Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDEKATAN SETS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA By: D.r. Sudarmin, M.Si

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDEKATAN SETS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA By: D.r. Sudarmin, M.Si"— Transcript presentasi:

1

2 PENDEKATAN SETS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA By: D.r. Sudarmin, M.Si

3 Tujuan Sesi ini Peserta kegiatan Workshop mampu untuk: 1.Menjelaskan pendekatan pembelajaran dengan SETS (Salingtemas) jam 2.Menyusun silabus dan RPP dengan sintaks pembelajaran berpendekatan SETS jam 3.Mempresentasikan hasil pembuatan Silabus dan RPP materi pokok Kimia yang berpendekatan SETS jam 4.Mensimulasikan pembelajaran kimia dengan pendekatan SETS jam

4 Model Pelatihan 1.Pemberian materi apa, mengapa, dan bagaimana pendekatan SETS. 2.Menganalisis silabus dan RPP Kimia SMA yang belum berpendekatan SETS; kemudian dikembangkan berpendekatan SETS. 3.Menyusun silabi dan RPP Kimia SMA berpendekatan SETS secara kelompok (4 orang/kelompok). 4.Presentasi hasil kerja kelompok dari penyusun silabi dan RPP berpendekatan SETS. 5.Simulasi pembelajaran bervisi SETS

5 Analisis Video Apakah yang dapat anda analisis dari tayangan video untuk prodesi guruvideo tersebut

6 Apakah SETS? Beberapa istilah terkait SETS yaitu: -SETS (Science, Enviroment, Technology and Society) -STS ( Science, Technology, Society) -STL (Scientific and Technological Literacy) -EE (Enviromental Education) Apa yang anda ketahui tentang karakteristik dari akronim-akronim diatas?

7 Akronim SETS SETS (Science, Environment, Technology dan Society) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Sains, Lingkungan, Teknologi dan Masyarakat (Salingtemas). Akronim SETS sudah ‘’go public’’ di sekitar negara ASEAN melalui program kerjasama SEAMEO-RESCAM (Binadja, 2009)

8 Mengapa SETS? VideoVideo ini sebagai inisiasi perlunya PENDEKATAN SETS

9 Melalui SETS diharapkan peserta didik memiliki kemampuan memandang sesuatu secara terintegratif dengan memperhatikan keempat unsur SETS, sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang pengetahuan yang dimiliki. Melalui pendidikan SETS diharapkan peserta didik dapat mengetahui tiap-tiap unsur SETS dan juga implikasi antarhubungan elemen-elemen/ unsur-unsur SETS. SETS memberikan kepada peserta didik pengetahuan yang sesuai dengan tingkatan pendidikan dan target pendidikannya. Keterkaitan erat antar topik bahasan SETS dengan kehidupan sehari-hari dan berkaiatan dengan kehidupan peserta didik harus lebih diutamakan agar dapat memberikan pemecahan masalah mereka.

10 Gagasan Besar Prof. Achmad Binadja

11 KETERKAITAN UNSUR SETS SETS membawa pesan bahwa menggunakan sains (S-pertama) kedalam bentuk teknologi (T) dalam memenuhi kebutuhan masyarakat (S-kedua) diperlukan pemikiran tentang berbagai implikasinya pada lingkungan (E) secara fisik maupun mental.

12

13

14

15

16

17

18 Contoh PERANGAKATPERANGAKAT BERVISI SETS, dan Alat Evaluasi

19 Mohon Peserta Merancang Silabus dan RPP berpendekatan SETSRPP

20 Bagaimanakah keterkaitan SETS dan sejarah Kehidupan Manusia?

21 Tujuan Pembelajaran SETS Pendidikan SETS ditujukan untuk membantu peserta didik mengetahui sains, perkembangannya dan bagaimana perkembangan sains dapat memepengaruhi lingkungan, teknologi dan masyarakat secara timbal balik. Fokus pengajaran SETS adalah bagaimana cara membuat peserta didik agar dapat melakukan penyelidikan untuk mendapatkan pengetahuan yang berkaitan dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat yang saling berkaitan. Tujuan utama pendidikan SETS ialah bagaimana membuat agar SETS dapat menolong manusia membuat surga dunia, bukan menciptakan nerakan dalam menghadapai segala aspek-aspek kehidupan.

22 Cakupan Pendidikan SETS untuk Bidang SAINS Menghubungkan konsep sains yang dipelajari dengan unsur lain dalam SETS Penekanan hendaknya diberikan pada nilai positif pendidikan SETS Penerapan konsep sains pada bidang teknologi dengan mengikuti urutan SETS Materi pengajaran yang relevan untuk STS serta pendidikan lingkungan dapat diadopsi, tetapi dengan penyesuain, sehingga memenuhi harapan pendidikan SETS.

23 TERIMA KASIH


Download ppt "PENDEKATAN SETS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA By: D.r. Sudarmin, M.Si"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google