNYA ATAS PERADABAN KRISTEN YANG DITUDUH MENYEBABKAN RUNTUHNYA ROMAWI BARAT ABAD KE-5. MENURUTNYA KERUNTUHAN PAGANISME (MESIR, YUNANI DAN ROMAWI) MEMANG SUDAH KEHENDAK TUHAN, KARENA ORANG-ORANG KAFIR ITU AKAN RUNTUH.

13

14 PENULIS ZAMAN PERTENGAHAN PENULIS ZAMAN PERTENGAHAN : 1. ST. AUGUSTINE ( ), CITY OF GOD. 2. MARCUS AURELIUS CASSIODARUS ( ), HISTORY OF THE GOTHS DAN VARIAE. 3. PROCOPIUS ( ), THE HISTORY OF HIS OWN TIME. 4. GREGORY/ BISHOP TOURS ( ), HISTORY OF THE FRANKS. 5. VENERABLE BEDE ( ), ECCLESIATICAL HISTORY OF THE ENGLISH PEOPLE.

15 ST. AUGUSTINE ( ) HIDUP PADA MASA PERALIHAN ZAMAN KLASIK KE ZAMAN ABAD PERTENGAHAN. PENULISAN SEJARAHNYA DIPENGARUHI KEBUDAYAAN PAGAN DAN YUNANI, SERTA PENGARUH KUAT DARI AGAMAN KRISTEN. PANDANGAN SEJARAHNYA ADALAH SEJARAH KESELAMATAN, ADA PROSES SEJARAH DIALEKTIS, PERTENTANGAN ANTARA KEJAHATAN DAN KEBENARAN, ANTARA KEBENARAN DAN KESALAHAN, AKHIRNYA KEBENARAN YANG MENANG.

16 KARYANYA CITY OF GOD (CIVITAS DEI), PERTENTANGAN ANTARA KERAJAAN DUNIA DENGAN KERAJAAN TUHAN DAN KERAJAAN TUHAN YANG MENANG. SEJARAH TIDAK DITENTUKAN OLEH MANUSIA MELAINKAN OLEH POLA DAN RENCANA TUHAN. SEGALA PROSES SEJARAH DI BAWAH PIMPINAN DAN PERENCANAAN TUHAN. KARYA LAINNYA : CONFESSIONS (MEMOARNYA SEBELUM MASUK KRINTEN), ON THE TRINITY (TEOLOGI KRISTEN), ON FREE CHOICE OF THE WILL (MENGAPA TUHAN MEMBERIKAN MANUSIA KEHENDAK BEBAS YANG DAPAT DISALAHGUNAKAN. MENINGGAL PADA 28 AGUSTUS 430.

17

18 MARCUS AURELIUS CASSIODARUS ( ) MENULIS HISTORY OF THE GOTHS, DITULISNYA KETIKA JADI PEGAWAI RAJA THEODORIC DARI OSTROGOTHS. PENGAGUM KEBUDAYAAN ROMAWI, DIA MENGARANG SEOLAH-OLAH BANGSA GOTHS BERASAL DARI ROMA. KARYA LAINNYA VARIAE, ADALAH SURAT-SURAT YANG DITULISNYA SEWAKTU IA MENGABDI PADA THEODORIC. SURAT-SURAT ITU MENJADI DOKUMEN SEJARAH YANG PENTING SEKITAR KEGIATAAN BANGSA OSTROGOTHS.

19

20 PROCOPIUS ( ) MENULIS DALAM BAHASA YUNANI. KARYANYA : HISTORY OF HIS OWN TIME, MENCERITAKAN PERANG-PERANG BYZANTIUM MELAWAN PERSIA, AFRIKA DAN BANGSA GOTHS. IA MENYERTAI SEORANG JENDRAL BYZANTIUM DALAM PERANG, SEHINGGA TULISANNYA SEBAGIAN ADALAH SAKSI MATA. KELEMAHANNYA TERLETAK DALAM BIASNYA SEBAGAI PENGAGUM EMPIRIUM BYZANTIUM DAN PENGGUNAAN SUMBER YANG TANPA SELEKSI.

21

22 GREGORY/BISHOP TOURS ( ) NAMANYA : GEORGIUS FLORENTIUS, DIKENAL DENGAN GREGORY OF TOURS. LAHIR DI KOTA GAULISH DAERAH AUVERGNE SEKITAR TAHUN 539. ORANGTUANYA, FLORENTIUS DAN ARMENTARIA, TERMASUK KELUARGA KAYA, SEBAGAI SENATOR DI MASA AKHIR KERAJAAN ROMAWI DAN MEMILIKI KETERIKATAN KUAT DENGAN GEREJA. MUDANYA HIDUP DENGAN PAMANNYA NICETIUS (USKUP LYONS) DAN ARCHDEACON AVITUS (USKUP CLERMONT). TAHUN 573 DIANGKAT MENJADI USKUP TOURS. MENJELANG AKHIR HAYAT (594) IA MEMUGAR KATEDRAL TOURS, DAN MENULIS SEJUMLAH BUKU.

23 KARYANYA LIFE OF THE FATHERS, MUKJIZAT DAN MUSIBAH ADALAH KARAKTER TETAP DUNIA. KARYA LAINNYA DECEM LIBRI HISTORIARUM DITERJEMAHKAN MENJADI HISTORY OF THE FRANKS, MENCERITAKAN SEJARAH DUNIA SEJAK ZAMAN KUNO SAMPAI ABAD KELIMA. SEJARAH FRANKA DIMULAINYA DARI , 5O TAHUN TERAKHIR DITULISNYA SEBAGAI SAKSI MATA. MENULIS DALAM BAHASA LATIN, BAHASA YANG DIMENGERTI ORANG KEBANYAKAN. IA MENULIS KEAJAIBAN-KEAJAIBAN SEBAGAI UNSUR YANG MEMBUAT TULISANNYA MENJADI SAKSI KEKUASAAN AGAMA ATAS BANGSA FRANKA. TULISANNYA MENANDAI PERALIHAN MENUJU ZAMAN PERTENGAHAN.

24

25 VENERABLE BEDE ( ) LAHIR DEKAT BIARA INGGRIS WARMOUTH SEKITAR TAHUN 673. UMUR 7 TAHUN MASUK BIARA, UMUR 9 TAHUN MASUK KOMUNITAS JARROW. TAHUN 692 JADI DIAKEN (PELAYAN GEREJA), TAHUN 703 JADI PENDETA. MENINGGAL TAHUN 735, DIMAKAMKAN DI KATEDRAL DURHAM. BEDE MENULIS TENTANG INJIL, BAHASA LATIN, KEHIDUPAN PARA SANTO, KRONOLOGI DAN SEJARAH.

26

27 KARYANYA ECCLESIASTICAL HISTORY OF THE ENGLISH PEOPLE (731 M), MENCERITAKAN TERBENTUKNYA KEBUDAYAAN ANGLO-SAXON. KARYA LAINNYA : HOMILIES ON THE GOSPELS, DAN TWO LIVES OF ST. CUTHBERT. IA MENULIS DALAM BAHASA LATIN. MENGGUNAKAN BANYAK SUMBER DAN BERKONSULTASI DENGAN PARA GEREJAWAN. SANGAT HATI-HATI DALAM MENCERITAKAN HAL-HAL YANG AJAIB, SEHINGGA SEJARAHNYA TERKESAN OBJEKTIF. BUKUNYA DIRANCANG SECARA SISTEMATIS. BIOGRAFI DALAM BUKUNYA MENJADI BAGIAN YANG SANGAT PENTING, KARENA MENULIS BANYAK ORANG YANG BERJASA DALAM MEMBAWA MISI KRISTEN DI INGGRIS.

28

29

30 HISTORIOGRAFI AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN OTTO OF FREISING ( ) HUGO VAN ST VICTOR ( ). JOACHIM VAN FIORE ( ).

31 OTTO OF FREISING (1113 – 1158) LAHIR DI JERMAN PADA 1113 PEMULA DARI PENULISAN FILSAFAT SEJARAH. KARYANYA CHRONICLE OR HISTORY OF TWO CITIES. SANGAT JELAS PENGARUH KEBUDAYAAN ABAD PERTENGAHAN. MENGEMUKAKAN IDEA TEOLOGIS DAN IDEA TELEOLOGIS. PANDANGAN TEOLOGIS : PROSES SEJARAH MANUSIA PADA MULANYA BANYAK MENDERITA KESENGSARAAN, KEMUDIAN BERKAT BIMBINGAN TUHAN MANUSIA MENDAPATKAN AKHIR DENGAN KESELAMATAN. PANDANGAN TELEOLOGIS : PROSES SEJARAH MANUSIA BERLANGSUNG PANJANG SECARA LINIER, YANG PADA AKHIRNYA MENUJU ALAM BAKA (AKHIRAT).

32

33

34 HUGO VAN ST. VICTOR ( ). SEORANG FILOSOF SCOLASTIK, PUNYA PANDANGAN BAHWA SEJARAH BERPUSAT PADA KRISTUS. UNTUK MENGETAHUI SECARA MENDALAM TENTANG SEJARAH, HANYALAH DAPAT DITEMUKAN DALAM RAHASIA IMAN.T PERIODISASI YANG IA GUNAKAN : PERTAMA : DINAMAKAN PERIODE HUKUM ALAM. KEDUA : PERIODE HUKUM POSITIF (BERASAL DARI MUSA). KETIGA : PERIODE HUKUM RAHMAT, YAITU MANUSIA MENDAPAT RAHMAT DARI RUHUL KUDUS (MENDAPAT KESELAMATAN).

35

36 JOSCHIM VAN FIORE ( ) SEJARAH MERUPAKAN PENCERMINAN RAHMAT KARUNIA TUHAN DI DALAM KEMANUSIAAN. PERIODISASI SEJARAH : PERTAMA : PERIODE BAPA. KEDUA : PERIODE PUTERA. KETIGA PERIODE ROH KUDUS. KETIGA PERIODE ITU DIHUBUNGKAN GARIS LURUS MENUJU TUJUAN AKHIR YAITU KEMULIAAN DI SURGA.

37


Download ppt "PERTEMUAN KEEMPAT PENULISAN SEJARAH ZAMAN ABAD PERTENGAHAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google