Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FAKTOR-FAKTOR INVASI AMERIKA DI IRAQ M. Zia Anggi Sukmana 20080510118 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FAKTOR-FAKTOR INVASI AMERIKA DI IRAQ M. Zia Anggi Sukmana 20080510118 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 FAKTOR-FAKTOR INVASI AMERIKA DI IRAQ M. Zia Anggi Sukmana Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 DASAR PIJAKAN POLITIK LUAR NEGERI AS  Menjamin kemerdekaan dengan perbatasan yang aman.  Memperluas perbatasan tersebut untuk kepentingan keamanan  Untuk meningkatkan dan melindungi hak-hak rakyat dalam bidang perdagangan dan penanaman modal.  Untuk memelihara netralitas dan perdamaian

3 PENENTU KEBIJAKAN LUAR NEGERI AS  Presiden  National Security Council  Departmen Luar Negeri  Central Intelligence Agency  Department Pertahanan  Kongres  Kelompok Kepentingan

4 AKTOR POLITIK LUAR NEGERI AS  Presiden adalah salah satu aktor utama dalam politik luar negeri AS  CIA adalah mengumpulkan data dan menganalisa serta menyampaikan analisa tersebut kepada presiden dan national security council  Kongres : setiap presiden memerlukan dukungan kongres dalam menjalankan politik luar negeri khususnya dalam bidang perang.

5 FAKTOR-FAKTOR INTERVENSI AMERKA DI IRAQ  Ingin menggulingkan rezim sadam husein dan mempromosikan demokrasi  Menjadikan Iraq sebagai boneka AS  Menjadi hegemoni dunia dengan menguasai ladang minyak Iraq

6 KEPENTINGAN AS DI IRAQ  Tidak asing lagi bahwa timur tengah adalah wilayah yang sangat kaya dengan minyak. Sementara perekonomian dunia masih bergantung pada sumber energi ini. Secara politik, sebagian besar negara minyak timur tengah selain Irak sudah tunduk terhadap jalur politik Amerika. Jika Amerika dapat menguasai tambang minyak di kawasan timur tengah, maka perkembangan ekonomi dunia akan dengan mudah dapat dikendalikan.

7  Apalagi Amerika sudah dapat menguasai sumber minyak di laut Kasphia, yaitu sejak keruntuhan pemerintah Thaliban. Kehendak Amerika untuk menguasai ladang minyak dibenarkan oleh Organisasi Amnesty Internasional. Menurut Irene Khan, tokoh Amnesty Internasional, AS dan Inggris lebih cenderung memperhatikan upaya mengamankan kilang minyak, ketimbang memperhatikan keamanan warga sipil Irak dan memberi bantuan umum yang mendesak bagi mereka.

8 MOTIF EKONOMI DAN BISNIS DARI SERANGAN AS KE IRAQ  Kekayaaan minyak bumi yang dimiliki oleh Irak merupakan cadangan minyak kedua terbesar setelah Arab Saudi.  Ingin menciptakan tatanan dunia baru yang “lebih aman” dengan tujuan kebebasan ekonomi dan politik.  Proyek rekonstruksi pascaperang yang menguntungkan AS.


Download ppt "FAKTOR-FAKTOR INVASI AMERIKA DI IRAQ M. Zia Anggi Sukmana 20080510118 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google