Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan IX MENYUNTING NASKAH Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan IX MENYUNTING NASKAH Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan IX MENYUNTING NASKAH Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Menguraikan tehnik penyuntingan  C2 Menunjukkan dan memperbaiki kalimat, pilihan kata, atau pernyataan yang tidak memenuhi kaidah bahasa dalam sebuah paragraf/tulisan pendek  C3

3 3 GARIS BESAR MATERI IPendahuluan 1.1. Tujuan Pembelajaran 1.2.Garis Besar Materi II MENYUNTING NASKAH 2.1.Pengantar 2.2.Prasyarat Menyunting 2.3. Langkah menyunting IIIPenyuntingan Naskah a)“Editor: Gerbang Pertama bagi Penulis Buku” 149&kat_id2=250 b)“Achdiat: Khayal dan Ide” IVTugas 4.1. Menyunting Menyunting Menyunting-03

4 4 IIMENYUNTING NASKAH Pengantar Untuk mendapatkan tulisan yang berkualitas, enak dibaca, mempunyai makna, sebuah naskah perlu disunting. Di sinilah peran penyunting—selain penulis– amat penting. Siapa layak menjadi penyunting? Mungkinkah kita?

5 5 IIMENYUNTING NASKAH 2.1.Penyunting yang baik : Memahami seluk-beluk bahasa (ejaan, tata kalimat, gaya bahasa, kalimat efektif, pilihan kata, dan seterusnya) Mengerti sastra Mengerti siapa pembaca naskah yag disunting Tekun dan teliti dalam membaca Gemar membaca dan menulis

6 6 IIMENYUNTING NASKAH 2.2. Langkah-langkah Menyunting Naskah 1.Membaca Keseluruhan 2.Mengecek ejaan (tanda baca, huruf kapital, dan lain- lain) 3.Mengamati tata bahasa (bentuk kata,kalimat efektif, kalimat rancu) 4.Mengecek fakta (tanggal lahir, data penting lain) 5.Mengamati legalitas (karangan asli, plagiat, hak cipta) 6.Konsistensi dalam penulisan kata atau istilah 7.Mengenal gaya penulis 8.Memahami konvensi naskah (penulisan gelar akademis, bahasa daerah, singkatan, kepanjangan)

7 7 IIIPENYUNTINGAN NASKAH 3.1. Bacalah kedua artikel berikut ini: a)“Editor: Gerbang Pertama bagi Penulis Buku” &kat_id=105&kat_id1=149&kat_id2=250 b)“Achdiat: Khayal dan Ide” &kat_id1=&kat_id2 Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: Apa sebenarnya peran penyunting/editor dalam proses menghasilkan naskah bermutu? Mengapa peran penyunting terpisah dengan peran penulis?

8 8 IVTUGAS 4.1. Menyunting-01 Suntinglah paragraf berikut: Menurut saya, yang lebih penting ialah pesan sampai ke pembaca. Sayang sekali apabila penulisan sudah sesuai dengan kaidah yang ada tetapi pembaca tidak mengerti akan pesan yang disampaikan. Namun, lebih baik lagi jika penulisan sesuai dengan kaidah yang berlaku dan pembaca mengerti akan pesan/maksud yang disampaikan

9 9 IVTUGAS 4.2. Menyunting-02 Suntinglah paragraf berikut: Entah disengaja atau tidak, kini jumlah penumpang kereta bisnis sama banyaknya dengan penumpang kereta ekonomi. Bahkan terdapat penumpang kereta bisnis yang sudah membeli tiket tetapi tetap saja berdiri. Apakah PT.KAI hanya mencari keuntungan saja? Belum lagi mengenai penarikan tiket yang kasar.

10 10 IVTUGAS 4.3. Menyunting-02 Suntinglah paragraf berikut Menurut Kaidah kalimat baku, kallimat ‘Agar tidak parker di depan pagar’ adalah salah. Karena susunan kata-katanya tidak sesuai. Maka seharusnya kalimat tersebut diganti ‘Mohon / Harap tidak parkit di depan pagar’. Karena kata ‘agar’ lebih menekankan ‘sebab’ bukan sebagai kata ‘larangan / ajakan’ seperti yang di tujukan melalui kalimat tersebut.

11 11 Penutup Justru karena itu, saya kian menyadari betapa pentingnya menyunting naskah, tak terkecuali karya pengarang kawakan …. (Hawe Setiawan, dalam Republika)


Download ppt "1 Pertemuan IX MENYUNTING NASKAH Matakuliah: G0012/BAHASA INDONESIA Tahun: 2004 Versi: 01/01."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google