Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KELIMA PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KELIMA PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN KELIMA PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN

2

3 IBNU KHALDUN ( ) LAHIR DI TUNIS 1 RAMADHAN 734 H, ATAU 27 MEI 1332 M. LELUHURNYA ADALAH ORANG TERKEMUKA DI SPANYOL MOOR SEBELUM MENYEBERANG KE AFRIKA BARAT LAUT (1248). NAMA LENGKAPNYA : ABDURRAHMAN IBNU KHALDUN AL- MAGRIBI AL-HADRAMI AL-MALIKI. BELAJAR PADA ABELLI, SEORANG FILSUF DAN PENSYARAH PENTING KARYA IBNU RUSYD DAN IBNU SINA. MENINGGAL DI MESIR, 25 RAMADHAN 808 H ATAU 17 MARET 1406.

4 LATAR BELAKANG KEHIDUPAN IBN KHALDUN LAHIR DALAM LINGKUNGAN AGAMA ISLAM. BANYAK BELAJAR AGAMA ISLAM, SASTRA, SERTA HUKUM. KEKEKNYA DIKENAL SEBAGAI SEORANG AHLI SEJARAH. BANYAK BERHIJRAH, DARI TUNIS KE MAROKKO, SPANYOL, ALJAZAIR, JAZIRAH ARAB, KEMBALI KE AFRIKA DAN TINGGAL DI MESIR HINGGA WAFATNYA. KEBUDAYAAN TIMUR TENGAH DAN ISLAM, BANYAK MEMPENGARUHI HASIL KARYA PENULISANNYA. KEHIDUPAN SUKU ARAB, MENJADI DASAR PENGAMATAN DAN KEMUDIAN DIANGKAT MENJADI SUATU TEORI SOSIOLOGI DAN SEJARAH PERKEMBANGAN BANGSA-BANGSA DI TIMUR TENGAH.

5 KONSEPSI AJARAN ISLAM TENTANG KEHIDUPAN MANUSIA, YAITU KESEIMBANGAN DAN KEHARMONISAN HIDUP DI DUNIA DAN AKHIRAT, JUGA MEMPENGARUHI KARYANYA. ORIENTASI DUNIA DAN SEMANGAT HIDUP MENCAPAI KEBAHAGIAAN DI AKHIRAT, MERUPAKAN POLA HIDUP YANG SEIMBANG. IBN KHALDUN MEMULAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL. MENGUNGKAPKAN FENOMENA SEJARAH DENGAN ILMU BANTU SOSIOLOGI. SEJARAH MERUPAKAN UNIT YANG BERDASARKAN KEBUDAYAAN.

6 KARIR POLITIK DI USIA 20, PINDAH KE FEZ, MAROKO. MENJADI SEKRETARIS SULTAN ABU ‘INAN. FEBRUARI DIJEBLOSKAN KE PENJARA KARENA DITUDUH MEMBEBASKAN SEORANG PANGERAN YANG DITAHAN. SETELAH SULTAN ‘INAN MENINGGAL, DIPANGGIL KEMBALI UNTUK MENJABAT SEBAGAI WAZIR AL-HASSAN. KARENA ALASAN KEAMANAN, KEMUDIAN PINDAH KE GRANADA, SPANYOL DIPERCAYA MENJALANKAN MISI PERDAMAIAN KE PEDRO, SI PENGUASA LALIM. KEMBALI KE AFRIKA, MENJADI STAFF PERDANA MENTERI ABU ABDALLAH.

7 MENGUNGSI KE QUL-AT IBN SALAMAH DI DAERAH ORAN (ALGERIA) DAN MELAI MENULIS AL IBAR. KE KAIRO, SEBAGAI AKADEMISI DAN HAKIM. SEMPAT DIPECAT DAN DIANGKAT KEMBALI SEBANYAK 5 KALI. MELAKUKAN EKSPEDISI KE DAMASKUS YANG SEDANG DISERANG PASUKAN TIMUR LENG KEMBALI KE MESIR, DAN MENINGGAL PADA 25 RAMADHAN 808 H ATAU 17 MARET 1406.

8

9 KARYA IBNU KHALDUN KITAP AL-IBAR ATAU SEJARAH DUNIA. AL MUQADDIMAH (BUKU PERTAMA DARI KITAP AL-IBAR) AT-TA’RIF, OTOBIOGRAFI IBNU KHALDUN. MEMBERI KOMENTAR PADA KARYA-KARYA : BURDAH KARYA AL BUSIRI. PUISI IBNU AL KHAHIB TENTANG HUKUM. IKTHISAR TULISAN IBNU RUSYD. AL-MUHASSAL KARYA FAKHR AD-DIN AR-RAZI. RISALAH TENTANG LOGIKA DAN ARITMATIKA

10

11


Download ppt "PERTEMUAN KELIMA PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google