Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUHAMMAD FIKRI HAIKAL 20110410148. Inovasi adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUHAMMAD FIKRI HAIKAL 20110410148. Inovasi adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti."— Transcript presentasi:

1 MUHAMMAD FIKRI HAIKAL

2 Inovasi adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti (signifikan), yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau kadang-kadang oleh para individu.

3  Everett M. Rogers: Mendefisisikan bahwa inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.  Stephen Robbins: Mendefinisikan, inovasi sebagai suatu gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk atau proses dan jasa.  Van de Ven, Andrew H: Inovasi adalah pengembangan dan implementasi gagasan- gagasan baru oleh orang dimana dalam jangka waktu tertentu melakukan transaksi-transaksi dengan orang lain dalam suatu tatanan organisasi.

4  Inovasi sebagai bentuk penyempurnaan produk atau layanan jasa  Inovasi untuk meningkatkan angka penjualan  Inovasi merupakan bukti kualitas dari perusahaan  Inovasi sebagai upaya melawan produk atau jasa kompetitor

5 Sampai saat ini produk makanan / minuman dipasaran jumlahnya sangat banyak, demikian pula variasinya. Setiap saat selalu muncul produk – produk baru yang menarik minat konsumen. Beberapa jenis bisa langsung terkenal dan pasarnya luas, beberapa jenis gagal dipasaran dan tak lama kemudian hilang dari peredaran.Kondisi ini memaksa pelaku pasar ( produsen makanan / minuman ) untuk terus berinovasi menciptakan sesuatu yang baru yang mampu menarik minat konsumen.

6 KONSEP INOVASI : BARU – SELALU BARU - BEDA DENGAN YANG PERNAH ADA. Apa yang harus baru ? 1. Bahan baku. Produk dengan nama jenis yang umum sudah sangat banyak yang dikenal masyarakat. Bahan baku yang berbeda akan memberikan nilai lebih dan daya tarik yang bagus bagi konsumen. Ide yang kita dapatkan sebelum digarap, harus dipertimbangkan dari segi budaya, agama, etika, rasa, harga dan rupa. Ke-unik-an produk tidak akan dihargai masyarakat kalau bertentangan dengan banyak segi. 2. Proses produksi Proses produksi juga banyak memberikan peluang untuk inovasi. Kita pernah dengar istilah es goreng, roti kukus, roti goreng, nasi bakar, nasi goreng dan sebagainya.

7 3. Bentuk / rupa Inovasi bentuk banyak dilakukan. Dari jenis makanan yang sudah ada, kita tinggal merubah bentuk / modelnya plus sedikit perubahan lainnya. Kita pernah dengar ada dadar gulung, bakso kotak, pisang goreng keriting, roti mini dan sebagainya. 4. Kemasan Perubahan kemasan sering dilakukan oleh produsen makanan untuk anak-anak. Dalam jangka waktu tertentu ketika penjualan mulai menurun, produsen segera merubah kemasan dengan warna dan ukuran yang berbeda bahkan sering dengan nama yang berbeda pula. Jadi jangan kaget ketika kita membeli beberapa merek sekaligus ternyata isinya sama. 5. Nama Sering kita mendengar nama nama makanan yang agak aneh, tetapi dengan nama yang aneh itu kita malah jadi makin penasaran. Masyarakat juga demikian. Mereka kadang membeli bukan karena makanannya tetapi lebih karena namanya yang unik.

8 REFERENSI 2012/03/strategi- melakukan-inovasi/http://rajapresentasi.com/ 2012/03/strategi- melakukan-inovasi/ pot.com/2012/04/pengerti andefinisiarti-inovasi- menurut.htmlhttp://infodantutorial.blogs pot.com/2012/04/pengerti andefinisiarti-inovasi- menurut.html ariskemie.blogspot.com/20 09/11/inovasi-produk.html

9 MENGAPLIKASIKAN KONSEP INOVASI PADA PRODUK CUP CORN Inovasi tidaklah melulu menghasilkan sesuatu yang baru dari nol, tapi memperbaiki kualitas, nama dan sebagainya juga merupakan inovasi. Hal ini jugalah yang akan saya terapkan pada produk saya, yaitu cup corn.

10 Langkah-langkah Saya akan memberikan nama produk saya “ butiran jagung ”. Lebih bersih dalam menyajikan bahan baku. Menambahkan banyak variasi, khususnya yang menarik di mata anak - anak. Mengganti kemasan menjadi lebih unik, seperti wadah yang berbentuk binatang, ditempeli gambar, dan lain - lain. Menambahkan cairan yang berwarna mencolok

11 Selain pada internal produk, hal pelayanan dan pemasaran juga hal penting dalam berinovasi. Dengan menanamkan motto “100% smile ”, kostum unik, dan memasarkan produk dengan lebih aktif, diharapkan konsumen dapat “ terhipnotis ” untuk membeli produk saya ini.

12 KATEGORISEBELUMINOVASI Nama produkCupcornButiran jagung KemasanCup beningBentuk binatang, ditempelin gambar, dll. Variasi rasaNutrijel satu rasaNutrijel banyak rasa, oreo, dll TampilanTidak adaTepiannya diolesin cairan warna PelayananKurang senyum100% smile KostumBaju bolaBaju berbentuk jagung

13 terima kasih


Download ppt "MUHAMMAD FIKRI HAIKAL 20110410148. Inovasi adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk materi ataupun intangible) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google