Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM : 20090720217.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM : 20090720217."— Transcript presentasi:

1

2 CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :

3 Tujuan Untuk memberi energi kelompok dan memperbaiki konsentrasi Nurmiyati. NPM :

4 Penggunaanya Ketika kelompok mulai sebuah proses yang memerlukan interaksi intens Nurmiyati. NPM :

5 Langkahkah-langkah 1. Dalam persiapan, facilitaror harus menulis serangkaian tindakan pada potongan kertas Nurmiyati. NPM :

6 2. Mintalah kelompok untuk berdiri membentuk lingkaran. Bagikan kertas kepada para peserta. Nurmiyati. NPM :

7 3. Fasilitator kemudian menjelaskan bahwa pada sinyal yang diberikan, setiap peserta harus bertindak aksinya ditulis di atas kertas mereka dan bahwa pada sinyal lain mereka semua harus berhenti 4. Ulangi latihan ini beberapa kali Nurmiyati. NPM :

8 CATATAN contoh tindakan lucu mungkin: hop seperti parau, kelinci seperti kodok, bernyanyi "selamat ulang tahun" Nurmiyati. NPM :

9 VARIASI Siapkan serangkaian tindakan yang sesuai dengan satu sama lain dan menuliskannya pada potongan kertas terpisah. Katakan pada peserta bahwa ketika melakukan tindakan tertentu, mereka harus mencari peserta dengan tindakan komplementer atau pencocokan. Sebagai contoh: "moo seperti sapi" sesuai dengan "memerah acow". Nurmiyati. NPM :

10 KABUJIE Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 5 sampai 10 menit Bahan: tidak ada NURMIYATI. NPM:

11 TUJUAN Untuk membuat santai peserta dan memecahkan hambatan. Untuk bersenang-senang NURMIYATI. NPM:

12 PENGGUNAANYA Sebagai latihanpertama di sesi pagi hari atau pada saat kelompok memerlukan perubahan kecepatan. NURMIYATI. NPM:

13 LANGKAH-LANGKAH 1.Mintalah kelompok untuk berdiri membentuk lingkaran dengan diri Anda di tengah. Jelaskan perubahan permainan dengan cepat dan memainkannya di bagian sebelum mencoba keseluruhan permainan. NURMIYATI. NPM:

14 2.Mulailah dengan mengucapkan kata, "kabujie", dan minta para peserta untuk menyanyikan kembali, "Eeh", dalam irama. NURMIYATI. NPM:

15 3.Mintalah peserta untuk meletakkan telapak tangan kanan mereka pada lutut kanan mereka dan membungkuk sedikit ke posisi depan, semua menghadap ke arah yang sama. Letakkan tangan kanan ada lutut……..! NURMIYATI. NPM:

16 4. Mintalah kelompok untuk menggabungkan nyanyian dan gerakan (misalnya anda menyanyikan "kabuje", dan peserta merespons, "eeh") selama lingkaran bergerak di sekitar dengan peserta berdebar kaki mereka serempak. NURMIYATI. NPM:

17 5. Ketika anda berkata “balik”, peserta berputar pada nyanyian “eeeeeeeh, eh!” sampai anda berkata “kabujie”, dan mereka mulai begerak lagi pada lingkaran NURMIYATI. NPM:

18 6. Minta kelompok untuk mengubah, telapak kiri mereka diletakkan di lutut kiri mereka dan melanjutkan nyanyian sementara pergerakan pada petunjuk lain. Jika anda memenggil “kabujie” dengan keras, kelompok harus mengeraskan respon mereka secara adil; jika anda berbisik, maka peserta harus memberikan respon yang sama (berbisik juga) Kabujie……. NURMIYATI. NPM:

19 catatan mendorong para peserta untuk onjoy gerakan tubuh. Berhati-hatilah untuk tidak membiarkan permainan berjalan terlalu lama, karena akan kehilangan pukulan'' nya'' NURMIYATI. NPM:

20 MASILO Grup size: 10 sampai 30 Waktu: 5 sampai 10 menit NURMIYATI. NPM:

21 Bahan: penanda atau benda kecil untuk setiap peserta Membawa pananda yang akan dibagikan ke peserta NURMIYATI. NPM:

22 Tujuan : Untuk meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi. NURMIYATI. NPM:

23 Digunakan : Setiap kali ada kebutuhan untuk membawa kelompok bersama-sama. NURMIYATI. NPM:

24 LANGKAH-LANGKAH 1.Berikan setiap peserta sebuah objek untuk memegang di tangan kanan mereka (misalnya, penanda dapat digunakan). Akan memberikan penanda kepeserta NURMIYATI. NPM:

25 2. Minta peserta untuk membentuk lingkaran dan untuk berlutut dan menempatkan tangan kiri di lantai. 3. Mulailah dengan lagu, "masilo wee, heela masilo wee; heela masilo wee, heela masilo." (Artinya masilo sayang, halo masilo sayang Halo masilo Sayang, halo masilo.). Bernyanyi lagu “MASILO” Kemudian peserta berlutut dan tangan kiri dilantai NURMIYATI. NPM:

26 4. Ketika mereka menyanyi, setiap peserta melewati objek nya ke orang di sebelah kanan yang kemudian dibagikan kepada orang berikutnya. Sementara lagu diulang berlalunya objek terus. 5. Pergerakan objek dikoordinasikan dengan irama lagu Mereka bernyanyi sambil memberikan penanda ke peserta berikutnya NURMIYATI. NPM:

27 6. Mengubah arah gerakan dari objek ke kiri dan semua orang berikut. Mengubah arah gerakan dari objek ke kiri NURMIYATI. NPM:

28 7. Setelah objek telah diedarkan, Anda dapat memilih pemimpin baru. Pemim pin baru NURMIYATI. NPM:

29 NDINDO ukuran kelompok: 20 sampai 30 Waktu: 5 sampai 10 menit Bahan: tidak ada NURMIYATI. NPM:

30 TUJUAN Untuk meningkatkan konsentrasi kelompok NURMIYATI. NPM:

31 WAKTU PENGGUNAAN Sebagai latihan pemanasan di awal hari atau setiap saat sepanjang lokakarya. NURMIYATI. NPM:

32 LANGKAH-LANGKAH 1.Mintalah kelompok untuk membentuk sebuah lingkaran 2.Mintalah kelompok untuk menyanyikan lagu berikut. "Ndindo ndindo, AEE ndindo" (dua kali), "haa nakumwene KWI?" (Dimana saya melihat Anda?) NURMIYATI. NPM:

33 3. Minta peserta untuk membungkuk ke depan di pinggang saat mereka bernyanyi, dan menepuk lutut mereka. Bungkukkan badan anda kedepan…! Mereka bernyanyi… NURMIYATI. NPM:

34 4. Ketika kelompok bernyanyi, 'haa nakumwene KWI ", pemimpin berubah untuk melihat orang kedua dari dia. Orang itu juga melihat pemimpin. Mereka melihat ke atas orang yang berdiri di antara mereka, yang membungkuk ke depan dan menepuk lutut untuk membuat irama NURMIYATI. NPM:

35 5. Setelah pasangan ini melihat perubahan pergantian yang berdiri di antara mereka dan orang yang berdiri di dua tempat jauh untuk melihat satu sama lain. Sisa dari kelompok itu terus bertepuk lutut dan menyanyi. Mereka beryanyi sambil bertepuk lutut NURMIYATI. NPM:

36 6. Permainan terus mengelilingi lingkaran sampai satu pasangan gagal. Mereka berdiri di luar lingkaran dan permainan terus berlanjut. NURMIYATI. NPM:

37 OMO Grup size: 10 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: tidak ada NURMIYATI. NPM:

38 TUJUAN Untuk meningkatkan konsentrasi dan koordinasi. NURMIYATI. NPM:

39 WAKTU PENGGUNAAN Sebagai latihan pertama di sesi pagi hari atau kapan saja saat kelompok memerlukan perubahan kecepatan NURMIYATI. NPM:

40 LANGKAH-LANGKAH 1. Minta peserta untuk berdiri membentuk lingkaran. Silahkan berdiri dan membentuk lingkaran NURMIYATI. NPM:

41 2. Jelaskan sebelum memulai permainan bahwa "OMO" adalah nama dari serbuk sabun yang populer di Afrika. Omo adalah serbuk sabun yang populer di Afrika……. NURMIYATI. NPM:

42 3. Katakan kepada orang yang tepat menurut Anda untuk "pergi dan membeli OMO." Orang berubah dan bertanya, "apa?" dan anda mengulang “OMO”. Orang yang tepat tersebut kemudian berubah ke peserta dan mengulang proses ini.ketika mereka membalik dan berkata “apa?” pada pertengahan peserta membalik kepada pemimpin dan berkata, "apa?" Dan mereka menjawab lagi, "OMO." Pergilah untuk membeli OMO…! Apa…. ? NURMIYATI. NPM:

43 4. Ulangi proses ini sampai kata-kata telah diedarkan pada lingkaran tersebut. Orang yang memecah siklus tersebut tereliminasi dari permainan. Apa …? ROTI Orang yg bilang roti tereliminasi NURMIYATI. NPM:

44 CATATAN Permainan dapat dihiasi dengan tepuk tangan berirama agar lebih berirama, menghibur dan stimulasi fisik. Pastikan bahwa petunjuk jelas sebelum memulai. permainan ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan! NURMIYATI. NPM:

45 ORANG-ORANG, POLISI, PENCURI Group size: orang Waktu : 5 menit Bahan : tidak ada NURMIYATI. NPM:

46 Tujuan : untuk mendorong energy dalam komunikasi kelompok NURMIYATI. NPM:

47 Penggunaannya : ketika kelompok membutuhkan istirahat energy atau sebelum memulai topik baru NURMIYATI. NPM:

48 LANGKAH-LANGKAH 1. MEMBAGI KELOMPOK MENJADI TIGA BAGIAN Kelommp ok : 1 Kelompok : 3 Kelompok : 2 NURMIYATI. NPM:

49 2. Informasikan satu bagian bahwa mereka adalah orang-orang, bagian kedua akan menjadi polisi, dan bagian ketiga adalah pencuri. Kamu sebagai polisi Kamu sebagai pencuri Kamu sebagai orang NURMIYATI. NPM:

50 3. Ceritakan kisah tentang kelompok tiga orang. Setiap kali Anda menyebut nama kelompok, kelompok ini harus berdiri dan duduk dengan cepat. Bercerita tentang polisi,pencuri,oran g-orang NURMIYATI. NPM:

51 Dalam cerita, buat hubungan sehingga orang-orang harus berpikir dan berdiri dan duduk dengan cepat. Anda dapat menipu peserta dengan cara menampilkan dirinya baru saja akan menyebutkan kelompok tertentu, tetapi berhenti sebelum dan merubah isi cerita Anda. NURMIYATI. NPM:

52 Nurmiyati. NPM :

53


Download ppt "CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM : 20090720217."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google